Kesehatan Gigi dan Mulut Erat Kaitannya dengan Risiko Penularan COVID-19

Article | 2020-05-24 05:53:15

Home » Articles » Kesehatan Gigi dan Mulut Erat Kaitannya dengan Risiko Penularan COVID-19

Kesehatan Gigi dan Mulut Erat Kaitannya dengan Risiko Penularan COVID-19

Di tengah pandemi yang sedang melanda berjuta-juta jiwa di dunia saat ini, usaha menjaga kesehatanmu dan keluargamu adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari lagi. Inilah saat yang tepat mendengarkan dan menjalankan apa yang telah diarahkan oeh para ahli dan mengambil sikap proaktif sebagai usaha perlindungan diri terhadap COVID-19.

Bagian yang sangat penting dalam perlindungan diri adalah melaksanakan seluruh usaha yang mampu meningkatkan sistem imunmu. Satu hal yang paling mudah adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Melakukan pemeriksaan dan pembersihan rutin ke dokter gigi dengan diimbangi oleh asupan nutrisi yang baik dan pilihan gaya hidup yang sehat, mampu membantumu dalam mendapatkan sistem imun yang kuat. Kondisi ini tidak hanya melindungimu terhadap penyebaran COVID-19, tetapi bahkan banyak penyakit lainnya.

Penyebaran COVID-19 membuat perubahan besar di seluruh aspek kehidupan. Misalnya, berkunjung ke dokter gigi tidak semudah sebelumnya. Ironisnya, pemeriksaan rutin ke dokter gigi ini tetap dianggap sangat penting. Maka memiliki kesehatan gigi dan mulut, pada masa pandemi sekarang ini, adalah suatu yang sangat dibutuhkan. Kesehatan gigi dan mulut yang buruk melemahkan sistem imun. Sekaranglah sistem imun yang kuat itu benar-benar sedang dibutuhkan.

Kabar baiknya adalah, ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk bisa secara drastis meningkatkan kesehatan gigi dan mulut dan menaikkan sistem imun.

Segala sesuatu di tubuh kita terhubung dengan cara tertentu. Mulut dan gigi kamu terhubung dengan kesehatan tubuh secara umum. Ini berarti bahwa apa pun yang terjadi di mulut kamu akan berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Kesehatan mulut yang buruk dapat menyebabkan tidak hanya gigi berlubang tetapi juga penyakit gusi, yang dikenal sebagai gingivitis, yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan.

Setiap peradangan di tubuh kamu melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda saat ia mencoba untuk menyembuhkannya. Faktanya, peradangan adalah mekanisme kunci di mana banyak penyakit menyebar ke seluruh tubuh. Maka tujuannya adalah, kamu harus bisa menjaga semua jenis peradangan di tubuhmu, termasuk peradangan di rongga mulut benar-benar dalam keadaan minimal.

Dokter gigi dapat mendapatkan petunjuk tentang kesehatan umum tubuhmu dari kondisi kesehatan gigi dan mulutmu. Kesehatan mulutmudapat memberi tahu dokter gigi Anda banyak tentang total kesehatan tubuhmu.

Penyakit gusi telah dikaitkan dengan berbagai penyakit termasuk diabetes, osteoporosis, rheumatoid arthritis, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan. COVID-19 berdampak parah pada paru-paru seseorang.

Kesehatan mulut yang buruk juga meningkatkan risiko bakteri berbahaya masuk ke tubuhmu melalui aliran darah. Setelah berada dalam aliran darahmu, bakteri berbahaya ini meningkatkan risiko infeksi bakteri, yang pada gilirannya, dapat berdampak negatif bagi kesehatan jantungmu.

Mulutmu penuh dengan bakteri. Sebagian besar bakteri ini tidak berbahaya. Namun, mulutmu juga merupakan cara bagi bakteri penyebab penyakit baik penyakit di sitem pencernaan dan sistem pernapasan. Dengan wabah coronavirus saat ini, kamu pasti ingin memastikan sistem pernapasanmu dalam kondisi prima. Secara mengejutkan, Journal of Periodontology dengan sangat jelas menyatakan bahwa penyakit gusi adalah masalah serius yang berdampak negatif bagi kesehatanmu termasuk kesehatan paru-parumu. Penyakit gusi dapat menyebabkan infeksi di paru-paru, termasuk pneumonia. Jika gigi dan paru-parumu terinfeksi dan kamu terus-menerus menghirup bakteri, lama kelamaan hal itu dapat mulai merusak paru-paru. Jika kamu ingin melindungi paru-paru dan mengurangi risiko tertular COVID-19, maka kamu wajib mengambil langkah-langkah untuk melindungi kesehatan mulutmu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC)  Amerika Serikat telah menyatakan bahwa orang dengan diabetes, penyakit jantung, atau penyakit paru-paru kronis lebih rentan terkena komplikasi dari COVID-19.

Semua fakta ini menunjuk ke arah yang sama. Sekarang adalah waktu yang penting secara historis untuk merawat kesehatan mulut Anda secara optimal. Dalam sejarah modern, belum ada pandemi ruang lingkup, skala, dan dampak potensial yang diakibatkan oleh COVID-19. Untuk alasan ini, menjaga kesehatan mulut Anda dalam kondisi prima sehingga Anda dapat menjaga sistem kekebalan Anda sekuat mungkin menjadi sangat penting.

Selanjutnya, mari memfokuskan perhatian kita pada langkah-langkah yang dapat kamu ambil sekarang dan melakukannya di rumah untuk melindungi kesehatan mulut dan kesehatanmu  secara keseluruhan hingga kamu dapat mengunjungi menjadi dokter gigi. Ada banyak cara mudah dan murah untuk melindungi kesehatan mulut Anda, meningkatkan sistem kekebalan Anda, dan meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap COVID-19.

Dua cara termudah dan terpenting untuk mengendalikan bakteri mulut setiap hari adalah menyikat dan flossing dengan baik. Menyikat dan flossing berfungsi untuk menjaga agar bakteri tetap terkendali. Ingatlah bahwa kadar bakteri yang tinggi dapat menyebabkan penyakit gusi, kerusakan gigi, dan bahkan kehilangan gigi. Kerusakan gigi dan gigi yang hilang secara dramatis akan meningkatkan jumlah bakteri berbahaya di mulutmu, yang dapat menyebabkan kesehatan mulut yang semakin buruk.

Menyikat dua kali sehari dan flossing setiap hari berfungsi sebagai dasar aktifitas rutin di rumah. Tetapi ada beberapa langkah mudah lain yang dapat kamu ambil juga.

Penting juga bahwa kamu tidak asal ambil sikat gigi. Sikat gigimu adalah alat nomor satu dalam melindungi kesehatan mulut. Jika memungkinkan, pilih sikat gigi berkualitas tinggi, dan ingat untuk mengganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan. Mungkin secara visual sikat gigimu tampak masih bagus dan beranggapan tidak perlu diganti. Hanya karena sikat gigimu masih terlihat bagus secara struktural bukan berarti kerjanya masih optimal. Mengganti sikat gigimu setiap tiga bulan membantu memastikan bahwa sikat gigi tersebut mampu melakukan pembersihan dan penghilangan plak yang dibutuhkan gigi dan gusimu.

Obat kumur juga bisa menjadi langkah baik dalam melindungi kesehatan mulutmu. Menyikat dan flossing, ditambah obat kumur, dapat membuat perlindungan kesehatan secara maksimal meski hanya dilakukan sendiri di rumah. Kebiasaan menyikat gigi dan flossing yang baik dapat membantu menjaga gusi, gigi, dan mulut Anda dalam kondisi yang baik sampai penutupan sementara pelayanan klinik gigi di masa pandemi COVID-19 berakhir. Pada saat itu, kamu dapat mengunjungi dokter gigi lagi untuk pemeriksaan dan pembersihan rutin. Pastikan untuk memesan janji dengan dokter gigimu sesegera mungkin untuk mengganti waktu yang hilang.


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, bali Indonesia 80361.


Sumber: https://www.conroyortho.com