7 Makanan Non-Susu, Kaya Kalsium untuk Gigi Anda

Article | 2020-06-09 01:56:33

Home » Articles » 7 Makanan Non-Susu, Kaya Kalsium untuk Gigi Anda

7 Makanan Non-Susu, Kaya Kalsium untuk Gigi Anda


Merawat gigi bukan hanya sekadar menyikat dan membersihkan gigi setiap hari tapi termasuk memperhatikan makanan yang Anda makan.

Salah satu nutrisi terpenting untuk gigi sehat adalah kalsium. Kalsium memperkuat email yang merupakan lapisan luar gigi paling keras yang merupakan lapisan pertahanan gigi Anda terhadap erosi dan gigi berlubang. Untuk melindungi gigi Anda maka jumlah kalsium harian yang direkomendasikan adalah 1.000-2.000 mg. Banyak orang yang mengkonsumsi produk susu seperti susu, keju, dan yogurt sebagai asupan utama kalsium mereka.

Jika Anda menderita intoleransi laktosa atau perlu membatasi produk susu, ada sejumlah makanan yang masih bisa memberi Anda kalsium yang Anda butuhkan. Kalsium terkandung secara alami dalam beberapa makanan, sementara makanan yang lain seperti jus, tahu dan bahkan wafel, sekarang sudah diperkaya dengan kalsium tambahan.

Berikut adalah beberapa opsi non-susu untuk membantu menjaga tubuh dan senyum Anda tetap kuat.

  1. Jus jeruk dengan tambahan kalsium

Jeruk secara alami memiliki sedikit kalsium, tetapi banyak varietas jus jeruk (sudah menjadi sumber utama vitamin C) sekarang diperkaya dengan kalsium. Misalnya, jus jeruk beku dari konsentrat dengan kalsium tambahan mengandung 1514 mg kalsium per cangkir. Itu sudah memenuhi rekomendasi harian Anda hanya dengan satu gelas saja! Jus, bagaimanapun, bisa tinggi gula, jadi minumlah dalam jumlah sedang. Jika anak Anda minum jus, pastikan untuk memenuhi batas yang disarankan dan sesuai usianya.


  1. Tahu dengan Kalsium Tambahan

Ketika diperkaya dengan kalsium, tahu adalah pilihan terbaik untuk gigi Anda. Tahu mentah dengan kalsium tambahan bisa mengandung 861 mg kalsium per setengah cangkirnya. Tahu tanpa tambahan kalsium sekitar 100-200 mg per sajian. Tahu secara alami bebas gluten dan tidak mengandung kolesterol. Tahu juga merupakan sumber protein yang sangat baik, jadi tambahkan ke dalam adonan, tumis, salad, dan masakan apapun.


  1. Ikan kaleng

Ikan sarden kalengan (569 mg per cangkir) dan salmon (241 mg per cangkir) dapat memberikan manfaat bagi tubuh  jika Anda memakan tulangnya. Tulang adalah tempat sebagian besar kalsium berada. Karena tulangnya lunak, Anda bisa menumbuk hingga lembut dan menghidangkannya tanpa mengganggu kenikmatan hidangan.


  1. Kacang polong

Kacang-kacangan memberi Anda protein, serat dan banyak vitamin dan mineral, selain menjadi sumber kalsium. Hanya dalam satu cangkir, kedelai mengandung 515 mg kalsium, kacang putih mengandung 485 mg dan kacang merah mengandung 359 mg. 


  1. Kacang almond

Dengan kandungan 246 mg kalsium per cangkir, almond adalah camilan hebat yang mengandung lemak sehat, serat, magnesium, dan vitamin E. Ambil segenggam sebagai camilan sore hari alih-alih memakan camilan  manis, dan Anda akan merasa kenyang sampai makan malam.


  1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kale (179 mg per cangkir), sayuran collard beku (357 mg per cangkir) dan bayam matang (257 mg per cangkir) memberi Anda banyak kalsium. Mereka juga sumber energi, rendah kalori dan tinggi serat.


  1. Susu kedelai

Jika Anda tidak bisa minum susu biasa, susu kedelai yang diperkaya bisa menjadi pengganti kalsium yang baik. Rata-rata, susu kedelai yang disempurnakan dengan kalsium mengandung 340 mg per cangkir (dibandingkan dengan sekitar 61 mg per cangkir jika tidak difortifikasi). Ada banyak rasa yang tersedia, jadi periksa label ketika Anda berbelanja untuk memastikan Anda mendapatkan kalsium yang Anda butuhkan (dan hati-hati dengan gula tambahan). Minumlah sendirian, gunakan dalam sereal atau tambahkan ke kopi pagi Anda.

Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

+6282139396161

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, bali Indonesia 80361.


Sumber:

https://www.mouthhealthy.org/en/nutrition/food-tips/8-non-dairy-calcium-rich-foods-for-your-teeth