Cara Menggunakan Dental Floss

Article | 2020-07-06 01:56:14

Home » Articles » Cara Menggunakan Dental Floss

Cara Menggunakan Dental Floss


Banyak orang yang tidak tahu bahwa hampir separuh total permukaan gigi tertutup oleh gigi sebelahnya. Faktanya adalah, jika Anda hanya mengandalkan sikat gigi, sebagian besar permukaan gigi luput dari pembersihan itu. Maka, flossing adalah bagian terpenting dari rutinitas yang harus Anda lakukan dalam merawat kesehatan gigi dan mulut. Bukan hanya sekadar perawatan tambahan.

Dengan menggunakan seutas benang untuk menghilangkan plak dari sela gigi, Anda bisa mencegah penyakit gusi, kerusakan gigi dan halitosis (atau dikenal sebagai bau mulut). Hal tersebut adalah suatu manfaat besar yang didapat hanya dengan aktifitas yang memerlukan waktu beberapa menit saja.

Jadikan rutinitas Anda

Lakukan flossing dengan tidak terburu-buru. Jika Anda terlalu lelah melakukan flossing di malam hari, lakukan flossing di pagi hari atau setelah makan siang. Atau jika Anda sudah terbiasa tidur dengan keadaan mulut bersih, lakukan flossing sebelum sikat gigi sebelum tidur. Jika Anda memiliki anak, mereka harus sudah bisa melakukan flossing sedini mungkin sejak mereka memiliki dua gigi yang berdekatan. Anda harus membantu mereka sampai mereka berusia delapan tahun karena mereka belum memiliki ketangkasan untuk melakukan flossing dengan benar.

Bagaimana melakukan flossing?

Yang paling penting adalah membuat aktifitas flossing ini menjadi perawatan kesehatan gigi rutin Anda dan mengupayakan agar bisa dilakukan secara benar. Dokter gigi Anda akan memberikan instruksi mengenai teknik flossing dengan benar. Dasar-dasar tekniknya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil sekitar 45 cm benang floss dan gulung di sekitar jari tengah dan pegang erat dengan ibu jari dan jari telunjuk.


  1. Jaga agar ibu jari dan jari telunjuk tetap menutup dengan erat, kemudian arahkan benang dengan lembut di antara gigi. Hati-hati jangan sampai melukai gusi dengan gerakan Anda yang terlalu keras.

  1. Lakukan gerakan naik turun dengan lembut di satu gigi, sedikit di bawah leher gigi yang tertutup gusi dan kembali lagi ke atas untuk sisi lain.

Bagaimana jika saya memakai braket?

Jika Anda mengenakan braket atau alat orthodontik, atau bridge atau implan, maka lebih disarankan dengan sangat untuk melakukan flossing secara benar dan reguler. Anda mungkin membutuhkan benang floss yang lebih tebal atau menggunakan sikat interdental untuk mencapai area yang sulit dijangkau di sekitar braket atau bridge.


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

+6282139396161

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, bali Indonesia 80361.



Sumber:

  1. https://www.ada.org.au/getattachment/Your-Dental-Health/Resources-for-Professionals/Resources-for-Teens-12-17/Flossing,-why-it-s-essential-for-your-oral-health/ADA-FactSheet_Flossing.pdf.aspx

  2. https://westmaitlanddentistry.com/wp-content/uploads/2019/05/how-to-floss.jpg