Cara Menggunakan Sikat Interdental

Article | 2020-07-13 04:59:32

Home » Articles » Cara Menggunakan Sikat Interdental

Cara Menggunakan Sikat Interdental


Area celah antar gigi atau yang diistilahkan menjadi area “interdental”  merupakan area celah pertemuan antara dua gigi yang diisi oleh gusi . Area interdental ini merupakan area yang tertutup dan sulit diakses atau dibersihkan. Akibatnya, penyakit radang gusi dan gigi berlubang seringkali muncul berawal dari penumpukan plak di area interdental yang sulit dibersihkan ini.                

Petunjuk pemakianan

Jadikan penyikatan dengan interdental brush ini sebagai rutinitas harian. Hal ini mampu menjaga mulut Anda tetap sehat dan mencegah peradangan gusi dan gigi berlubang. Sikat interdental juga dapat digunakan untuk membersihkan implan gigi dan pada pemakai alat ortodontik.

Jadikan sikat interdental bagian dari rutinitas harian Anda

Tahukah Anda bahwa sikat gigi hanya bisa mencapai 60% dari permukaan gigi? Plak gigi terbentuk di antara gigi Anda di mana bulu sikat gigi tidak mampu mencapainya. Sebaiknya gunakan sikat interdental sebagai bagian dari rutinitas pembersihan harian Anda untuk mencegah radang gusi, gigi berlubang, dan bau mulut.

Sikat interdental adalah sikat kecil yang dirancang khusus untuk membersihkan sela-sela gigi Anda, di mana sikat gigi biasa tidak bisa dijangkau. Penggunaan sikat interdental yang dilakukan setiap hari bersama dengan menyikat gigi secara teratur, adalah cara yang mudah dan efisien untuk menjaga gusi dan gigi Anda tetap segar dan sehat.

Pilih ukuran yang tepat

Untuk hasil terbaik, sangat penting untuk memilih sikat interdental dengan ukuran yang tepat. Seringkali, Anda membutuhkan lebih dari satu ukuran sikat dan dokter gigi Anda dapat membantu memilih ukuran atau ukuran sikat yang tepat untuk Anda. Jika Anda karena alasan tertentu tidak sempat berkonsultasi ke dokter gigi, belilah sikat interdental dengan berbagai ukuran.

Gunakan sikat interdental Anda sekali sehari, terutama di malam hari dan sebaiknya dilakukan di depan cermin. Gerakkan sikat dengan lembut ke depan dan ke belakang beberapa kali di setiap celah antargigi.

Bagaimana cara menggunakan sikat interdental?

  1. Pilih ukuran yang tepat

  2. Masukkan dengan lembut

  3. Gerakkan sikat maju dan mundur di setiap ruang

  4. Ubah ukuran dan lengkungkan leher atau kawat jika dibutuhkan

  5. Ganti sikat saat bulu halusnya sudah aus

Cara menggunakan sikat interdental di antara gigi depan

Gunakan sikat interdental lurus dan masukkan di antara celah gigi depan.

Masukkan sikat dengan lembut di antara gigi Anda. Jangan paksa sikat ke celah gigi; kerjakan dengan lembut atau pilih ukuran yang lebih kecil.















Masukkan sikat interdental sejauh panjang sikatnya, lakukan gerakan bolak-balik beberapa kali.



Cara menggunakan sikat interdental di antara gigi belakang

Jika Anda menggunakan sikat interdental kecil, Anda dapat sedikit menekuk leher sikatnya.

Dengan menambahkan tekanan dengan jari Anda untuk membuatnya lebih mudah dijangkau di antara gigi belakang.

Jika Anda menggunakan sikat interdental dengan ukuran lebih besar, akses di antara gigi belakang dapat ditingkatkan jika Anda sedikit menekuk kawat.

Sikat interdental akan bertahan lebih lama jika Anda tidak meluruskan atau menekuk sikat dengan arah tekukan yang berbeda.



Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

+6282139396161

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, bali Indonesia 80361.


Sumber:

  1. https://www.tepe.com/uk/tips-and-advice/your-teeth/how-to-use-interdental-brushes/#:~:text=Use%20a%20straight%20interdental%20brush,and%20forth%20a%20few%20times.

  2. http://jih.co.id/pentingnya-membersihkan-area-celah-antar-gigi/