Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Kehamilan

Article | 2020-07-20 02:56:36

Home » Articles » Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Kehamilan

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Kehamilan


Kesehatan mulut adalah bagian penting dari kesehatan keseluruhan, demikian juga selama masa kehamilan. Perhatikan kebersihan mulut dan kebiasaan makan agar kesehatan mulut selalu terjaga. Dokter gigi juga akan membantu Anda merawat gigi dan gusi selama masa kehamilan ini.

Praktikkan Kebersihan Mulut yang Baik

Perawatan gigi dan mulut Anda sehari-hari adalah bagian terpenting dalam menjaga kesehatan gigi da mulut. Berikut adalah tips untuk membiasakan rutinitas kebersihan mulut yang baik:

  1. Sikat gigi Anda dua kali sehari dengan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Ukuran dan bentuk sikat Anda harus pas dengan mulut Anda, agar memungkinkan untuk menjangkau semua area dengan mudah.

  2. Ganti sikat gigi Anda setiap tiga atau empat bulan atau jika bulunya sudah rusak. Sikat gigi rusak tidak akan mampu membersihkan gigi Anda dengan sempurna dan justru dapat membuat iritasi gusi Anda.

  3. Bersihkan celah antar gigi Anda dengan benang atau pembersih interdental setiap hari. Hal ini membantu menghilangkan lapisan tipis bakteri (plak) yang terbentuk pada gigi dan partikel makanan dari antara gigi dan di bawah garis gusi.

  4. Makan makanan yang sehat yang terdiri dari berbagai makanan dari kelompok berikut: biji-bijian, sayuran, buah-buahan, produk susu, protein, dan lemak atau minyak. Cobalah batasi camilan Anda. Setiap kali Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, bakteri di mulut Anda melepaskan asam yang mampu merusak gigi Anda, sehingga meningkatkan risiko gigi berlubang.

Kunjungi Dokter Gigi Anda

Jika kunjungan gigi terakhir Anda terjadi lebih dari enam bulan yang lalu, atau jika Anda mengalami masalah kesehatan mulut, segera jadwalkan janji temu dengan dokter gigi Anda. Dokter gigi Anda dapat memeriksa rongga mulut untuk masalah seperti kerusakan gigi, pembengkakan atau gusi berdarah dan kerusakan di tempat lain di mulut, serta tanda-tanda infeksi atau trauma. Sebagai bagian dari pemeriksaan lengkap, dokter gigi Anda mungkin perlu mengambil radiografi (x-ray). Perawatan kesehatan mulut, termasuk penggunaan rontgen, obat penghilang rasa sakit dan anestesi lokal, aman selama kehamilan.

Meskipun radiasi dari rontgen gigi sangat rendah, dokter gigi Anda akan melindungi Anda dengan pelindung bertimbal untuk melindungi bagian perut dan tiroid Anda.

Beberapa masalah kesehatan mulut khusus juga muncul selama kehamilan yang mungkin memerlukan perawatan profesional. Misalnya, perubahan hormon dapat memengaruhi gusi Anda, menyebabkan pembengkakan atau nyeri jika ditekan. Gusi Anda juga bisa berdarah sedikit saat Anda menyikat atau menggunakan dental floss. Kondisi ini disebut gingivitis. Jaringan gusi itu sendiri juga dapat timbul satu atau lebih benjolan merah yang biasanya memiliki tekstur bergelombang. Ini disebut "tumor kehamilan" tetapi tidak berhubungan dengan kanker.

Benjolan ini biasanya hilang setelah bayi lahir. Namun, karena keberadaannya dapat mengganggu makan dan sikat gigi, dokter gigi Anda mungkin menyarankan untuk menyembuhkannya.

Untuk memberikan perawatan terbaik, dokter gigi Anda akan memerlukan beberapa informasi tentang kesehatan Anda secara keseluruhan dan kehamilan Anda. Maka jawablah beberapa pertanyaan ini:

  1. Berapa minggu kehamilan Anda? Kapan hari perkiraan lahir bayi Anda?

  2. Apa Anda menggunakan obat yang dijual bebas atau resep yang Anda gunakan?

  3. Apakah Anda memiliki gusi bengkak atau berdarah, sakit gigi, masalah makan atau mengunyah makanan, atau masalah lain di mulut Anda?

Buat komitmen terhadap kesehatan mulut yang baik selama kehamilan yaitu dengan menjalankan prosedur kebersihan mulut harian yang baik, lakukan kebiasaan makan yang sehat dan melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi Anda.

Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

+6282139396161

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, bali Indonesia 80361.



Sumber:

  1. https://www.ada.org/

  2. Oral Health Care During Pregnancy Expert Workgroup. 2012. Oral Health Care During Pregnancy: A National Consensus Statement—Summary of an Expert Workgroup Meeting. Washington: National Maternal and Child Oral Health Resource Center, Georgetown University. www.cdph.ca.gov/programs/MCAHOralHealth/ Documents/MCAH-OHP-OralHealthPregnancyConsensus2011.pdf. Accessed Oct. 1, 2013.