Hentikan kebiasaan menggesekkan gigi saat tidur dengan Dental Night Guard

Article | 2019-11-28 22:41:02

Home » Articles » Hentikan kebiasaan menggesekkan gigi saat tidur dengan Dental Night Guard

Bali Implant Aesthetic (BIA) Dental Center - The leading Dental Clinic in Bali




Tanpa disadari, beberapa orang sering menggertakkan giginya saat tidur. Kebiasaan ini secara medis dikenal sebagai bruxism. Bahkan bruxism juga bisa terjadi ketika Anda bangun. Jika dibiarkan terus menerus, kebiasaan menggiling gigi bisa serius mempengaruhi kesehatan gigi sehingga membutuhkan perawatan khusus. Tidak jarang, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan sakit kepala. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kebiasaan menggiling gigi? Baca terus untuk mengetahui.


Apa itu bruxism?




Bruxisme adalah aktivitas abnormal di rongga mulut, misalnya mengepalkan (mengepalkan gigi di rahang atas dan bawah dengan tekanan berlebihan), menggesekan gigi ke kanan dan ke kiri antara rahang atas dan bawah atau menggiling gigi yang dapat terjadi ketika seseorang sedang tidur (sleep bruxism) atau ketika seseorang dalam keadaan sadar (awake bruxism).


Dalam banyak kasus, bruxism terjadi pada malam hari saat seseorang sedang tidur. Sedangkan dalam beberapa kasus lain, bruxism juga dapat terjadi secara spontan ketika seseorang cemas atau ketika mengalami stres yang berlebihan.


Jika Anda masih mengalami bruxisme pada tahap awal dan bukan kebiasaan yang terus dilakukan, ini tidak memerlukan perawatan khusus. Tetapi, jika bruxism telah menjadi kebiasaan, itu memungkinkan dampak yang lebih besar, seperti kerusakan gigi, sakit kepala, kelainan rahang, dan masalah lainnya.


Hingga saat ini, dunia medis belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan bruxism. Namun, orang yang sering menggerakkan gigi cenderung mengalami gangguan tidur seperti mendengkur atau masalah pernapasan saat tidur (sleep apnea). Juga, beberapa faktor fisik dan psikologis dapat memicu terjadinya bruxism, termasuk kecemasan, stres, ketegangan, komposisi gigi yang tidak rata, dan gaya hidup yang tidak sehat.



Bagaimana menghilangkan kebiasaan menggiling gigi?




Dalam kebanyakan kasus, bruxism tidak memerlukan perawatan khusus. Anak-anak yang mengalami bruxism dapat pulih sendiri tanpa perawatan khusus saat mereka tumbuh. Orang dewasa yang mengalami bruxism juga tidak memerlukan terapi tertentu untuk menyembuhkannya.


Namun, jika masalahnya cukup serius, seseorang disarankan untuk menjalani serangkaian perawatan. Itu sebabnya membantu Anda melakukan pemeriksaan dengan dokter gigi terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk mengetahui berapa banyak kerusakan sendi gigi dan rahang telah terjadi. Sehingga jenis perawatannya akan disesuaikan dengan kondisi pasien dan penyebab munculnya bruxism.



BIA Dental Center Dental Night Guard sebagai solusi untuk kebiasaan menggiling gigi Anda


Dental Night Guard - adalah alat pelindung untuk gigi di rahang atas dan bawah, yang dibuat di laboratorium sesuai dengan ukuran gigi pasien.






Bali Implant Aesthetic (BIA) Dental Center




Bali Dental Implant Aesthetic (BIA) Dental Centre adalah klinik gigi terkemuka di Bali, terletak di Kuta, bagian kota yang nyaman dan mudah diakses. BIA Dental Center secara profesional dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas yang lengkap dan canggih. BIA Dental Center memiliki dekorasi yang bersih, cerah, dan lapang.


Tim dokter gigi BIA Dental Center yang sangat terampil, lulus dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan sertifikasi Implan dari Universitas Harvard, sertifikasi estetika dari New York University (NYU), dan program seminar lainnya di berbagai negara, sehingga dengan latar belakang dan profesionalisme dari kami Tim dokter gigi, BIA Dental Center akan selalu memberikan layanan terbaik dengan memberikan perawatan gigi berkualitas tinggi untuk pasien mulai dari pemeriksaan sederhana hingga prosedur spesialis yang kompleks.


Anda dapat membuat janji dengan kami untuk menjadwalkan waktu perawatan Anda melalui:


Website https://www.biadentalcenter.com

Facebook Page https://www.facebook.com/biadentalcenter

Instagram https://www.instagram.com/biadentalcenter


Dan kami juga memberikan konsultasi gratis tentang kesehatan gigi Anda!


Temukan kami melalui Google Map : Bali Implant Aesthetic (BIA) Dental Center — Jl. Sunset Road №86A, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali