Tips Menjaga KesehatanGigi dan Mulut pada Penderita Diabetes

Article | 2020-09-29 03:03:41

Home » Articles » Tips Menjaga KesehatanGigi dan Mulut pada Penderita Diabetes

Tips Menjaga KesehatanGigi dan Mulut pada Penderita Diabetes



MENGAPA TERJADI PENURUNAN STATUS KESEHATAN GIGI PADAPENDERITA DIABETES MELITUS?


Pada Diabetes Melitus dengan kondisi kebersihan mulut yang jelek dan adanya angiopati diabetik menyebabkan suplai oksigen berkurang sehingga bakteri anaerob mudah berkembang. Karies gigi terjadi oleh karena bakteri-bakteri tertentu yang mempunyai sifat membentuk asam, sehingga pH rendah dapat menyebabkan larutnya mineral email gigi secara perlahan dan membentuk perlubangan.


Pasien dengan Diabetes Mellitus lama yang tidak terkontrol akan berpengaruh pada karies gigi, karena bertambahnya karbohidrat yang dapat difermentasikan di dalam saliva penderita dan merupakan medium yang sesuai untuk pembentukan asam sehingga memudahkan terjadinya karies. Karena di mulut ada jutaan bakteri yang dibutuhkan (flora normal). Tetapi ada bakteri bakteri tertentu yang khas terdapat pada jaringan pendukung gigi atau disebut bakteri gram negatif yang anaerob (bakteri yang mampu hidup tanpa oksigen). Penderita Diabetes Melitus bila mengalami peradangan jaringan pendukung gigi akan lebih parah daripada orang yang sehat, dikarenakan, daya tahan tubuh penderita Diabetes Melitus rendah dibandingkan orang sehat.


BAGAIMANA CARA PENCEGAHAN DAN PENINGKATKAN KESEHATAN RONGGA MULUT PADA PENDERITA DIABETES MELITUS?


Berikut hal-hal yang perlu dilakukan oleh penderita Diabetes Mellitus agar dapat menjaga atau mengupayakan supaya kesehatan rongga mulut tetap terjaga dengan baik :

  1. Pertama dan yang terpenting adalah mengontrol kadar gula darah.

  2. Kemudian rawat gigi dan gusi, serta ke dokter gigi untuk pemeriksaan rutin setiap enam bulan.

  3. Untuk mengontrol sariawan dan infeksi jamur, serta hindari merokok.

  4. Kontrol gula darah yang baik juga dapat membantu mencegah atau meringankan mulut kering yang disebabkan oleh diabetes.

  5. Menggunakan dental floss paling tidak sekali sehari untuk mencegah plak muncul di gigi.

  6. Menggunakan pembersih mulut anti bakteri untuk mengurangi jumlah bakteri penyebab sakit gigi pada mulut.

  7. Menggosok gigi, terutama setelah makan. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut.

  8. Perbaiki pola hidup, jauhkan dari penyebab stres.

  9. Bila ada gigi yang tanggal harus segera dibuatkan gigi palsu.

  10. Jangan lupa informasikan mengenai kondisi diabetes bila berkunjung ke dokter gigi, terutama bila hendak mencabut gigi.

  11. Kecuali sangat mendesak, sebaiknya hindari perawatan gigi bila kadar gula darah sedang tinggi. Turunkan dahulu kadar gula darah, baru kunjungi dokter gigi kembali.

  12. Pemakaian alat-alat seperti gigi tiruan atau kawat orthodontik perlu mendapat perhatian khusus. Pemakai gigi tiruan harus melepas gigi tiruan sebelum tidur dan dibersihkan dengan seksama agar meminimalkan kemungkinan terjadinya infeksi jamur karena kebersihan yang tidak terjaga.


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

+6282139396161

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, bali Indonesia 80361.