Makanan Penyebab Karies (Kariogenik)

Article | 2020-10-05 12:31:32

Home » Articles » Makanan Penyebab Karies (Kariogenik)

Makanan Penyebab Karies (Kariogenik)


Pengertian Makanan Kariogenik

Makanan kariogenik adalah suatu makanan yang mengandung karbohidrat yang telah di fermentasi. Karbohidrat yang telah di fermentasi dapat mengakibatkan penurunan keasaman (pH) dalam rongga mulut dan menyebabkan terjadinya karies gigi.

Makanan kariogenik adalah suatu makanan yang banyak mengandung karbohidrat, dengan konsistensi lengket. Sehingga mudah menempel pada gigi dan sulit dibersihkan tanpa sikat gigi.


Frekuensi makan kariogenik

Frekuensi makan kariogenik dapat menyebabkan karies gigi. Konsumsi makanan kariogenik yang dilakukan 20 menit sebelum dan sesudah makan dapat meningkatkan perkembangbiakan bakteri dalam rongga mulut dan membuat keasaman rongga mulut naik atau pH dalam mulut menurun. Makanan bisa menyebabkan karies gigi bergantung pada faktor: frekuensi, interval atau lamanya waktu saat makan, jumlah, konsentrasi dan bentuk makanannya.


Jenis makanan kariogenik

Makanan yang menyebabkan karies gigi yaitu makanan karbohidat yang berupa polisakarida, sukrosa, disakarida, dan monosakarida. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana sangat mudah menyebabkan karies dalam rongga mulut misalnya es krim, gulali, permen dan coklat yang banyak mengandung gula.

Jenis-jenis makanan kariogenik terdapat dalam dua bentuk, yaitu bentuk padat dan cair. Makanan kariogenik dalam bentuk padat misalnya biskuit dan permen akan lebih mudah melekat pada gigi. Jenis kariogenik berbentuk cairan seperti es krim dan sirup, tidak mudah melekat pada permukaan gigi sehingga lebih mudah untuk dibersihkan daripada makanan berbentuk padat.


Hubungan Konsumsi Kariogenik Terhadap Karies

Kebiasaan konsumsi kariogenik pada anak harus dibatasi, karena kebiasaan tersebut merupakan faktor resiko penting yang dapat mempengaruhi karies gigi. World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa membatasi konsumsi kariogenik merupakan suatucara yang harus dilakukan untuk mengurangi angka kejadian karies gigi anak. Konsumsi kariogenik yang dilakukan setiap hari selama satu minggu termasuk dalam kategori tinggi, jika dilakukan 4-6 kali dalam satu minggu termasuk kategori sedang dan 3 kali dalam satu minggu termasuk kategori rendah.

Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

+6282139396161

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, bali Indonesia 80361.