Cara Mencegah Bau Mulut

Article | 2020-10-13 10:48:20

Home » Articles » Cara Mencegah Bau Mulut

Cara Mencegah Bau Mulut


Bau mulut adalah bau nafas yang tidak enak, tidak menyenangkan dan menusuk hidung. Pada banyak kasus, umumnya bau mulut dapat diatasi dengan menjaga kebersihan mulut. Namun apabila cara tersebut tidak dapat mengatasi masalah ini, maka perlu konsultasi dengan dokter gigi untuk mengetahui kondisi serius yang mungkin menjadi penyebabnya.

Bau mulut bukan suatu penyakit tetapi dapat menjadi tanda adanya suatu penyakit tertentu dan bisa berdampak sosial cukup besar yang mempengaruhi citra seseorang. Oleh karena itu diperlukan perhatian dan pengelolaan yang baik terhadap permasalahan bau mulut.

Penyebab bau mulut bisa dari faktor lokal maupun faktor umum. Penyebab lokal antara lain: kebersihan mulut yang kurang terjaga, karies gigi, peradangan gusi dan jaringan pendukung gigi, karang gigi, infeksi, gigi berjejal, dan lain-lain. Juga adanya kebiasan merokok, minum alkohol, dan sebagainya. Penyebab umum adalah kondisi yang kurang sehat, misalnya diabetes mellitus, gangguan pencernaan, dll. Penyebab lainnya adalah penyebab psikis, sebenarnya orang tersebut tidak mengidap bau mulut tetapi selalu merasa mulutnya berbau.

Berikut adalah cara mencegah bau mulut:

  1. Menggosok gigi dan lidah secara teratur terutama setelah makan adalah salah satu cara termudah dalam memelihara kebersihan mulut. Cara lainnya adalah melakukan pembersihan karang gigi secara berkala, 6 bulan sekali sekaligus untuk melakukan dental checkup. Kemudian berkumur-kumur menggunakan obat kumur untuk membantu membersihkan kotoran di sela gigi atau bagian yang sulit terjangkau sikat gigi.

  2. Minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas sehari, tujuannya untuk menjaga rongga mulut selalu basah dan metabolisme tubuh tetap stabil. Selain itu dianjurkan minum air teh hijau karena mengandung zat yang dapat membunuh bakteri mulut sekaligus menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Permen karet tanpa gula juga bisa menghilangkan bau mulut dengan dikunyah selama beberapa menit.

  3. Banyak-banyaklah mengkonsumsi buah-buahan, terutama apel, wortel, dan buah pir. Buah pir termasuk salah satu buah-buahan subtropis yang kaya akan gizi, rendah kalori, dan berserat tinggi. Serat-serat buah pir dapat digunakan sebagai sikat gigi alami yang dapat membantu meningkatkan kebersihan rongga mulut dimana mampu mengurangi penumpukan plak pada permukaan gigi. Pir juga mengandung vitamin, mineral dan air. Rasa asam dan manisnyapun dapat meningkatkan volume air ludah. Peningkatan kadar aliran ludah dapat membantu membersihkan bakteri bakteri yang membahayakan mulut.

  4. Menghindari kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol. Merokok dapat memperburuk kebersihan mulut sehingga dapat memicu terjadinya radang gusi. Alkohol dapat mengurangi produksi air ludah sehingga jaringan mulut mudah mengalami iritasi yang akhirnya semakin memperparah bau mulut.


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161