Kurangi Bakteri Penyebab Gigi Berlubang dengan Apel

Article | 2020-10-27 06:58:52

Home » Articles » Kurangi Bakteri Penyebab Gigi Berlubang dengan Apel

Kurangi Bakteri Penyebab Gigi Berlubang dengan Apel


Penyakit gigi dan mulut yang banyak di derita masyarakat Indonesia adalah radang gusi dan karies gigi, sumber dari kedua penyakit tersebut adalah akibat terabaikannya kebersihan gigi dan mulut, sehingga terjadilah penumpukan plak gigi.

Konsumsi buah dan sayur yang segar dan kaya akan vitamin, mineral, serat dan air dapat melancarkan pembersihan pada gigi, sehingga sisa makanan yang menempel dapat dikurangi dan pada akhirnya karies gigi dapat dicegah.

Sayuran dan buah yang berserat dan mengandung air bisa membersihkan gigi ketika di kunyah. Proses pengunyahan ini dapat merangsang kerja otot dan mampu mempengaruhi produksi dan kecepatan air liur sehingga secara perlahan akan mengurangi pembentukan plak dan karies.

Penyebab terjadinya karies pada gigi adalah akibat dari aktifitas bakteri penghasil asam yang mampu melarutkan mineral gigi ketika mencerna zat karbohodrat yang menempel pada permukaan gigi. Asam ini akan mulai melarutkan mineral gigi di menit ke 20-30 setelah makan. Maka keberadaan asam ini akan berbahaya jika tidak segera dinetralisir oleh air liur yang berada dalam rongga mulut.

Buah apel merupakan salah satu buah-buahan berserat yang mudah diperoleh di pasaran. Dan buah apel memiliki kemampuan selfcleansing effect. Buah apel segar banyak mengandung vitamin, mineral, serat, tinggi kadar air, dan tanin. Kandungan serat dan asamnya mampu merangsang kecepatan produksi air liur. Tanin yang terkandung pada apel adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi yang disebabkan karena menempelnya bakteri pembentuk plak gigi.

Salah satu bakteri penyebab karies adalah Streptococcus Mutant. Terdapat penelitian bahwa jumlah bakteri Streptococcus Mutant menurun setelah mengunyah buah apel. Penurunan ini diakibatkan oleh kandungan tanin dan flavonoid dalam buah apel. 


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161