Perawatan Saluran Akar, Sakitkah?

Article | 2020-10-31 02:07:49

Home » Articles » Perawatan Saluran Akar, Sakitkah?

Perawatan Saluran Akar, Sakitkah?

Apa itu perawatan saluran akar?

Perawatan saluran akar atau endodontik merupakan perawatan yang bertujuan untuk memperbaiki gigi yang rusak parah atau terkena infeksi. Perawatan ini dapat mengatasi masalah gigi tanpa perlu mencabutnya, sehingga gigi asli Anda bisa digunakan kembali untuk mengunyah dengan nyaman.

Kondisi apa yang membutuhkan perawatan saluran akar?

Saluran akar adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan rongga di tengah gigi, sedangkan pulpa adalah bagian lunak di dalam gigi yang berisi pembuluh darah dan saraf.

Umumnya perawatan saluran akar gigi dilakukan untuk mengatasi nyeri yang disebabkan oleh peradangan atau infeksi pada pulpa. Hal ini bisa terjadi akibat gigi berlubang atau cedera pada gigi yang disertai dengan kondisi mulut yang kotor.

Rasa sakit pada gigi bisa berlanjut, meski makanan atau minuman tersebut sudah tidak dikonsumsi. Selain itu, rasa sakit juga bisa timbul sewaktu-waktu, misalnya tengah malam, dan umumnya diikuti dengan sakit kepala.

Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, kemungkinan besar perawatan saluran akar gigi perlu dilakukan.

Bagaimana prosedurnya?

Perawatan jenis ini dilakukan dalam beberapa tahap dan beberapa kunjungan ke dokter gig dengan tahapan sebagai berikut:

1. Rongent

Untuk bisa melihat bagaimana kondisi akar gigi seseorang dan seberapa parah infeksi telah terjadi, dokter gigi akan melakukan atau memberikan rujukan rongent gigi

1. Memasang rubber dam

Untuk memastikan area tindakan tetap kering dari air liur, dokter gigi akan menempatkan rubber dam di sekitar gigi. Rubber dam ini tahan terhadap cairan.

1. Tindakan perawatan saluran akar gigi

Kemudian, dokter akan melubangi gigi dengan bor untuk mendapatkan jalan masuk ke saluran akar. Semua bagian mulai jaringan saraf yang rusak hingga struktur gigi yang rapuh akan dibersihkan.

Proses ini harus dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan semua bagian akar gigi yang rusak terangkat sempurna. Secara berkala, juga akan disemprotkan cairan desinfektan untuk menghilangkan bakter di lubang gigi.

1. Tindakan lanjutan

Setelah dibersihkan, dokter akan menutup lubang gigi. Biasanya, tindakan ini baru dilakukan seminggu kemudian. Apabila ada jarak waktu, dokter akan memberi tambalan sementara untuk melindungi lubang gigi dari makanan atau kontaminasi kotoran lain.

Apabila ada gejala infeksi, dokter gigi juga akan mengobatinya terlebih dahulu dengan meresepkan antibiotik. Saat proses pengisian tiba, dokter akan mengisi akar gigi dengan suatu bahan pengisi.

1. Penambalan mahkota gigi

Tahapan terakhir dari prosedur perawatan akar gigi adalah menambal gigi. Biasanya, gigi yang memiliki lubang besar. Untuk itu, dokter kan mengutuhkan kembali gigi yang rusak dengan bahan tambal atau mahkota gigi buatan.

Apakah perawatan ini menyakitkan?

Prosedur ini menggunakan bius lokal sehingga Anda merasa nyaman dan tidak perlu khawatir ketika melakukan perawatan saluran akar. Kadang, gigi yang dirawat memang sudah mati atau non-vital sehingga syaraf pada gigi sudah tidak lagi dapat merasakan rasa sakit.