Stunting pada Anak Bisa Diakibatkan oleh Gigi yang Berlubang

Article | 2020-10-31 12:42:41

Home » Articles » Stunting pada Anak Bisa Diakibatkan oleh Gigi yang Berlubang

Stunting pada Anak Bisa Diakibatkan oleh Gigi yang Berlubang


Status gizi pendek (Stunting) adalah kondisi ketika tinggi badan seseorang lebih pendek dibandingkan dengan tinggi badan orang lain. Hal ini disebabkan oleh salah satu keadaan dimana seseorang mengalami kekurangan zat gizi yang kronis. Kekurangan gizi dapat terjadi sejak anak didalam kandungan ibunya dan pada masa awal setelah anak lahir, akan tetapi gejala ini mulai tampak biasanya pada saat anak berusia 2 tahun.

Keadaan gizi yang baik dan sehat pada masa anak balita merupakan hal yang penting bagi kesehatannya. Pada usia 12- 24 bulan merupakan masa yang rawan bagi balita karena pada masa ini sering terjadi infeksi atau gangguan status gizi, serta pada usia tersebut balita mengalami peralihan dari bayi menjadi anak-anak.

Mengidap penyakit tertentu dalam jangka waktu yang lama merupakan faktor penyebab stunting. Salah satu penyakit yang berlangsung lama adalah karies gigi. Karies gigi menjadi variabel yang menyebabkan terganggunya fungsi pengunyahan dan mempengaruhi nafsu makan dan intake gizi sehingga dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan yang pada akhirnya akan mempengaruhi status gizi anak.

Karies gigi dapat mengganggu kondisi gizi anak dan dapat menimbulkan gangguan proses pencernaan dan kesulitan makan yang menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Kejadian infeksi yang menyebabkan penurunan nafsu makan dikaitkan dengan terjadinya karies gigi. Akibat dari karies gigi tentunya menyebabkan rasa sakit. Terganggunya fungsi pengunyahan akan berpengaruh pada asupan zat gizi pada responden dan berpengaruh terhadap status gizinya. Jika status gizi terganggu maka akan ada kaitannya dengan terjadinya stunting.


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161