Bagaimana Karang Gigi Terbentuk?

Article | 2020-11-26 07:24:04

Home » Articles » Bagaimana Karang Gigi Terbentuk?

Bagaimana Karang Gigi Terbentuk?


Karang gigi adalah endapan keras berwarna putih kekuningan sampai coklat kehitaman, seperti semen yang melekat pada gigi asli dan gigi palsu. Keberadaan karang gigi seringkali dikaitkan dengan cara memelihara kebersihan mulut yang kurang baik.

Pembentukan karang gigi atau kalkulus diawali dari terbentuknya plak. Plak adalah lapisan bakteri pada permukaan gigi. Pembentukan lapisan bakteri ini dimulai ketika protein pada ludah membentuk lapisan tipis (film) pada permukaan gigi. Lapisan ini menyebabkan  bakteri menempel pada permukaan gigi. Lapisan tipis ini akan membentuk plak gigi dengan kepadatan bakteri lebih dari 200 juta sel bakteri per milligram. Plak pada permukaan gigi dapat melekat baik pada gigi, lubang gigi dan permukaan kasar lainnya. Setelah pembentukan plak, 4 hingga 8 jam kemudian, plak akan mulai mengkristal atau mengeras. Proses pengerasan ini dapat terjadi dari sejak hari pertama hingga hari ke-14.

Kecepatan pembentukan karang gigi sangat bervariasi baik antar individu, antar gigi pada rongga mulut yang sama dan antar waktu meskipun pada individu yang sama. Karang gigi akan terus terbentuk hingga mencapai ketebalan maksimal, sekitar 10 minggu hingga 6 bulan.

Plak gigi pada individu yang mempunyai resiko tinggi mudah terbentuknya karang gigi, mempunyai kadar fosfat yang tiga kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang beresiko rendah, oleh karena itu fosfat adalah mineral yang lebih berperan dalam pembentukan karang gigi.

Cara membersihkan karang gigi adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan gigi secara berkala setiap 6 bulan sekali. Jika dari hasil pemeriksaan rutin tersebut ditemukan adanya karang gigi, maka dokter gigi akan melakukan tindakan scaling untuk menghilangkan karang gigi tersebut.


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161