Stroberi Ternyata Bisa Mencegah Karies Gigi

Article | 2020-11-30 01:51:58

Home » Articles » Stroberi Ternyata Bisa Mencegah Karies Gigi


Stroberi Ternyata Bisa Mencegah Karies Gigi


Sejak dulu sudah ada kecenderungan masyarakat untuk memakai bahan alam yang dipercaya memiliki bahan anti kuman untuk menggantikan bahan kimia. Beberapa negara maju kini telah mulai menekuni gaya hidup untuk kembali ke alam. Para peneliti Indonesia menggalang program pemanfaatan tanaman asli Indonesia, dengan demikian dapat berperan aktif dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Selain mudah didapat, obat tradisional yang berasal dari tumbuhan dan buah-buahan relatif tidak memiliki efek samping.

Buah Stoberi (Fragaria vesca L.), telah lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti meringankan gejala asma, mengurangi gejala influenza, mengobati batu ginjal, antidepresi, menyembuhkan vertigo, menghaluskan kulit dan membuat warna kulit menjdi cerah, mengobati penyakit kuning dan lain-lain. Selain itu buah stroberi juga dikenal atau diketahui mengandung zat antiradang, meredam peradangan usus, menghaluskan kulit, serta memutihkan dan membersihkan gigi.

Stroberi mengandung bahan-bahan aktif seperti salicilic acid, ellagic acid, katekin dan antosianin. Telah dilaporkan pada penelitian terdahulu bahwa pemberian jus stroberi menunjukkan peningkatan kemampuan dalam mengurangi pembentukan plak gigi terutama disebabkan oleh Streptococcus mutans.

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh Streptococcus mutans adalah karies gigi. Karies gigi adalah penyakit yang terlokalisir yang merusak jaringan keras gigi yang terbentuk dari akumulasi plak pada permukaan gigi. Bakteri ini memproduksi asam laktat sehingga dapat menyebabkan demineralisasi dari permukaan gigi yang menyebabkan terjadinya karies gigi atau lubang gigi.

Buah stroberi merupakan salah satu buah yang banyak ditemukan di Indonesia. Stroberi memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans. Bakteri tersebut adalah bakteri penyebab karies gigi di dalam rongga mulut. Di Indonesia telah banyak pasta gigi dengan memadukan buah stroberi. Aktivitas antibakteri dari stroberi memiliki sifat antibakteri dengan cara menangkap radikal bebas, melepaskan atom hydrogen serta menghalangi reaksi oksidasi low density lipoprotein dalam tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa buah stroberi efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans.

Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161