Ternyata Jenis Kelamin Menentukan Kebersihan Gigi Anak

Article | 2020-11-30 01:54:47

Home » Articles » Ternyata Jenis Kelamin Menentukan Kebersihan Gigi Anak

Ternyata Jenis Kelamin Menentukan Kebersihan Gigi Anak


Anak merupakan generasi muda yang menjadi cikal bakal pemimpin di masa mendatang. Kesehatan gigi dan mulut anak sangat dipengaruhi oleh pemeliharaan mereka. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kebersihan gigi dan mulut anak juga dipengaruhi oleh jenis kelamin.

Anak-anak berjenis kelamin perempuan lebih memiliki kesehatan gigi dan mulut yang jauh lebih baik. Tingginya nilai kebersihan gigi dan mulut  anak perempuan disebabkan oleh karena anak perempuan memiliki kecenderungan untuk lebih menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka. Perilaku menjaga kesehatan gigi dan mulut anak perempuan lebih baik dibandingkan anak laki-laki.

Perilaku ini diduga dipengaruhi oleh perbedaan psikologis anak. Anak laki-laki diduga cenderung lbih tidak memperhatikan keadaan diri mereka sendiri termasuk kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dipengaruhi juga oleh perbedaan kondisi gen dari anak perempuan dan laki-laki. Gen ini menjadi sebab anak laki-laki memiliki tingkat pengendalian emosi yang lebih rendah dibandingkan anak perempuan.

Perkembangan psikologis anak juga mempengaruhi kemampuan anak untuk menjaga kebersihan rongga mulut. Pada fase usia remaja awal hingga pertengahan, terjadi krisis identitas. Anak-anak usian ini cenderung lebih sering menunjukkan sikap perlawanan terhadap orang tua. Perlawanan ini diasumsikan akan mempengaruhi kualitas anak untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut oleh karena orang tua sulit untuk mengarahkan anak-anak mereka untuk menjaga atau melakukan tindakan pencegahan.

Usia ini juga mempengaruhi tingkat kedewasaan seseorang. Anak perempuan cenderung lebih cepat dewasa dibandingkan dengan anak laki-laki. Anak perempuan mencapai kedewasaan mulai dari usia 12 tahun sedangkan anak laki-laki sekitar usia 16 tahun. Kedewasaan ini juga diduga menjadi pemicu anak perempuan cenderung lebih cepat menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka dibandingkan anak laki-laki. Selain itu, anak perempuan diduga lebih cepat merasa malu dan memiliki ketertarikan dengan lawan jenis sehingga mereka lebih mengupayakan untuk tampil cantik dan bersih untuk memikiat lawan jenis mereka. Mereka mengupayakn untuk selalu menyikat gigi semampu mereka sehingga mempermudah interaksi dengan lingkungan.

Perbedaan kebersihan gigi dan mulut anak ini juga dipengaruhi oleh tingkat kecemasan terhadap perawatan gigi. Anak perempuan cenderung memiliki tingkat kecemasan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan anak laki-laki. Tingkat kecemasan yang tinggi ini menyebabkan anak perempuan lebih berusaha mengurangi rasa takutnya dengan mencari dan melakukan tindakan pencegahan dibandingkan anak laki-laki. 


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161