Gigi Rusak Tidak Salalu Haris Dicabut

Article | 2020-12-31 04:55:40

Home » Articles » Gigi Rusak Tidak Salalu Haris Dicabut

Gigi Rusak Tidak Salalu Haris Dicabut


Kesehatan gigi dan mulut seringkali dipandang sebelah mata oleh masyarakat dan menganggap prosedur atau tindakan dalam bidang kedokteran gigi adalah hal yang menakutkan. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, masyarakat datang ke dokter gigi jika keluhan penyakit gigi dan mulut yang dialami sudah berada pada tingkat lanjut, sehingga tindakan pencabutan gigi dipilih sebagai perawatannya.

Pencabutan gigi atau dalam istilah kedokteran gigi dikenal sebagai ekstraksi gigi merupakan tindakan yang paling sering dilakukan oleh dokter gigi di klinik. Pencabutan gigi adalah suatu tindakan yang mengeluarkan gigi dari soket tulang alveolar. Penelitian menunjukkan bahwa alasan utama pencabutan gigi yaitu karies gigi sebesar 38,4%, dan penyakit pada jaringan pendukung gigi sebesar 32,3%. Tindakan pencabutan menjadi pilihan terakhir pada pasien dengan keadaan gigi yang sudah rusak dan tidak dapat dirawat lagi. Sebagian dari kalangan masyarakat ada yang sudah mengerti akan pentingnya mempertahankan gigi di dalam rongga mulut, namun ada juga yang masih belum mengerti dan cenderung untuk mencabut gigi yang sudah rusak daripada merawat gigi. Kehilangan gigi dapat menjadi kerugian bagi pasien karena dapat mengurangi efisiensi pengunyahan, bergesernya gigi dan berputarnya gigi, masalah pada sendi pengunyahan dan masalah di dalam rongga mulut lainnya.

Tidak selalu harus dilakukan pencabutan, dokter gigi akan mempertimbangkan dahulu perawatan berikut:

Jangan ragu untuk lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk mengatasi kondisi gigi yang berlubang. Pengobatan gigi yang berlubang dilakukan secara berbeda tiap kondisinya. Gigi berlubang yang sudah cukup parah dan tidak dapat diperbaiki baru perlu tindakan pencabutan gigi. Berikut ini pengobatan yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Tambal Gigi

Tambal gigi adalah tindakan yang umum dilakukan untuk kondisi gigi berlubang yang tidak parah.

  1. Mahkota gigi buatan (dental crown)

Crown dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang yang lebih parah. Umumnya, pasien yang memiliki kondisi gigi lemah direkomendasikan untuk menggunakan crown gigi.

  1. Perawatan saluran akar

Tindakan ini dilakukan ketika lubang pada gigi sudah mencapai pulpa gigi. Tindakan ini dilakukan untuk mengatasi gangguan gigi tanpa harus mencabut gigi.

Tidak ada salahnya lakukan pencegahan agar kamu terhindar dari masalah gigi berlubang. Sebaiknya jangan lupa untuk menyikat gigi minimal 2 kali dalam satu hari, setelah makan dan sebelum tidur. Jika perlu, gunakan pasta gigi yang berfluoride dan check up rutin ke dokter gigi dua kali dalam setahun.

Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161