Mencegah Karies: Perhatikan Urutan Makanmu

Article | 2020-12-31 04:58:26

Home » Articles » Mencegah Karies: Perhatikan Urutan Makanmu

Mencegah Karies: Perhatikan Urutan Makanmu


Urutan dan kombinasi makanan juga mempengaruhi potensi karies dari suatu makanan. Pisang, merupakan makanan penyebab karies karena mengandung karbohidrat yang mudah dicerna bakteri dan kemampuan yang tinggi untuk menempel pada gigi sehingga menyebabkan karies. Namun, apabila pisang dikonsumsi dengan sereal dan susu maka berpotensi rendah dalam menyebabkan karies karena susu berbentuk makanan cair yang dapat mengurangi kemampuan perlekatan dari buah-buahan. Biskuit crackers dikonsumsi bersamaan dengan keju mempunyai risiko penyebab karies yang rendah jika dibandingkan dengan mengkonsumsi tanpa keju. Kemampuan penetralan asam oleh keju dan susu menyebabkan makanan tersebut dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan makanan karbohidrat yang mudah dicerna bakteri untuk mengurangi potensi penyebab karies pada makanan.

Frekuensi mengkonsumsi makanan penyebab karies yang terlalu sering akan menyebabkan peningkatan produksi asam pada mulut. Setiap kali mengonsumsi makanan karbohidrat yang mudah dicerna bakteri, akan menyebabkan turunya pH ludah yang dimulai 5-15 menit setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Snack yang dikonsusmsi dalam jumlah sedikit tapi frekuensi sering berpotensi tinggi untuk menyebabkan karies dibandingkan dengan makan tiga kali dan sedikit snack. Selain itu, mengonsumsi makanan selingan yang mengandung karbohidrat 20 menit sebelum atau setelah waktu makanan utama berpeluang menyebabkan bakteri mudah berkembang biak dan memproduksi asam dalam rongga mulut.

Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161