Pemanis Alternatif Pencegah Gigi Berlubang

Article | 2020-12-31 05:00:25

Home » Articles » Pemanis Alternatif Pencegah Gigi Berlubang

Pemanis Alternatif Pencegah Gigi Berlubang


Gula, adalah bahan makanan yang mustahil untuk ditiadakan. Sebagaimana kita tahu, gula menjadi penyebab  utama karies gigi. Gula yang dikonsumsi akan dimetabolisme sedemikian rupa sehingga terbentuk polisakarida yang rnemungkinkan bakteri melekat pada permukaan gigi, selain itu juga akan menyediakan cadangan energi bagi metabolisme karies selanjutnya serta bagi perkembangbiakan bakteri penyebab gigi berlubang.

Gula sintetik seperti sakarin, aspartam dan gula alkohol seperti xylitol, sorbitol dan maltitol adalah alternatif pemanis pengganti gula yang bersifat antikaries.

Xylitol merupakan pengganti gula yang paling baik karena bakteri plak tidak bisa mencerna xylitol sehingga mengurangi bakteri penyebab karies gigi di rongga mulut. Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen xylitol selama 5 menit, 3-5 kali sehari dapat mengurangi karies.

Sorbitol merupakan pemanis yang secara alami terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Penelitian menyimpulkan bahwa mengunyah permen karet sorbitol setelah makan dapat mengurangi terjadinya karies gigi secara signifikan.

Maltitol juga merupakan pemanis yang tidak menyebabkan pengeroposan gigi. Pemanis ini secara alami terdapat pada buah nanas, asparagus, kentang dan wortel.

Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161