Peradangan Gusi: Tanda dan Penyebabnya

Article | 2020-12-31 05:03:45

Home » Articles » Peradangan Gusi: Tanda dan Penyebabnya

Peradangan Gusi: Tanda dan Penyebabnya

Secara umum, gusi yang sehat berwarna pink, memiliki konsistensi yang kenyal, memiliki tekstur yang berbintik-bintik seperti kulit jeruk yang disebut stippling, tepinya meruncing, dan tidak mudah berdarah. Namun, tidak selamanya gusi memiliki kondisi yang sehat. Gusi juga dapat terserang penyakit. Bentuk penyakit yang sering dijumpai adalah radang gusi.

Berikut adalah tanda-tanda ketika seseorang mengalami peradangan gusi:

1. Perubahan tampilan gusi

Perubahan yang terjadi pada gusi dapat dilihat berdasarkan warna, konsistensi , tekstur, ukuran dan kontur. Pada awalnya, peradangan gusimembuat pembuluh darah melebar sehingga menyebabkan gusi berwarna merah dan membengkak. Tepi gusi jadi membulat. Permukaan gusi menjadi lunak.

Jika kondisi ini berlangsung lama, gusi akan keras dan menyebabkan perubahan bentuk gusi menjadi tidak beraturan.

1. Gusi mudah berdarah

Keluhan utama seseorang yang menderita peradangan gusi adalah gusi yang mudah berdarah. Pasien sering mendapati gusinya berdarah ketika menyikat gigi. Begitu juga ketika makan makanan yang keras. Perdarahan bisa terjadi secara spontan. Darah tersebut kemudian dapat dirasakan dan dihirup oleh pasien.

1. Rasa tidak nyaman

Rasa yang tidak nyaman didapat ketika pasien merasakan darah pada lidahnya. Terlebih ketika pasien menghisap darah tersebut.

1. Bau mulut

Bau mulut pada peradangan gusi disebabkan oleh bau darah dan buruknya kebersihan mulut.

Berikut adalah penyebab peradangan gusi:

1. Plak gigi

2. Bakteri

3. Adanya karies gigi, sisa makanan yang sulit dibersihkan, gigi tiruan yang tidak baik, alat ortodontik, gigi berjejal dan kebiasaan bernapas lewat mulut.

4. Pengaruh hormonal, misalnya pubertas, siklus menstruasi, kehamilan, pemakaian kontrasepsi oral.

5. Adanya penyakit sistemik misalnya: diabetes, leukemia, kelainan darah.

6. Kekurangan vitamin A, B kompleks dan C.

7. Kelaparan