Buah dan Sayur Pencegah Sakit Gigi Anak

Article | 2021-03-02 07:46:02

Home » Articles » Buah dan Sayur Pencegah Sakit Gigi Anak

Buah dan Sayur Pencegah Sakit Gigi Anak


Semua orang dapat mengalami karies gigi, termasuk anak-anak. Penyakit ini mengakibatkan munculnya rasa sakit sehingga anak menjadi malas makan. Apabila terjadi kerusakan pada tahap yang berat atau sudah terjadi abses, maka gigi dapat tanggal. Anak yang kehilangan beberapa giginya tidak dapat makan dengan baik hingga tidak bisa makan kecuali makanan yang lunak. Oleh karena itu, karies gigi pada akhirnya dapat menyebabkan keadaan kurang gizi. Perawatan gigi pada anak yang sudah mengalami kerusakan gigi sukar dilakukan dan pengobatan terhadap gigi yang rusak juga menghabiskan waktu dan biaya yang mahal.


Salah satu kebiasaan anak yang dapat memicu terjadinya karies gigi adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan kariogenik seperti coklat, permen, kue-kue manis, dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut bentuknya menarik dan rasanya yang enak atau lezat sangat disukai oleh anak-anak. Risikonya meningkat jika makanan tersebut dikonsumsi di antara waktu makan dan dalam bentuk yang lengket.


Konsumsi buah dan sayuran segar yang kaya akan vitamin, mineral, serat dan air dapat melancarkan pembersihan sendiri pada gigi, sehingga plak gigi dapat dikurangi dan pada akhirnya karies gigi dapat dicegah. Buah-buahan segar seperti apel, bengkoang, pear, semangka serta sayuran seperti wortel dll dapat merangsang fungsi pengunyahan dan meningkatkan produksi air ludah. Buah-buahan segar berperan sangat efektif untuk membantu kebersihan gigi apabila dikonsumsi sesudah makan.


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161