Gigi Tiruan Jembatan: Permanen Tak Perlu Dilepas

Article | 2021-03-02 07:51:56

Home » Articles » Gigi Tiruan Jembatan: Permanen Tak Perlu Dilepas

Gigi Tiruan Jembatan: Permanen Tak Perlu Dilepas

Gigi tiruan jembatan disebut juga Fixed Partial Denture adalah suatu protesa sebagian yang dilekatkan secara tepat pada satu atau lebih gigi penyangga dan menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang. Tujuan pembuatan gigi tiruan jembatan adalah untuk memulihkan daya kunyah yang menjadi kurang karena hilangnya satu atau lebih gigi asli. Selain itu juga untuk memperbaiki estetika, memelihara/mempertahankan kesehatan gusi, memulihkan fungsi pengucapan, serta mencegah terjadinya pergeseran gigi keruangan yang kosong akibat kehilangan gigi berupa pergeseran gigi, gigi berputar, miring, atau modot.


Syarat pembuatan gigi tiruan jembatan

Kondisi dan posisi dari gigi asli yang masih ada dijadikan pertimbangan untuk dijadikan gigi penyangga. Gigi penyangga tidak boleh goyang dan mempunyai kedudukan sejajar dengan gigi lainnya.

Jika gigi yang diganti lebih banyak dari gigi penyangga, maka akan merusak gigi penyangga itu sendiri dan jaringan-jaringan disekitarnya. Keadaan yang baik adalah jika ada dua gigi penyangga ditiap ujung yang memenuhi syarat untuk menggantikan satu gigi.

Gigi tiruan jembatan sebaiknya tidak dibuat pada usia dibawah 17 tahun karena ruang pulpa masih besar, gigi belum tumbuh sempurna, dan tulang rahang belum cukup padat atau keras.

Pada sekitar gigi penyangga keadaan gusi harus sehat, warna dan konsistensi gusi dapat dijadikan pedoman untuk gusi yang normal.


Keuntungan gigi tiruan jembatan

Gigi tiruan jembatan tidak mudah terlepas atau tertelan karena dilekatkan pada gigi asli. Pasien merasa seperti gigi asli. Gigi tiruan jembatan mampu melindungi gigi terhadap tekanan berlebih dan dapat menyalurkan tekanan kunyah ke penyangga gigi sehingga menguntungkan bagi jaringan pendukungnya karena selalu terstimulasi. Jaringan pendukung gigi yang tidak terstimulasi akan menyusut.


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161