Jenis - jenis Behel dan Tips Memilihnya

Article | 2021-06-09 04:17:11

Home » Articles » Jenis - jenis Behel dan Tips Memilihnya

Jenis- jenis Behel dan Tips Memilihnya




Siapa yang tidak mengenal behel? Behel atau kawat gigi merupakan salah satu perawatan ortodontik cekat yang dilakukan dengan memasangkan bracket dan kawat gigi untuk tujuan merapikan gigi dan mengembalikan relasi gigi-gigi rahang atas dan bawah ke posisi normal. Di Indonesia behel sempat menjadi trend di kalangan remaja sampai dewasa muda, bahkan masih diminati sampai sekarang karena dianggap dapat membuat penampilan terlihat menarik, bahkan hanya sekedar menaikkan pamor di pergaulan. Tapi tahukah kamu? Ternyata behel ada beberapa jenis yang membedakannya satu sama lain. Yuk, simak pembahasannya di artikel ini.

Behel memiliki beberapa jenis yang membedakan satu dengan yang lainnya dari segi tampilan, cara kerja, dan juga biaya. Apa saja macam jenis behel tersebut?

  1. Behel Konvensional

  • Behel Logam

Jenis behel konvensional adalah jenis behel yang paling banyak digunakan saat ini. Behel konvensional terdiri dari logam anti-karat (stainless steel) berupa bracket yang ditempelkan di permukaan depan masing-masing gigi dengan menggunakan semen gigi khusus ortodontik yang dihubungkan dengan kawat khusus ortodontik dan karet elastik (elastic band). Metal braces konvensional ini banyak dipilih oleh orang-orang karena harganya yang terjangkau.

  • Behel Keramik

Selain braces yang terbuat dari logam, behel konvensional juga ada yang terbuat dari bahan dasar keramik. Behel keramik dipilih karena alasan lebih estetik karena tampilan warnanya sewarna gigi. Walaupun terbuat dari material yang berbeda, efektivitas behel keramik sama baiknya dengan behel logam. Sayangnya, untuk beberapa kasus, behel keramik tidak disarankan karena rentan pecah. Harga behel keramik tentunya lebih mahal daripada behel logam karena lebih estetik. Di Indonesia sendiri, menggunakan behel keramik dianggap dapat menaikkan citra seseorang karena behel keramik sempat menjadi tren di kalangan selebritis tanah air.

  • Behel Sapphire

Jika estetik menjadi alasan utama banyak orang memilih Behel Keramik, namun setelah membaca artikel ini anda kembali bimbang menentukan jenis behel apa yang tepat untuk anda karena keterbatasan kekuatan dari Behel Keramik, maka Sapphire Braces adalah pilihan paling tepat. Dari segi tampilan, behel jenis ini lebih bening dan hampir menyerupai warna gigi asli, oleh sebab itu behel jenis ini juga sering disebut Ice Bracket. Material braces ini adalah sapphire, seperti halnya batu sapphire, kekuatannya pun sama. Namun, bukan berarti bracket jenis ini terbuat dari batu permata sapphire yang sesungguhnya, braces ini dibuat dengan susunan kimia yang sama seperti batu sapphire (sintetis) sehingga mampu menempel dengan sangat baik dengan permukaan gigi dan tidak mudah pecah. Meskipun terdengar baru, ternyata Sapphire Braces sudah digunakan lebih dari 40 tahun di dunia kedokteran gigi. Tentunya dengan tampilan estetik yang sangat baik dan namanya yang belum terlalu dikenal orang, ini akan menaikkan pamor anda di pergaulan sosial anda.

  1. Behel Self-Ligating

Behel jenis ini menggunakan braces logam namun tanpa karet elastik, tampilan bracesnya pun lebih mengkilap dibandingkan braces logam konvensional. Braces Self-Ligating ini dilengkapi dengan klip pengunci yang dapat mempertahankan posisi kawat sehingga tidak perlu menggunakan karet elastik. Selain itu, kelebihan dari behel ini adalah pasien tidak perlu melakukan kontrol yang terlalu sering seperti halnya behel konvensional yang harus kontrol setiap bulan. Merk behel self-ligating yang paling terkenal adalah Damon, sehingga kadang orang menyebut behel self-ligating sebagai behel Damon yang diketahui memiliki banyak keunggulan dari segi teknologi bracket klip pengunci, lebih praktis, lebih estetik, lebih kuat dan lebih efektif.

  1. Behel Lingual

Pada dasarnya braces logam pada behel konvensional dan lingual ini sama, yang membedakan adalah letak braces yang dipasang di bagian belakang permukaan masing-masing gigi. Hal ini bertujuan agar braces tidak tampak dari depan, sehingga tidak mengganggu penampilan seseorang. Namun, braces ini kurang diminati karena sering menimbulkan masalah dalam fungsi fonasi (berbicara) di mana gerak lidah akan terganggu karena kontak dengan braces yang dipasang di belakang gigi. Selain itu, masalah lain yang sering dilaporkan adalah gesekan braces dan lidah yang menyebabkan terganggunya kebersihan lidah dan rasa sakit pada lidah.


Selain behel, perawatan ortodontik yang cukup populer adalah clear aligner. Clear aligner adalah alat ortodontik transparan tipis yang menyelubungi permukaan gigi-gigi yang bisa dilepas-pasang. Clear aligner perlu dipasang selama 20-22 jam setiap hari, dapat dilepas saat makan atau minum dan saat menyikat gigi. Hal ini dapat memudahkan pengguna clear aligner dalam menjaga kebersihan giginya. Clear aligner memiliki banyak keunggulan dari segi estetik dibandingkan behel, namun hanya dapat dilakukan untuk kasus gigi berjejal ringan. Merk Clear Aligner yang paling terkenal adalah Invisalign, bahkan kebanyakan orang lebih sering menyebut Invisalign dibandingkan Clear Aligner saking populernya merk ini. Pasien perlu melakukan pergantian tray clear aligner setidaknya setiap 2 minggu sekali dan melakukan kontrol ke dokter gigi setiap 4-6 minggu sekali.

BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas terbaik dan dokter gigi profesional di bidangnya, termasuk orthodontist. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Clinic melayani perawatan ortodontik seperti metal braces conventional, self ligating braces (Damon), sapphire braces, bahkan invisalign. Konsultasikan masalah kesehatan gigi anda pada dokter gigi terpercaya pilihan anda, diskusikan perawatan ortodontik yang ingin anda lakukan sesuai dengan kasus anda. Jadi, apa anda sudah tahu jenis behel apa yang sesuai dengan kondisi gigi anda?


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161

REFERENSI:

American Association of Orthodontists. 2020. How Braces Work | American Association Of Orthodontists. <https://www.aaoinfo.org/blog/how-orthodontics-works-braces/> (diakses: 1 Juni 2021)

Oral Health Foundation. 2020. Different Types Of Braces. <https://www.dentalhealth.org/safebrace-different-types-of-braces> (diakses: 30 Mei 2021).

Rosini, et al. (2014). Periodontal health during clear aligners treatment: a systematic review. European Journal of Orthodontics, 37 (5), 539–543.

Saini, et al. (2016). The current evidence and implications of lingual orthodontics, 50(5), pp. 4-9.

Total Orthodontics. 2016. Different Types Of Braces | Total Orthodontics. <https://www.totalorthodontics.co.uk/types-of-braces/> (diakses 30 Mei 2021).