Waspada Bahaya Behel Abal-Abal Tukang Gigi

Article | 2021-06-28 04:23:03

Home » Articles » Waspada Bahaya Behel Abal-Abal Tukang Gigi

Waspada Bahaya Behel Abal-Abal Tukang Gigi



Di era modern seperti sekarang ini perawatan ortodontik berupa behel tidak hanya diperuntukkan untuk sekadar memperbaiki susunan gigi geligi, tapi juga dianggap mampu membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik. Hal ini yang membuat penggunaan behel menjadi tren di masyarakat beberapa negara, termasuk di Indonesia. Sayangnya, bagi sebagian masyarakat di Indonesia tren ini pada akhirnya mengenyampingkan penggunaan behel untuk memperbaiki posisi dan susunan gigi geligi tapi hanya kebutuhan untuk mendukung penampilan semata, bahkan lebih buruk mempercayakan pemasangan behel pada tukang gigi.

Pastinya banyak di antara kita yang sering melihat plang nama praktik tukang gigi, tapi apa itu tukang gigi? Menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) 39 tahun 2014 Tukang Gigi adalah setiap orang yang mempunyai kemampuan membuat dan memasang gigi tiruan lepasan. Dari pengertian tersebut sudah dapat diketahui bahwa tukang gigi hanya dapat mengerjakan pekerjaan sebatas membuat dan memasangkan gigi tiruan lepasan dengan catatan tidak membahayakan kesehatan pasien. Seiring berjalannya waktu, sebagian orang menyebut tukang gigi sebagai ahli gigi dan tempat praktiknya disebut salon gigi. Sangat disayangkan karena banyak oknum tukang gigi yang mengerjakan perawatan dental selain gigi tiruan lepasan, contoh yang paling sering dikerjakan adalah perawatan ortodontik dengan behel.

Perawatan dental selain yang sudah disebutkan dalam Permenkes 39/2014 artinya tidak diperbolehkan dan tentunya melanggar hukum, terlebih behel abal-abal tukang gigi banyak dilaporkan menimbulkan dampak negatif bagi penggunanya, seperti:

  • Kegoyahan Gigi

Masalah yang sering dilaporkan akibat penggunaan behel abal-abal oleh oknum tukang gigi adalah gigi yang goyang. Behel yang dipasang tidak sesuai indikasi dan tidak tepat akan menggeser posisi gigi ke posisi yang tidak seharusnya, tekanan yang tidak terkontrol dari behel yang dipasang tukang gigi akan menyebabkan terganggunya jaringan penyangga gigi hingga mengakibatkan turunnya tulang alveolar (tulang penyangga gigi) sehingga gigi menjadi goyang bahkan lepas.

  • Gigi Tidak Dapat Mengatup

Pergeseran gigi-gigi ke posisi yang tidak seharusnya akan membuat lengkung gigi terganggu dan akhirnya relasi gigi rahang atas dan gigi rahang bawah tidak harmonis, hal ini menyebabkan gigi tidak bisa dikatupkan dan pengunyahan makanan terganggu. Bahkan jika terus berlanjut akan mengakibatkan permasalahan pada sendi rahang.

  • Perubahan Profil Wajah atau Wajah Tidak Simetris

Salah satu fungsi perawatan ortodontik adalah memperbaiki simetrikal dan profil wajah seseorang, namun jika perawatan ini dilakukan oleh tenaga non-profesional maka bisa menimbulkan dampak negatif, seperti merubah profil wajah seseorang menjadi asimetris karena relasi gigi rahang atas dan rahang bawah yang tidak harmonis, susunan gigi-gigi depan yang maju ke depan, dan lain sebagainya.

  • Infeksi Gusi atau Jaringan Lunak

Penggunaan alat-alat di praktik tukang gigi yang tidak higienis karena tidak melalui proses sterilisasi alat yang baik akan menimbulkan potensi infeksi pada gusi dan jaringan lunak lainnya dalam mulut, jika sudah terjadi pembengkakan jaringan dan potensi infeksi menyebar ke jaringan lainnya juga meningkat.

masih ada banyak laporan kasus yang diakibatkan oleh behel abal-abal ala tukang gigi yang pada akhirnya memerlukan penanganan cukup serius dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulutnya ke dokter gigi sangatlah penting untuk menghindari dampak negatif dari perawatan gigi oleh tenaga non-profesional seperti tukang gigi. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap dan dokter gigi terpercaya di bidangnya, termasuk orthodontist. Dengan pemeriksaan dan analisis kasus yang tepat, perawatan ortodontik dapat dipastikan aman dan memenuhi ekspektasi anda. Selalu percayakan perawatan dental anda pada dokter gigi terpercaya, bukan tukang gigi, agar perawatan dental bisa berjalan dengan baik, aman dan nyaman.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+628213939616

REFERENSI:

Kewenangan Tukang Gigi 

https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt54dcda3fcc3e1/kewenangan-tukang-gigi/ (diakses 16 Juni 2021)

Korban Tukang Gigi (Kortugi) https://www.kortugi.id/ (diakses 17 Juni 2021)

Pasang Behel di Tukang Gigi, Ini Risikonya!

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3628398/pasang-behel-di-tukang-gigi-ini-risikonya (diakses 14 Juni 2021)