Dental Implant, Solusi Gigi Ompong

Article | 2021-07-05 07:02:15

Home » Articles » Dental Implant, Solusi Gigi Ompong

Dental Implant, Solusi Gigi Ompong



Kehilangan gigi karena sudah dicabut atau karena sebab lainnya menjadi hal yang mungkin dialami beberapa orang yang membuat orang tersebut ompong. Kondisi ompong atau edentulous ini selain mengganggu proses pengunyahan juga dapat menyebabkan beberapa masalah. Gigi geligi rahang atas dan rahang bawah memiliki relasi yang sedemikian rupa, setiap gigi memiliki gigi antagonis yang membuat gigi tersebut berfungsi dengan baik untuk mengunyah. Kondisi gigi yang ompong akan menyebabkan gigi antagonisnya tidak berkontak, sehingga lama kelamaan gigi tersebut akan lebih turun keluar dari gusi, menyebabkan kegoyahan, bahkan gigi bisa tanggal. Selain itu, kondisi ini bisa menyebabkan seseorang mengunyah dengan sisi lainnya karena tidak nyaman mengunyah dengan sisi yang mengalami ompong, akibatnya terjadi pengunyahan satu sisi yang membuat otot pengunyahan bekerja tidak seimbang, hal ini menyebabkan adanya gangguan sendi sampai asimetris wajah. Walaupun terlihat tidak bergerak, gigi sebenarnya dapat bergerak. Saat ada gigi yang hilang karena dicabut, gerakan pengunyahan akan membuat gigi-gigi di sekitar area yang ompong bergerak ke arah area yang ompong, akibatnya gigi-gigi tersebut akan miring dan tidak tegak lagi.

Ada beberapa solusi mengatasi kondisi gigi ompong, antara lain: membuat gigi tiruan lepasan, membuat gigi tiruan cekat, dan dental implant. Gigi tiruan lepasan bisa jadi pilihan yang paling sering dipilih orang karena harganya yang cukup terjangkau. Sayangnya, gigi tiruan lepasan ini memiliki beberapa kekurangan antara lain, perlu ketelatenan dalam merawatnya, harus dilepas saat tidur, menimbulkan rasa kurang nyaman saat dipakai karena perlu adaptasi, plat dapat berubah warna, perlu kontrol setelah beberapa tahun karena gigi tiruan bisa longgar karena perubahan tinggi tulang penyangga gigi, gusi dan posisi gigi-gigi. Gigi tiruan cekat adalah gigi tiruan permanen yang direkatkan pada gigi yang telah dipersiapkan untuk memperbaiki sebagian atau seluruh permukaan gigi yang mengalami kerusakan atau kelainan untuk menggantikan kehilangan gigi. Pada kondisi di mana gigi-gigi penjangkar di sekitar area yang ompong masih sehat, gigi-gigi tersebut akan tetap dipersiapkan untuk direkatkan dengan mahkota dan gigi tiruan, itu sebabnya gigi tiruan cekat disebut juga gigi tiruan mahkota jembatan. Bagi sebagian orang, mengurangi sebagian permukaan gigi yang sehat untuk gigi tiruan dianggap kurang menguntungkan sehingga memilih dental implant.

Dental implant adalah prosedur penanaman akar gigi buatan yang berbentuk seperti baut pada tulang alveolar pada rahang atas atau bawah yang terbuat dari logam khusus, contohnya titanium. Ada beberapa hal yang membuat dental implant lebih unggul dibandingkan gigi tiruan lainnya, antara lain:

  • Dental implant lebih kuat karena tertanam langsung pada tulang alveolar yang menggantikan fungsi gigi dan akar gigi sehingga pasien lebih mudah mengunyah dan nyaman tanpa perlu khawatir gigi tiruan bergeser seperti ketika menggunakan gigi tiruan.

  • Dental implant tidak mengganggu saat pasien berbicara seperti pada penggunaan gigi tiruan lepasan, karena tidak bergeser selama berbicara.

  • Dental implant tidak memerlukan perawatan yang rumit seperti halnya pada perawatan gigi tiruan lepasan atau gigi tiruan cekat.

  • Dental implant lebih praktis karena tidak harus dilepas-pasang seperti gigi tiruan lepasan, dan tidak memerlukan perekat seperti gigi tiruan cekat.

  • Dental implant dapat bertahan seumur hidup (dengan kontrol yang baik), tidak seperti gigi tiruan lepasan atau gigi tiruan cekat (dental bridge) yang perlu diganti setiap 7-15 tahun.


Namun perlu diingat bahwa perawatan dental implant harus dengan indikasi yang tepat dan dikerjakan oleh dokter gigi yang kompeten seperti dokter gigi bersertifikasi dental implant resmi, spesialis bedah mulut, prosthodontist, atau periodontist. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap dan dokter gigi-dokter gigi terpercaya di bidangnya, khususnya dental implant. Dengan pemeriksaan awal yang baik dan konsultasi dengan dokter gigi yang berkompeten untuk perawatan dental implant, perawatan ini dapat berjalan dengan baik.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161

REFERENSI:

Dodge, L. Very Well Health (2020). Dental Implant Procedure: Everything You Need to Know.

WebMD (2019). Oral Care. Dental Implants.

WebMD (2020). Dental Implant Surgery