Mengenal Dental Implant Lebih Dekat

Article | 2021-07-13 06:17:36

Home » Articles » Mengenal Dental Implant Lebih Dekat

Mengenal Dental Implant Lebih Dekat



Berbicara mengenai solusi dari kondisi gigi ompong (edentulous) banyak orang awam akan langsung berpikir: gigi tiruan lepasan. Tidak salah, namun selain gigi tiruan lepasan, sebenarnya ada beberapa solusi lainnya seperti gigi tiruan cekat dan dental implant. Dental implant menjadi pilihan terbaik dari segi ketahanan, kekuatan, tampilan, serta perawatannya. Sayangnya, masih banyak yang belum familiar dengan perawatan dental implant, untuk itu dalam artikel ini akan dibahas tentang pertanyaan yang paling sering diajukan mengenai dental implant.

  1. Apa Keunggulan Dental Implant?

Dibandingkan dengan gigi tiruan lepasan atau cekat, dental implant unggul dari segi kekuatan dan ketahanan karena area tidak bergigi (edentulous) akan ditanamkan akar gigi buatan berbentuk sekrup ke dalam tulang alveolar pada rahang atas atau rahang bawah, kemudian akan dipasangkan mahkota gigi buatan yang menyerupai gigi asli. Ketahanan dari dental implant dapat dikatakan permanen karena tertanam pada jaringan tulang alveolar rahang, sehingga tidak perlu diganti tiap beberapa tahun seperti halnya gigi tiruan lepasan atau gigi tiruan cekat.


  1. Apa Prosedur Pemasangan Dental Implant Menyakitkan?

Tentu saja tidak. Prosedur bedah minor dalam rangka memasang dental implant selalu dibarengi dengan pemberian bius lokal di area pengerjaan, sehingga pasien tidak akan merasakan sakit selama prosedur ini dilakukan.


  1. Apa yang Dilakukan Sebelum Tindakan Dental Implant?

Beberapa hal yang harus dilakukan antara lain; konsultasi dan pemeriksaan yang biasanya akan disertai dengan pemeriksaan penunjang berupa rontgen foto untuk mengetahui kondisi jaringan pendukung gigi yaitu tulang alveolar. Selain itu, ketinggian, ketebalan tulang alveolar ini menjadi salah satu kunci suksesnya sebuah perawatan dental implant. Jika masih terdapat sisa akar gigi yang tertinggal, maka harus dilakukan pencabutan sisa akar gigi terlebih dahulu. kondisi gigi dan mulut harus dipastikan bersih dan bebas dari infeksi sebelum prosedur dental implant dilakukan. Pemeriksaan awal juga sangat penting untuk mengetahui beberapa kondisi sistemik yang mungkin dimiliki pasien yang berpotensi menghambat prosedur ini.


  1. Apa Dental Implant Hanya Untuk Kasus Kehilangan Satu Gigi Saja?

Tentu tidak, ada beberapa tipe dental implant sesuai kebutuhan pasien, antara lain:

  • Dental Implant Satu Gigi: Dental Implant yang dipasang untuk menggantikan satu gigi yang hilang

  • Dental Implant Untuk Gigi Tiruan Jembatan: Dental Implant pada kasus kehilangan beberapa gigi yang dipasang sebagai penjangkar pada unit gigi tiruan jembatan.

  • Dental Implant Untuk Gigi Tiruan Lengkap: Dental Implant yang dipasang untuk mendukung stabilitas dari gigi tiruan lengkap.


  1. Apa Dental Implant Mahal?

Tergantung dari sudut pandang mana anda menilainya. Perkembangan teknologi di kedokteran gigi membuat banyak perawatan dental dapat dicapai dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan beberapa tahun lalu, termasuk dental implant. Dari segi harga, dental implant terbilang yang paling mahal dibandingkan dengan gigi tiruan lepasan atau gigi tiruan jembatan, namun kembali lagi anda harus mempertimbangkan berbagai hal yang membuat dental implant menjadi solusi terbaik untuk masalah gigi yang ompong, terutama ketahanannya yang bersifat permanen. Jika dibandingkan dengan gigi tiruan lain, baik dari kenyamanan, ketahanan, kekuatan, tampilan dan lain sebagainya, harga perawatan dental implant di Indonesia terbilang cukup masuk akal dan masih terjangkau.


  1. Apa Semua Dokter Gigi Bisa Melakukan Dental Implant?

Jawabannya: Tidak. Prosedur dental implant hanya dapat dilakukan oleh spesialis bedah mulut, spesialis periodonti, spesialis prosthodontia, dan dokter gigi yang sudah tersertifikasi untuk melakukan dental implant.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap dan dokter gigi terpercaya di bidangnya, khususnya dental implant. Dental implant menjadi hal yang paling diunggulkan di BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center. Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi di klinik gigi kepercayaan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161

REFERENSI:

Bautista, D.S. MedicineNet (2019). Dental Implants: Prosedure. Types, Problems, and Cost.

Dodge, L. Very Well Health (2020). Procedures & Treatments. Dental Implant Procedure: Everything You Need to Know.

WebMD (2019). Oral Care. Dental Implants.

WebMD (2020). Dental Implant Surgery.