Usia Ideal Untuk Perawatan Implan Gigi

Article | 2021-07-21 01:48:47

Home » Articles » Usia Ideal Untuk Perawatan Implan Gigi

Usia Ideal Untuk Perawatan Implan Gigi


Kehilangan gigi dapat terjadi pada siapa saja, di usia berapapun, dan tidak hanya karena faktor karies gigi. Salah satu faktor yang membuat seseorang dapat mengalami kehilangan gigi adalah trauma atau kecelakaan. Kondisi kehilangan gigi dapat diatasi dengan gigi tiruan lepasan, gigi tiruan cekat atau implan gigi. Implan gigi dianggap sebagai perawatan pilihan untuk menggantikan gigi yang hilang pada orang dewasa. Tetapi bagaimana dengan anak-anak atau remaja yang kehilangan satu atau lebih gigi karena cedera traumatis atau kondisi bawaan? Apakah implan gigi merupakan pilihan yang layak untuk kelompok usia muda ini? Pada usia berapakah perawatan implan gigi dapat dilakukan?

Usia menjadi salah satu kriteria penting yang ditinjau oleh dokter gigi yang akan melakukan perawatan implan gigi; dokter gigi tersertifikasi untuk implan gigi, periodontist, prosthodontist, dan specialist bedah mulut saat melakukan sceening pada pasien untuk implan gigi. Faktor lain yang dapat menentukan keberhasilan jangka panjang dari implan gigi permanen adalah kesehatan mulut pasien, jumlah dan lokasi gigi yang hilang, integritas tulang rahang, dan kesejahteraan umum. Pertanyaannya, apakah ada usia minimum untuk implan gigi?

Sebelum pasien dapat menerima implan gigi, mereka harus telah mencapai kematangan tulang. Dengan kata lain, tulang rahang mereka telah berkembang penuh dan tidak akan memiliki 'percepatan pertumbuhan' lagi. Jika implan gigi dipasang sebelum masa pubertas selesai dan rahang masih dalam masa pematangan, restorasi dapat mengganggu perkembangan tulang lebih lanjut, mengurangi daya tahannya dan berpotensi mengakibatkan komplikasi. Karena jika ini dilakukan sebelum tulang mencapai kematangannya, perawatan implan gigi akan menimbulkan beberapa risiko, seperti: masalah gigitan, ruang di antara gigi, pengeroposan tulang di sekitar prostetik, dan perubahan estetika pada wajah (kraniofacial).

Meskipun setiap remaja berbeda, pertumbuhan rahang biasanya berlanjut hingga usia 18, 19 atau 20 tahun. Dalam beberapa kasus, pasien berusia pertengahan 20-an ketika kematangan kerangka akhirnya lengkap. Jadi, bisa disimpulkan bahwa usia ideal seseorang dapat mendapatkan perawatan implan gigi adalah di usia dewasa muda. Untuk alasan ini, remaja di bawah usia 18 tahun seringkali bukan kandidat yang cocok untuk penempatan implan gigi kecuali mereka telah mencapai kematangan tulang. Oleh sebab itu, biasanya dokter gigi yang akan merawat implan gigi akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti rontgen gigi, dan penilaian pertumbuhan lainnya untuk memverifikasi apakah perkembangan tulang sudah 100 persen selesai, dan pasien siap untuk operasi.

Lalu, apa solusi yang dapat dilakukan pada pasien yang belum mencapai usia ideal atau kematangan tulang rahang? Solusi yang dapat dilakukan oleh dokter gigi saat pasien belum mencapai usia ideal atau kematangan tulang rahang, salah satunya adalah dengan gigi tiruan lepasan untuk mengembalikan fungsionalitas dan penampilan. Kontrol rutin wajib dilakukan pada pasien untuk mengetahui perkembangan tulang rahang. Ingatlah bahwa mendapatkan implan gigi saat dewasa muda bisa menjadi situasi yang saling menguntungkan. Risiko Anda terkena peri-implantitis, penyebab terbesar kegagalan implan gigi, jauh lebih rendah. Anda memiliki tulang yang kuat dan sehat untuk menopang implan gigi anda.

BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap dan dokter gigi terpercaya di bidangnya, khususnya dental implant. Dental implant menjadi hal yang paling diunggulkan di BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center. Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi di klinik gigi kepercayaan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161

REFERENSI:

American Academy of Dentistry, Types of Dental Implants & Techniques https://www.aaid-implant.org/dental-implants/types-of-implants-and-techniques/

Journal of Indian Society of Periodontology, Implants in Adolescents https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3800426/#

WebMD, Dental Implants https://www.webmd.com/oral-health/guide/dental-implants#1

Journal of Indian Society of Periodontology, Implants in Adolescents https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3800426/#