Spesialis Bedah Mulut, Tidak Sekadar Menangani Masalah Gigi Saja

Article | 2021-08-06 03:31:14

Home » Articles » Spesialis Bedah Mulut, Tidak Sekadar Menangani Masalah Gigi Saja

Spesialis Bedah Mulut,

Tidak Sekadar Menangani Masalah Gigi Saja



Berbicara tentang dokter gigi spesialis, banyak di antara kita langsung berpikir tentang spesialis bedah mulut. Padahal sebenarnya, dalam kedokteran gigi terdapat beberapa spesialisasi, antara lain; Bedah Mulut, Orthodonsia, Periodonsia, Konservasi Gigi, Prosthodonsia, Kedokteran Gigi Anak, Penyakit Mulut, dan Radiologi Gigi. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai spesialis bedah mulut. Apakah spesialis bedah mulut hanya sebatas menangani gigi saja? Tindakan bedah seperti apa saja yang bisa ditangani oleh dokter bedah mulut?

Bedah mulut merupakan suatu tindakan untuk mengobati kelainan gigi dan mulut melalui prosedur bedah. Dokter bedah mulut adalah dokter gigi spesialis yang menangani penyakit pada mulut, gigi, rahang, dan lidah, khususnya melalui tindakan operasi atau bedah. Prosedur bedah dibedakan menjadi dua, yaitu: bedah minor dan bedah mayor. Bedah minor adalah prosedur bedah ringan yang menggunakan bius (anesthesia) lokal yang hanya terlokalisir pada area operasi dan area sekitar operasi saja. Bedah mayor adalah tindakan bedah yang menggunakan anestesi umum/general, biasanya tindakan ini dilakukan pada kasus-kasus yang cukup parah, seperti pada kecelakaan yang melibatkan tulang rahang atau pada pengangkatan tumor yang besar.

Cakupan bidang yang ditangani oleh dokter bedah mulut cukup luas, sehingga tidak heran kebanyakan masyarakat umumnya lebih familiar dengan spesialis bedah mulut dibandingkan dengan spesialisasi lainnya dalam kedokteran gigi. Dokter bedah mulut perlu menguasai ilmu kedokteran gigi sekaligus ilmu bedah umum. Masa studi seorang dokter gigi untuk bisa lulus sebagai dokter bedah mulut pun terbilang cukup lama yaitu sekitar 5-6 tahun setelah menjadi dokter gigi. Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat ditangani oleh dokter bedah mulut, antara lain:

  • Kelainan pada area mulut dan rahang, seperti celah bibir dan/atau celah pada langit-langit mulut (sumbing).

  • Infeksi pada gigi, mulut, gusi atau lidah, misalnya abses pada area mulut dan rahang.

  • Tumor, Kista, atau Kanker pada area mulut dan rahang.

  • Impaksi gigi (kondisi di mana gigi gagal tumbuh ke posisi seharusnya, sehingga sebagian atau seluruh gigi terjebak di dalam gusi atau rahang)

  • Gangguan pada sendi rahang (Temporomandibular Joint; TMJ)

  • Gangguan saraf pada area mulut dan rahang, misalnya trigeminal neuralgia.

  • Cedera pada mulut dan rahang, misalnya fraktur tulang rahang.

Dokter bedah mulut juga dapat menangani masalah pada gigi dan gusi yang membutuhkan operasi.

Dalam menegakkan diagnosis, dokter bedah mulut akan menelusuri riwayat kesehatan pasien, termasuk gejala-gejala yang dirasakan, dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik pada gigi, mulut, dan rahang pasien. Selain itu, untuk menegakkan diagnosis, dokter bedah mulut perlu menyarankan pasien untuk melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti, rontgen gigi dan mulut atau rahang, CT scan, MRI. Tes darah dan pengambilan sampel jaringan dengan biopsy juga perlu dilakukan, jika diperlukan.

Jadi, sekarang anda tahu bahwa dokter bedah mulut tidak hanya menangani kasus gigi saja. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap dan dokter gigi terpercaya di bidangnya, khususnya bedah mulut yang juga mencakup tindakan dental implant. Bedah mulut menjadi hal yang paling diunggulkan di BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center. Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi di klinik gigi kepercayaan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161

REFERENSI:

Konsil Kedokteran Indonesia (2015). Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia.

National Health Service Health Careers. Oral and maxillofacial surgery.

The Royal College of Surgeons of England. Oral & Maxillofacial Surgery.

Cafasso, et al. Healthline (2018). Everything You Need to Know About Dental and Oral Health.

Watson, S. Verywell Health (2018). What Is an Oral Surgeon?

WebMD (2018). Do You Need Oral Surgery?