Bedah Mulut Solusi Untuk Bibir Sumbing

Article | 2021-08-10 05:50:13

Home » Articles » Bedah Mulut Solusi Untuk Bibir Sumbing

Bedah Mulut Solusi Untuk Bibir Sumbing



Istilah bibir sumbing mungkin cukup familiar bagi sebagian orang, namun apa sebenarnya bibir sumbing itu? Bibir sumbing merupakan sebutan untuk suatu kondisi cacat lahir pada bayi yang terjadi pada bibir, di mana pada kondisi ini seseorang memiliki celah pada bibirnya. Celah ini bisa muncul di tengah, kanan atau kiri. Bibir sumbing seringkali disertai dengan celah pada langit-langit mulut. Kelainan celah bibir dan atau celah langit-langit ini dapat diatasi dengan tindakan bedah yang dilakukan oleh Dokter Gigi Bedah Mulut.

Celah bibir atau celah langit-langit ini terjadi karena penyatuan jaringan yang tidak sempurna di bibir dan langit-langit semasa janin dalam kandungan. Penyatuan jaringan pada bibir dan langit-langit ini normalnya terjadi pada trimester pertama kehamilan. Sampai saat ini penyebab terjadinya celah bibir ataupun celah langit-langit belum diketahui secara pasti, namun para ahli percaya kondisi ini disebabkan karena faktor genetik dan faktor lingkungan. dikutip dari Stanford Health Care, bibir sumbing mempengaruhi setidaknya 1 dari setiap 700 kelahiran. Di Indonesia, 1 dari 300 bayi yang lahir secara normal menderita bibir sumbing. Setiap tahunnya, kelainan bibir sumbing di Indonesia mencapai 7.000 kasus. Tidak heran kelainan yang muncul pada bayi ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua yang sedang menunggu kelahiran bayi. 

Celah bibir tidak selalu disertai dengan celah langit-langit, begitu pula sebaliknya. Kondisi celah bibir atau celah langit-langit dapat diketahui saat bayi lahir, selain itu kondisi ini dapat diketahui selama bayi dalam kandungan melalui pemeriksaan USG, oleh karena itu kontrol rutin selama kehamilan sangat penting dilakukan. Pengobatan bibir sumbing dilakukan untuk menghilangkan gangguan-gangguan yang terjadi pada kondisi ini seperti gangguan kemampuan makan dan minum anak, kejelasan saat berbicara, dan tentunya akan mengganggu penampilan anak. Bibir sumbing bisa ditangani dengan melakukan beberapa kali operasi. Biasanya operasi pertama akan dilakukan saat bayi berusia 3-6 bulan. Setelah usia anak dinilai cukup serta kondisinya terpantau baik, dokter dapat memulai operasi bibir sumbing. Selama operasi, anak akan mendapatkan bius umum agar tidak merasakan sakit atau tidak berada dalam keadaan sadar selama prosedur berlangsung.

Operasi bibir sumbing biasanya dilakukan oleh tim dokter yang terdiri dari beberapa spesialisasi, seperti dokter gigi spesialis bedah mulut, dokter gigi spesialis anak, dokter spesialis bedah plastik, hingga dokter spesialis anestesi atau bius. Namun, tidak semua operasi dilakukan oleh tim dokter yang sama. Semuanya tergantung kondisi anak.

BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap dan dokter gigi terpercaya di bidangnya, khususnya bedah mulut yang juga mencakup tindakan dental implant. Bedah mulut menjadi hal yang paling diunggulkan di BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center. Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi di klinik gigi kepercayaan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161

REFERENSI:

The Johns Hopkins University (2020). Conditions & Diseases. Cleft Lip and Palate.

Heathline (2017). Cleft Palate and Lip.

Kementerian Kesehatan RI (2016). Hasil Surveilans Kelainan Bawaan.

MedicineNet (2018). Cleft Lip and Cleft Palate.

Medscape (2020). Pediatric Cleft Lip and Palate Treatment & Management.

WebMD (2019). Cleft Lip and Cleft Palate.