Kenali Penyebab Gigi Kuning dan Solusinya

Article | 2021-10-21 03:15:00

Home » Articles » Kenali Penyebab Gigi Kuning dan Solusinya

Kenali Penyebab Gigi Kuning dan Solusinya




Senyuman yang indah ditambah dengan gigi sehat, putih dan bersinar akan menambah kepercayaan diri seseorang, terutama dalam bersosialisasi dengan orang lain. Sayangnya, tidak semua orang cukup beruntung memiliki gigi yang putih berseri alami. Beberapa orang, mungkin anda salah satunya, kurang percaya diri dengan warna gigi yang tampak lebih kuning. Tapi tahukah anda bahwa penyebab gigi kuning bisa bermacam-macam? Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai penyebab gigi kuning dan juga solusi untuk mengatasinya.

Dalam kedokteran gigi perubahan warna gigi disebut diskolorasi. Diskolorasi pada enamel gigi dapat disebabkan oleh proses penodaan, penuaan, dan bahan-bahan kimia. Perubahan warna pada gigi dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan sumbernya yaitu endogen dan eksogen. Diskolorasi eksternal disebabkan oleh substansi dari luar gigi dan sering disebabkan kebiasaan minum minuman berwarna dalam jangka waktu yang panjang. Minuman yang dimaksud seperti, teh, kopi, sirup, dan juga kebiasaan merokok. Tar dari rokok dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi dari coklat sampai hitam. Diskolorasi internal disebabkan karena perubahan warna yang terjadi dari dalam gigi, didapatkan dari sumber lokal maupun sistemik. Faktor lokal dapat disebabkan karena perdarahan akibat trauma (benturan), kesalahan prosedur perawatan gigi, dekomposisi jaringan pulpa gigi, pengaruh obat-obatan, atau pengaruh bahan-bahan restorasi gigi. Bahkan di kebanyakan kasus yang sering ditemui dokter gigi di klinik dental, diskolorasi internal biasa terjadi pada gigi yang mati (non-vital). Perubahan warna yang mengenai bagian dalam struktur gigi ini biasanya terjadi di usia pertumbuhan, sehingga jika sudah terlanjur terjadi akan sulit dirawat secara eksternal.

Solusi untuk diskolorasi gigi adalah dental whitening. Diskolorasi eksternal dapat diatasi dengan perawatan bleaching atau teeth whitening, namun diskolorasi gigi yang terjadi akibat faktor intrinsik hanya dapat diatasi dengan perawatan khusus seperti internal bleaching, veneer, atau pembuatan crown gigi. Internal bleaching dilakukan setelah perawatan saluran akar pada gigi nekrosis selesai dikerjakan, di mana dokter gigi akan memasukkan bahan bleaching ke dalam gigi dan proses ini dapat berlangsung dalam waktu tertentu tergantung bahan bleaching yang digunakan. Ada 2 jenis teeth whitening berdasarkan tekniknya, yaitu home bleaching dan in office bleaching. Home bleaching dilakukan sendiri oleh pasien di rumahnya dengan mengaplikasikan material bleaching konsentrasi rendah ke giginya dan dilakukan dalam beberapa menit selama jangka waktu tertentu. In office bleaching adalah tindakan pemutihan gigi yang dilakukan di klinik gigi oleh Dokter Gigi dengan menggunakan material whitening konsentrasi tinggi. In office bleaching semakin populer untuk memenuhi keinginan orang-orang memiliki gigi yang putih dan senyuman yang menawan.

BIA (Bali Implant Aesthetic) hadir dengan fasilitas yang lengkap termasuk dental whitening. Sebagai salah satu klinik dental terpercaya di Bali, BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center dilengkapi dengan teknologi pemutihan gigi terbaik dari Fläsh Whitening. Fläsh merupakan teknologi pemutihan gigi terkini dari Jerman dengan pengalaman lebih dari 25 tahun. Fläsh dilengkapi dengan Whitening Lamp yang mampu memutihkan gigi anda hanya dalam 45 menit sampai 1 jam perawatan saja. Selain itu, perawatan dental whitening dengan Fläsh dilengkapi dengan Chairside Light Whitening System termasuk di dalamnya tooth mousse dan vitamin E soothing gel yang diaplikasikan setelah perawatan untuk memaksimalkan perawatan.

Wujudkan impian anda memiliki gigi putih dan senyuman yang indah dengan Fläsh Whitening di BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center siap melayani anda dengan dokter gigi profesional terbaik di bidangnya. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center merupakan klinik gigi terpercaya di dekat Kuta dan tidak jauh dari bandara. Jangan sampai masalah gigi merusak liburan anda di Bali, jika anda sedang menikmati pemandangan Ubud yang asri dan tanpa diduga memerlukan dokter gigi, jarak dari Ubud menuju BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center kurang lebih 35 km. Percayakan perawatan gigi anda pada dokter gigi di klinik gigi terbaik di Bali pilihan anda.

BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161



REFERENSI:

Sundoro, H.E. 2005. Serba-serbi Ilmu Konservasi Gigi. Universitas Indonesia Press : Jakarta.

Summitt JB (2006). Fundamentals of Operative Dentistry: A Contemporary Approach. Quintessence Pub. pp. 438–439. ISBN 978-0-86715-452-8.

Flash Whitening System. (2019). https://flaesh.com/en/flaesh-whitening-lamp/ (accessed October, 6th 2021).

Epple, M., Meyer, F., & Enax, J. (2019). A Critical Review of Modern Concepts for Teeth Whitening. Dentistry journal, 7 (3), pp. 79.

Santos, et al. (2018). Evaluation of in-office tooth whitening treatment with violet LED: protocol for a randomised controlled clinical trial. BMJ open, 8 (9), ISSN: 3018-1185.

American Dental Association (2020). Oral Health Topics. Whitening.

Hamama, H.H. American Academy of Cosmetic Dentistry (2013). FOCAL. Bleaching Technique.

National Health Service U.K. (2018). Healthy Body. Teeth Whitening.