Tips Menjaga Gigi Tetap Putih Setelah Dental Whitening

Article | 2021-10-26 11:56:19

Home » Articles » Tips Menjaga Gigi Tetap Putih Setelah Dental Whitening

Tips Menjaga Gigi Tetap Putih Setelah Dental Whitening




Memiliki senyuman indah dengan gigi yang putih dan sehat bukanlah hal yang sulit untuk diwujudkan. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran gigi memudahkan siapa saja untuk mewujudkan impian mereka memiliki gigi putih yang indah, salah satunya dengan melakukan prosedur dental whitening. Pertanyaan yang paling sering ditanyakan kepada dokter gigi mengenai dental whitening adalah; berapa lama hasil perawatan dental whitening dapat bertahan? Jawabannya adalah 6 bulan sampai 2 tahun, tergantung bagaimana anda menjaga gigi anda setelah perawatan dental whitening. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai hal-hal yang sebaiknya anda lakukan untuk menjaga agar hasil perawatan dental whitening bisa awet.

Mengingat bahwa hasil perawatan dental whitening tidak permanen, sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan gigi tetap putih setelah perawatan dental whitening. Berikut tips menjaga gigi tetap putih setelah perawatan dental whitening:

1.Menghindari makanan dan minuman berwarna

Setelah perawatan dental whitening, pori-pori di permukaan enamel gigi masih terbuka sehingga kemungkinan warna terjebak di permukaan gigi juga lebih besar. Oleh karena itu, dokter gigi biasanya menginstruksikan pasien agar menghindari minuman berwarna atau makanan berwarna setidaknya 2x24 jam setelah perawatan dental whitening. Beberapa contoh makanan dan minuman berwarna yang harus dihindari antara lain; kari, rawon, balado, rendang, kecap, teh, kopi, minuman ringan berwarna, buah naga, buah mangga, blueberry, raspberry, dan lain sebagainya.

2.Tidak merokok

Sama halnya dengan makanan dan minuman berwarna, kandungan dalam asap rokok yang terbentuk dari pembakaran akan menyebabkan perubahan warna pada gigi, terlebih setelah perawatan dental whitening. Noda dari rokok biasanya berwarna coklat sampai hitam, sehingga akan mengganggu penampakan dari gigi-geligi.

3.Minum menggunakan sedotan

Tidak bisa dipungkiri sebagian besar orang sulit menghilangkan kebiasaan minum minuman favoritnya, termasuk minuman yang berwarna. Menggunakan sedotan bisa menjadi solusi yang bisa anda lakukan agar minuman berwarna tidak berkontak langsung dengan permukaan gigi depan.

4.Berkumur setelah minum atau makan yang berwarna

Terkadang kita tidak menyadari makan atau minum yang berwarna setelah perawatan dental whitening, hal yang bisa anda lakukan jika sudah terlanjur melakukannya adalah berkumur dengan air mineral. Selain mengurangi perlekatan warna dari makanan atau minuman, berkumur juga dapat membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

5.Menggunakan sikat gigi dengan ujung bulu sikat yang lembut dan pasta gigi dengan kandungan pemutih gigi

Maintenance yang bisa anda lakukan untuk menjaga gigi putih anda adalah menyikat gigi dengan menggunakan sikat gigi dengan ujung bulu sikat yang lembut. Sikat gigi jenis ini memungkinkan anda untuk membersihkan gigi lebih baik karena ukuran ujung bulu sikat lembut yang lebih kecil. Pasta gigi pemutih juga dapat mempertahankan warna putih gigi anda lebih lama.


Dengan melakukan tips yang telah disebutkan di atas, anda dapat menjaga gigi tetap putih dalam waktu yang lama, selain itu jangan lupa untuk selalu memeriksakan gigi anda setidaknya 6 bulan sekali ke dokter gigi pilihan anda. BIA (Bali Implant Aesthetic) hadir dengan fasilitas yang lengkap termasuk dental whitening. Sebagai salah satu klinik dental terpercaya di Bali, BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center dilengkapi dengan teknologi pemutihan gigi terbaik dari Fläsh Whitening. Fläsh merupakan teknologi pemutihan gigi terkini dari Jerman dengan pengalaman lebih dari 25 tahun. Fläsh dilengkapi dengan Whitening Lamp yang mampu memutihkan gigi anda hanya dalam 45 menit sampai 1 jam perawatan saja. Selain itu, perawatan dental whitening dengan Fläsh dilengkapi dengan Chairside Light Whitening System termasuk di dalamnya tooth mousse dan vitamin E soothing gel yang diaplikasikan setelah perawatan untuk memaksimalkan perawatan.

Wujudkan impian anda memiliki gigi putih dan senyuman yang indah dengan Fläsh Whitening di BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center siap melayani anda dengan dokter gigi profesional terbaik di bidangnya. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center merupakan klinik gigi terpercaya di dekat Kuta dan tidak jauh dari bandara. Jangan sampai masalah gigi merusak liburan anda di Bali, jika anda sedang menikmati pemandangan Ubud yang asri dan tanpa diduga memerlukan dokter gigi, jarak dari Ubud menuju BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center kurang lebih 35 km. Percayakan perawatan gigi anda pada dokter gigi di klinik gigi terbaik di Bali pilihan anda.

BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161

REFERENSI:

Epple, M., Meyer, F., & Enax, J. (2019). A Critical Review of Modern Concepts for Teeth Whitening. Dentistry journal, 7 (3), pp. 79.

Whelan, C. Healthline (2021). How Long Does Teeth Whitening Last?

Basaraba, S. Very Well Health (2020). Healthy Aging. How to Keep Your Teeth White and Looking Younger.

Watson, S. Very Well Health (2020). Cosmetic Dentistry. How Professional Teeth Whitening Is Done.

Flash Whitening System. (2019). https://flaesh.com/en/flaesh-whitening-lamp/