Masalah Gigi dan Mulut Bikin Kualitas Sperma Menurun, Kok Bisa?

Article | 2021-12-13 06:01:24

Home » Articles » Masalah Gigi dan Mulut Bikin Kualitas Sperma Menurun, Kok Bisa?

Masalah Gigi dan Mulut Bikin Kualitas Sperma Menurun, Kok Bisa?



Kesehatan gigi dan mulut menjadi begitu penting terutama menjelang pernikahan atau program kehamilan. Dalam beberapa artikel sebelumnya telah dibahas mengenai hubungan kesehatan gigi dan mulut terhadap kehamilan dan perkembangan janin selama masa kehamilan, lalu bagaimana dengan kesuburan pria? Apa pengaruh gigi berlubang terhadap kesuburan pria? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengaruh kondisi gigi berlubang terhadap kesuburan pria.

Mungkin banyak di antara kita masih belum mengetahui dampak gigi berlubang terhadap kesuburan pria. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana bisa infeksi di gigi bisa berdampak pada reproduksi pria? Kadar bakteri yang meningkat di mulut, misalnya bakteri dari infeksi pada gigi berlubang, masalah pada gusi, serta masalah kesehatan mulut, dapat menyebabkan peningkatan kadar bakteri di area lain di tubuh, termasuk ke dalam cairan semen dan sperma. Kondisi itu dikenal sebagai bakteriospermia. Bakteriospermia terjadi ketika bakteri di dalam mulut masuk ke dalam aliran darah dan berakhir di dalam cairan semen dan sperma. Akibatnya sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat seperti sperma, padahal sistem kekebalan tubuh seharusnya menjadi pelindung.

Gejala bakteriospermia ditunjukkan dengan adanya jumlah sel darah putih berlebihan ketika analisis semen dilakukan. Bacteriospermia dapat hadir dalam air mani tanpa menyebabkan gejala apapun pada seseorang. Bakteri ini dapat membunuh sperma dan memberikan kontribusi lebih pada masalah motilitas (kemampuan sperma untuk berenang) dan morfologi sperma (bentuk). Studi American Academy of Periodontology, bakteri dari karang gigi (kalkulus) menjadi salah satu penyebab munculnya bacteriospermia dalam cairan semen dan sperma. Bacteriospermia cenderung mengurangi kemampuan berenang sperma menuju sel telur, sehingga sperma tak lagi gesit. Dengan begitu, tingkat kesuburan pria dapat menurun karena turunnya kualitas sperma.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, antara lain:

1.Menggosok Gigi

Rajin menggosok gigi setidaknya dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Kegiatan menggosok gigi ini akan membantu membersihkan kotoran di permukaan gigi yang berpotensi menjadi plak yang dapat menjadi penyebab masalah gusi, selain itu sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi dapat menjadi penyebab gigi berlubang.

2.Flossing

Flossing merupakan kegiatan membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss. Terkadang menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan area di sela-sela gigi dan beberapa area lain yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, oleh karena itu melakukan flossing setidaknya 3 kali seminggu sangat disarankan untuk meningkatkan kebersihan mulut.

3.Berkumur dengan Obat Kumur

Untuk mengoptimalkan kebersihan mulut, berkumur dengan menggunakan obat kumur dapat dilakukan setelah menggosok gigi. Kandungan dari obat kumur ini dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang dan masalah mulut lainnya, selain itu berkumur dengan obat kumur dapat membuat napas menjadi segar.

4.Pemeriksaan Rutin ke Dokter Gigi

Lakukan pemeriksaan rutin dan perawatan gigi ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan rutin akan membantu anda mengetahui status kesehatan gigi dan mulut anda, dan jika ditemukan masalah dapat segera dirawat oleh dokter gigi.


Wujudkan impian anda memiliki gigi bersih dan sehat untuk menjaga kesuburan anda dengan perawatan dental terbaik untuk keluarga di BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center siap melayani anda dengan dokter gigi profesional terbaik di bidangnya. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center merupakan klinik gigi terpercaya di dekat Kuta dan tidak jauh dari bandara. Jangan sampai masalah gigi merusak liburan anda di Bali, jika anda sedang menikmati pemandangan Ubud yang asri dan tanpa diduga memerlukan dokter gigi, jarak dari Ubud menuju BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center kurang lebih 35 km. Percayakan perawatan gigi anda pada dokter gigi di klinik gigi terbaik di Bali pilihan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161

REFERENSI:

Kellesarian S, Yunker M, et al. Male Infertility and Dental Health Status: A Systematic Review. Am J Mens Health. 2018 Nov; 12(6): 1976–1984.

Maybodi F, Iranaq M. Poor Oral Health and Fertility Problems: A Narative Mini-Review. Journal of Midwifery & Reproductive Health. 2016 Oct.