Jangan Merawat Gigi Saat Hamil, Mitos atau Fakta?

Article | 2021-12-23 01:01:17

Home » Articles » Jangan Merawat Gigi Saat Hamil, Mitos atau Fakta?

Jangan Merawat Gigi Saat Hamil,

Mitos atau Fakta?




Kehamilan merupakan hal yang paling diidamkan oleh setiap pasangan setelah menikah. Memastikan status kesehatan gigi dan mulut dalam kondisi yang baik sebelum program kehamilan sangatlah penting karena kesehatan gigi dan mulut dapat berpengaruh terhadap kesehatan janin dalam kandungan. Lalu pertanyaannya, bagaimana jika terjadi masalah gigi dan mulut saat hamil? Apakah boleh melakukan perawatan dental selama masa kehamilan? Apakah melakukan perawatan dental saat hamil dapat berdampak buruk terhadap kesehatan janin? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai fakta-fakta seputar perawatan dental selama masa kehamilan.

Kondisi kesehatan gigi dan mulut memiliki pengaruh terhadap kesehatan janin dalam kandungan. Menjaga kesehatan gigi dan mulut selama masa kehamilan adalah hal yang penting untuk menghindari berbagai masalah gigi dan mulut yang dapat memberikan dampak yang buruk bagi janin selama masa kehamilan. Sayangnya, sebagian besar masyarakat justru menghindari pemeriksaan atau perawatan dental karena takut akan berdampak negatif pada kandungannya. Kenyataannya, calon ibu harus melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan dan tes untuk mengetahui kondisi kesehatannya, salah satunya pemeriksaan gigi. Pemeriksaan kesehatan gigi menjadi hal yang penting dilakukan sebelum merencanakan kehamilan karena selama kehamilan, wanita hamil akan mengalami perubahan hormonal yang dapat memicu beberapa gangguan kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, risiko gigi berlubang pada ibu hamil menjadi lebih tinggi akibat meningkatnya kondisi asam dalam mulut karena kondisi umum yang biasa dialami oleh ibu hamil seperti mual dan muntah. Peningkatan hormon estrogen dan progesteron pada ibu hamil juga dapat memicu radang gusi. Oleh karena itu, jika hendak melakukan perawatan dental, anda wajib memberitahukan mengenai kondisi kehamilan serta usia kehamilan kepada dokter gigi. Hal ini menjadi sangat penting bagi dokter gigi untuk menentukan perawatan yang tepat dan apakah anda dalam kondisi yang memungkinkan untuk dilakukan perawatan dental. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan gigi ke dokter gigi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah perawatan dental dapat dilakukan di kondisi dan usia kehamilan anda saat ini.

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai perawatan dental selama kehamilan akan dapat mengganggu kesehatan janin, bahkan sampai menyebabkan keguguran. Faktanya, beberapa perawatan dental rutin, bahkan perawatan dental yang sifatnya darurat seperti cabut gigi dapat dilakukan saat hamil. Usia kehamilan yang paling aman untuk dilakukan perawatan dental adalah di trimester kedua kehamilan karena di usia kehamilan ini ibu hamil berada dalam kondisi yang baik dan stabil secara emosional. Perawatan yang dapat dilakukan antara lain; pembersihan karang gigi (scaling) dan tambal gigi, sedangkan untuk pencabutan gigi sederhana yang hanya memerlukan anestesi lokal dapat dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari dokter kandungan. Perawatan dental sebaiknya ditunda saat usia kehamilan ada di trimester ketiga karena beberapa tindakan dental dapat memicu kontraksi pada kandungan yang akhirnya dapat memicu bayi lahir prematur. Jadi, jika usia kehamilan ada di trimester ketiga, sebaiknya ibu hamil menunda kunjungan ke dokter gigi sampai setelah melahirkan.

Selama masa kehamilan, ibu hamil wajib menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi rutin setidaknya 2 kali sehari dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, berkumur dengan air putih untuk membantu membersihkan sisa makanan dari permukaan gigi setelah makan, melakukan flossing dengan dental floss, dan menjalankan pola makan sehat, salah satunya dengan mengurangi makan makanan manis atau asam. Wujudkan impian anda memiliki gigi bersih dan sehat selama masa kehamilan dengan perawatan dental terbaik untuk keluarga di BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center siap melayani anda dengan dokter gigi profesional terbaik di bidangnya. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center merupakan klinik gigi terpercaya di dekat Kuta dan tidak jauh dari bandara. Jangan sampai masalah gigi merusak liburan anda di Bali, jika anda sedang menikmati pemandangan Ubud yang asri dan tanpa diduga memerlukan dokter gigi, jarak dari Ubud menuju BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center kurang lebih 35 km. Percayakan perawatan gigi anda pada dokter gigi di klinik gigi terbaik di Bali pilihan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161

REFERENSI:

Hasibuan, Sayuti. 2010. Perawatan dan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada masa kehamilan. Dentika dental journal. Vol 15: 125-129.

Lamia, A.A.A. & Daou, D.J. (2016). Pregnancy and Dental Treatment. Otolaringology : Open Access, 6 (5), pp. 1-6.

WebMD (2018). Dental Care and Pregnancy.