Tahun Baru, Gigi Baru

Article | 2022-01-14 07:23:28

Home » Articles » Tahun Baru, Gigi Baru

Tahun Baru, Gigi Baru




Tahun baru menjadi momen tersendiri untuk menargetkan pencapaian yang lebih baik, menjadi versi diri sendiri yang lebih baik daripada tahun sebelumnya. Tampil lebih menawan dengan senyuman yang indah pun bisa menjadi resolusi yang baik untuk anda. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di kedokteran gigi membuat hampir semua masalah gigi dan mulut dapat ditangani dengan cepat dan lebih praktis untuk memenuhi harapan pasien memiliki gigi yang bersih, rapi, dan sehat. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perawatan dental apa saja yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan tampilan gigi yang lebih menawan.

Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan senyum yang menawan, salah satunya dengan perawatan dental. Perawatan dental yang akan dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan anda. Beberapa perawatan dental yang dapat dilakukan untuk mendapatkan gigi yang lebih menarik, antara lain:

-Dental Whitening

Dental whitening atau bleaching dilakukan untuk mendapatkan warna gigi yang lebih putih dan menarik. Prosedur ini dapat dilakukan dalam satu kali kunjungan ke dokter gigi dan dikenal juga sebagai in office bleaching. Lamanya perawatan dental whitening bervariasi, tergantung dari merk dental whitening yang digunakan, mulai dari 45 menit sampai 1 jam lebih. Perkembangan teknologi kedokteran gigi membuat durasi perawatan dental whitening cenderung lebih cepat dibandingkan dengan beberapa tahun silam, sehingga pasien bisa merasa lebih nyaman.

-Veneer

Veneer merupakan perawatan dental yang bertujuan untuk memperbaiki tampilan gigi dengan melapisi bagian depan gigi dengan suatu material. Veneer dibedakan menjadi 2 macam yaitu, direct veneer dan indirect veneer. Prosedur veneer dapat disertai dengan mengurangi sedikit permukaan gigi (preparasi), atau tanpa preparasi, tergantung indikasi. Perawatan direct veneer dapat dikerjakan dalam satu kali kunjungan, namun indirect veneer biasanya dikerjakan dalam beberapa kali kunjungan.

-Dental Crown

Perawatan dental ini ditujukan untuk kondisi di mana mahkota gigi telah mengalami kerusakan yang cukup parah, misalnya karena karies atau patah. Ada beberapa macam dental crown yang bisa anda pilih, anda bisa mendiskusikannya dengan dokter gigi anda dan disesuaikan dengan kondisi gigi anda.

-Gigi Tiruan

Gigi Tiruan perlu dibuat jika terdapat satu atau beberapa gigi yang sudah dicabut. Kehilangan gigi jika didiamkan terlalu lama akan menimbulkan beberapa masalah nantinya seperti, gigi sekitar area yang ompong bergeser dan menjadi miring, gigi antagonis ekstrusi, perubahan pola pengunyahan yang akhirnya memberikan dampak buruk pada sendi rahang, serta berkurangnya kepercayaan diri karena kondisi gigi yang ompong.

-Dental Implant

Dental Implant dapat menjadi solusi untuk beberapa kasus kehilangan satu gigi atau lebih, bahkan pada kondisi pasien yang sudah tidak memiliki gigi. Dental implant sendiri merupakan prosedur untuk menggantikan fungsi akar gigi, sehingga kekuatan, ketahanan, dan fungsinya seperti gigi asli.

-Perawatan Orthodonti

Berbeda dengan perawatan dental yang sudah disebutkan di atas, perawatan ortodonti bukanlah perawatan yang instan, namun dibutuhkan waktu beberapa bulan hingga tahun untuk mencapai lengkung ideal gigi dan susunan gigi yang rapi. Perawatan ortodonti akan memberikan hasil yang baik jika anda rutin melakukan kontrol sesuai jadwal kontrol.

-Perawatan Periodontal

Perawatan periodontal yang dimaksud adalah perawatan pada jaringan pendukung gigi untuk meningkatkan penampilan anda misalnya, gingivektomi atau pemotongan sebagian gusi yang menutupi sebagian mahkota gigi. Ada juga prosedur bedah periodontal untuk mengatasi permasalahan gummy smile agar tampilan senyum anda lebih menarik.


Tentunya masih ada beberapa perawatan dental lainnya yang bisa anda lakukan untuk memiliki gigi dan senyum yang lebih baik. Lakukanlah perawatan dental rutin setidaknya setiap 6 bulan sekali untuk memastikan kesehatan gigi dan mulut anda. Wujudkan impian anda memiliki gigi bersih dan sehat, serta senyuman yang lebih menawan di tahun yang baru dengan perawatan dental terbaik untuk keluarga di BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center siap melayani anda dengan dokter gigi profesional terbaik di bidangnya. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center merupakan klinik gigi terpercaya di dekat Kuta dan tidak jauh dari bandara. Jangan sampai masalah gigi merusak liburan anda di Bali, jika anda sedang menikmati pemandangan Ubud yang asri dan tanpa diduga memerlukan dokter gigi, jarak dari Ubud menuju BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center kurang lebih 35 km. Percayakan perawatan gigi anda pada dokter gigi di klinik gigi terbaik di Bali pilihan anda. Selamat tahun baru 2022, semoga 2022 menjadi tahun yang lebih baik untuk kita semua.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161

REFERENSI:

American Dental Association (2019). Oral health Topics.

https://www.yourdentistryguide.com/smile-makeover/

Patil R.: 2002 Esthetic Dentistry; An Artist’s Science. 1st ed. Mumbai, PR Publication, 

Baiju CS, Khashu H, Garg A. 2010. Smile design-periodontal out look of basics. JOHCD;4;1-3