Apa Itu Dentures dan Apa Saja Produk Dentures Dari BIA Dental Center?

Article | 2019-10-05 14:17:44

Home » Articles » Apa Itu Dentures dan Apa Saja Produk Dentures Dari BIA Dental Center?

Apa itu Denture?


Denture atau juga dikenal sebagai gigi tiruan lepasan, adalah alat buatan yang dibangun untuk menggantikan gigi yang hilang, dan didukung oleh jaringan lunak dan keras di sekitar rongga mulut. Ada banyak desain gigi tiruan, beberapa yang bergantung pada tumpuan gigi, ada juga yang bergantung pada implan gigi.
Ada dua kategori Gigi tiruan lepasan, yang pertama adalah gigi tiruan berupa Full Denture atau gigi tiruan penuh, dan yang kedua adalah Partial Denture atau gigi tiruan sebagian. Gigi tiruan penuh digunakan ketika semua gigi hilang, sedangkan gigi tiruan sebagian digunakan ketika hanya beberapa gigi yang hilang.


Apa manfaat yang didapat melalui Denture atau gigi tiruan ?

  • Kemampuan mastikasi atau mengunyah menjadi meningkat karena gigi tiruan mengganti daerah edentulous atau gigi yang hilang.
  • Estetika , karena kehadiran gigi memberikan penampilan alami pada wajah, dengan mengenakan gigi palsu untuk menggantikan gigi yang hilang dapat memberikan dukungan untuk bibir dan pipi sehingga dapat memperbaiki penampilan yang runtuh yang sebelumnya diakibatkan oleh hilangnya gigi.
  • Pengucapan , karena mengganti gigi yang hilang, terutama anterior, memungkinkan pasien untuk berbicara lebih baik. Ada peningkatan khusus dalam mengucapkan kata-kata yang mengandung sibilants atau fricative.
  • Harga diri , karena penampilan dan bicara yang ditingkatkan dapat meningkatkan kepercayaan pada kemampuan untuk berinteraksi secara sosial.


Apa Saja Produk Denture Dari BIA Dental Center?

Partial Denture, Acrylic Frame - Jenis akrilik merupakan jenis yang paling umum dan paling tua dengan bahan terbuat dari plat akrilik sehingga jenis ini umumnya tebal. Selain itu, akrilik menggunakan kawat yang dipasang di gigi lain sebagai penyangga.




Partial Denture, Metal Frame - Jenis kerangka logam hampir sama dengan akrilik karena sama-sama menggunakan kawat yang diterapkan pada gigi lain. Yang membedakannya ialah jenis ini lebih tipis karena terbuat dari logam.



Valplast - Jenis Nylon Thermoplastic dengan bahan lebih tipis dan translucen dari pada gigi palsu jenis lainnya. Pasien biasanya lebih menyukai jenis valplast karena nyaman, bebas metal/logam dan bebas kawat.




Add 1 Tooth or more in Partial/ Full Denture - Dental treatment dimana jika pasien sudah memiliki gigi palsu namun dalam keadaan tertentu diharuskan untuk penambahan 1 atau lebih gigi pada gigi tiruan lepas yang lama.



Full Denture, Acrylic teeth (Upper or Lower) - Full Denture terdiri dari set atas dan bawah, dan terutama digunakan ketika semua gigi alami hilang. Gigi palsu penuh dilepas dan duduk di atas gusi.



Immediate Denture - Immediate Denture ditempatkan langsung setelah pencabutan gigi. Dokter gigi Anda akan melakukan pengukuran dan model gigi Anda terlebih dahulu sehingga gigi palsu siap untuk Anda pakai saat rahang Anda pulih.




Implant supported dentures (Overdenture) - Dengan gigi tiruan yang didukung implan, implan gigi digunakan untuk menopang gigi palsu dengan aman. Gigi tiruan memberikan banyak dukungan untuk fondasi yang kokoh, yang memungkinkan gigi tiruan untuk tetap aman di tempatnya. Implan gigi juga terlihat alami dan akan bertahan lama juga.




Overdenture berada di atas gusi dan ditahan dengan implan gigi. Itu dapat ditempatkan di rahang atas dan atau bawah, tergantung pada kebutuhan pasien. Overdenture juga bisa dilepas.



Team Dokter BIA Dental Center


Tim dokter gigi yang sangat mahir yang merupakan lulusan dari Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan sertifikasi Implant dari Universitas Harvard, sertifikasi Aesthetic dari universitas New York (NYU), serta program seminar lainnya di berbagai macam Negara. Hal tersebut bertujuan agar kami tim BIA Dental Center selalu memberikan pelayanan yang terbaik dengan memberikan perawatan gigi berkualitas tinggi untuk pasien dari pemeriksaan sederhana hingga prosedur spesialis yang kompleks.

Wujudkan senyum indah anda dengan mengunjungi klinik kami di Bali Implant Aesthetic (BIA) Dental Center — Jl. Sunset Road №86A, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361.


Kami melayani konsultasi secara gratis kepada anda. Untuk tahu lebih lengkap mengenai Bali Implant Aesthetic (BIA) Dental Center, silahkan kunjungi website kami di biadentalcenter.com