All on 4 Dental Implant, Pasang Semua Gigi Hanya dengan 4 Implant

Article | 2022-04-16 02:21:59

Home » Articles » All on 4 Dental Implant, Pasang Semua Gigi Hanya dengan 4 Implant

All on 4 Dental Implant,

Pasang Semua Gigi Hanya dengan 4 Implant




Dental Implant merupakan salah satu perawatan gigi yang bertujuan untuk mengganti gigi yang sudah hilang. Perawatan dental implant dapat dilakukan pada kasus kehilangan satu gigi atau banyak gigi. Lalu pertanyaannya, apakah perlu memasang 32 implan jika kehilangan semua gigi? Jawabannya tidak. All on 4 Dental Implant menjadi solusi untuk permasalahan pada kasus kehilangan banyak gigi. Apa itu All on 4 Dental Implant? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai All On 4 Dental Implant.

Prosedur All on 4 Dental Implant adalah konsep perawatan yang menggunakan 4 maksimal implan untuk mendukung daerah tak bergigi (edentulus) menerima gigi tiruan lengkap. Perawatan ini memungkinkan pemasangan gigi tiruan lengkap pada kasus kehilangan semua gigi. Berbagai penelitian telah menunjukkan keberhasilan perawatan ini baik jangka pendek maupun jangka panjang hingga mencapai 98%. Di masa lalu, mengganti seluruh rangkaian gigi biasanya memerlukan lebih banyak implan, bisa termasuk pencangkokan tulang rahang, dan akan membutuhkan sekitar 6 bulan penyembuhan sebelum mulut anda siap untuk mahkota atau gigi palsu. Dengan pendekatan “All On”, penyembuhannya akan membutuhkan waktu yang lebih singkat karena ada sedikit implan, dan gigi palsu sementara biasanya dapat dipasang bersamaan dengan gigi tiruan permanen anda siap (biasanya dalam 3 bulan). Perawatan ini terbagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap 1 dan tahap 2. Tahap 1 terdiri dari konsultasi, pemeriksaan penunjang, pemasangan implan gigi dan bone graft, dan pemasangan gigi tiruan sementara. Tahap 2 terdiri dari pencetakan gigi, pengukuran galangan gigit, try in frame works, dan pemasangan. Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan ini, anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi yang merawat anda. Perawatan dental implant hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut, periodontist, prosthodontist, dan dokter gigi yang sudah tersertifikasi dental implant.

Setelah berkonsultasi beberapa pemeriksaan penunjang dapat dilakukan jika diperlukan, misalnya pemeriksaan rontgen gigi. Hal ini akan memudahkan dokter gigi yang merawat untuk menganalisis dan menentukan rencana perawatan yang tepat untuk anda. Prosedur All on 4 dilakukan dengan memasang 2 unit di bagian anterior sejajar sumbu aksial gigi dan 2 unit  bagian posterior dipasang miring ke arah distal posterior. Pada kebanyakan kasus edentulous totalis (kehilangan semua gigi), biasanya ketinggian tulang penyangga gigi (tulang alveolar) sudah mengalami atrofi. Kondisi tulang alveolar yang rendah ini mengharuskan dokter gigi melakukan prosedur cangkok tulang (bone graft) untuk menambah tinggi tulang alveolar terutama di bagian posterior. Prosedur bone graft ini akan sedikit memakan waktu sampai jaringan penyembuhan sempurna untuk dilanjutkan ke tahap 2, biasanya 3 bulan setelah tahap 1 selesai dilakukan.

Gigi palsu permanen mengambil beberapa bentuk tergantung pada preferensi pasien. Ada pilihan yang bisa dilepas untuk pembersihan (overdenture) dan yang melekat secara permanen pada implan (fixed). Apapun yang nantinya pasien pilih akan tergantung pada preferensi dan gaya hidup mereka. Pastikan untuk mendiskusikan pilihan anda dengan dokter gigi pilihan anda sebelum melangkah ke dalam perawatan ini. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap dan dokter gigi - dokter gigi terpercaya di bidangnya, khususnya dental implant. Dengan pemeriksaan awal yang baik dan konsultasi dengan dokter gigi yang berkompeten untuk perawatan dental implant, perawatan ini dapat berjalan dengan baik. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center merupakan klinik gigi terpercaya di dekat Kuta dan tidak jauh dari bandara. Jangan sampai masalah gigi merusak liburan anda di Bali, jika anda sedang menikmati pemandangan Ubud yang asri dan tanpa diduga memerlukan dokter gigi, jarak dari Ubud menuju BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center kurang lebih 35 km. Percayakan perawatan gigi anda pada dokter gigi di klinik gigi terbaik di Bali pilihan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161

REFERENSI:

Harsono V, Prabowo H. Dental implant as an alternative treatment for single tooth loss rehabilitation. J Dentomaxillofac

Sci 2012;11(3):170.

Anandh B, Lokesh B, Ebenezer V, Jimson S, Parthiban J. All on four-the basics. Biomed Pharmacol J 2015;8SE:609-12.

Nur Inriany & Eri Hendra Jubhari: All-on-4 implant treatment: common difficulties and methods, Makassar Dental Journal 2021; 10(3): 218-222, p-ISSN:2089-8134, e-ISSN:2548-5830