Merapikan Gigi Anak dengan Teeth Trainer Sejak Dini

Article | 2022-05-11 03:14:18

Home » Articles » Merapikan Gigi Anak dengan Teeth Trainer Sejak Dini

Merapikan Gigi Anak dengan

Teeth Trainer Sejak Dini




Menyiapkan gigi permanen anak untuk mencapai lengkung ideal agar posisi gigi-gigi dalam posisi yang baik amatlah penting. Usia 6 tahun adalah usia di mana gigi permanen pertama anak erupsi dan sebagian menggantikan gigi susu. Periode ini disebut periode gigi bercampur dan merupakan waktu yang baik dalam memperkenalkan anak kepada alat ortodontik. Contoh alat ortodontik yang ditujukan pada periode gigi bercampur adalah Pre-Orthodontic Trainer atau Teeth Trainer. Teeth trainer sebenarnya ditujukan untuk membantu mengarahkan gigi permanen yang sementara erupsi agar erupsi pada posisi yang benar dalam lengkung rahang.

Teeth Trainer ini dapat meratakan susunan gigi dan rahang dengan tekanan ringan dengan cara memperbaiki posisi lidah, memperbaiki kebiasaan penelanan, menghalangi bernafas lewat mulut, memperbaiki perkembangan wajah. Ada dua tipe teeth trainer berdasarkan fungsinya. Yang pertama adalah teeth trainer biru yang lembut, teeth trainer jenis ini ditujukan untuk membantu menghilangkan masalah fungsi otot (myofungsional). Sedangkan teeth trainer merah muda yang lebih keras merupakan teeth trainer yang dipakai di tahap kedua perawatan, Fungsi teeth trainer di tahap kedua ini adalah untuk memperbaiki kesejajaran gigi.

Penggunaan teeth trainer biru dan merah muda untuk tiap tahapnya berbeda yaitu, teeth trainer lembut (biru) digunakan minimal 1 jam sehari, dan pemakaian semalaman saat tidur selama 6 bulan. Durasi pemakaian teeth trainer keras (merah muda) di tahap kedua perawatan teeth trainer adalah minimal 1 jam sehari, ditambah pemakaian semalaman saat tidur selama 6 - 12 bulan. Di awal perawatan (setelah konsultasi awal) dokter gigi akan menunjukkan cara pemakaian teeth trainer kepada pasien. Saat meletakkan teeth trainer dalam mulut, pasien akan diinstruksikan untuk mengangkat lidah ke atas, kemudian mulut tertutup rapat, dan pasien diminta untuk bernapas normal melalui hidung. Trainer tidak boleh digigit atau dikunyah, untuk itu pengawasan dari orang tua sangat penting agar perawatan dapat berjalan dengan baik. Pemakaian teeth trainer di malam hari sangatlah penting karena merupakan durasi pemakaian terpanjang dalam sehari, diharapkan orang tua membantu anak untuk terbiasa memakai teeth trainer, terutama di malam hari. Pemakaian yang benar sesuai dengan anjuran dokter gigi yang merawat akan membuat perawatan ini mencapai hasil yang diinginkan. Selain itu, pengawasan dari orang tua dan pembiasaan penggunaan teeth trainer di rumah akan mendukung keberhasilan perawatan ini.

Perawatan pre-ortodontik dengan teeth trainer sangat penting untuk mencapai lengkung gigi ideal yang baik. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi terbaik pilihan anda agar kesehatan gigi dan mulut anda sekeluarga terjamin. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap dan terbaik, dengan dokter gigi terpercaya di bidangnya, termasuk orthodontist. Dengan melakukan konsultasi dengan dokter gigi sebelum perawatan dental, anda dapat menentukan perawatan dental terbaik untuk anda tanpa perlu merasa cemas. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center merupakan klinik gigi terpercaya di dekat Kuta dan tidak jauh dari bandara. Jangan sampai masalah gigi merusak liburan anda di Bali, jika anda sedang menikmati pemandangan Ubud yang asri dan tanpa diduga memerlukan dokter gigi, jarak dari Ubud menuju BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center kurang lebih 35 km. Percayakan perawatan gigi anda pada dokter gigi di klinik gigi terbaik di Bali pilihan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161

REFERENSI:

https://myoresearch.com/en-au/appliances/trainer/trainer-for-kids

https://www.alomedika.com/komunitas/topic/apakah-penggunaan-teeth-trainer-efektif

Ortho-Trainer KIds, Leaflet of BIA Dental Center 2022