Perawatan Saluran Akar, Rawat Sekarang Sebelum Terlambat

Article | 2022-05-11 03:16:20

Home » Articles » Perawatan Saluran Akar, Rawat Sekarang Sebelum Terlambat

Perawatan Saluran Akar,

Rawat Sekarang Sebelum Terlambat




Disadari atau tidak, kebanyakan orang selalu menunda merawat giginya sekalipun sudah menyadari adanya lubang pada giginya. Padahal jika didiamkan begitu saja, lubang gigi dapat bertambah besar, bertambah dalam, dan menjadi lebih parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa sakit yang timbul saat gigi berlubang dapat disebabkan karena pulpa gigi terekspos. Pulpa merupakan lapisan gigi yang paling dalam yang mengandung saraf dan pembuluh darah. Jika lubang gigi sudah mencapai lapisan pulpa, dapat dipastikan seseorang akan merasakan sakit yang teramat sangat dan kemungkinan berkembang menjadi infeksi bakteri yang sangat menyiksa penderitanya. Jika sudah terjadi, salah satu perawatan dental yang dapat anda pilih adalah perawatan saluran akar. Apa itu perawatan saluran akar? Berapa lama pengerjaannya? Apakah ada perawatan lanjutan setelah perawatan ini? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perawatan saluran akar untuk ‘menyelamatkan’ gigi anda dari pencabutan atau penyakit yang lebih serius.

Banyak dari masyarakat di Indonesia masih salah mengira bahwa perawatan saluran akar adalah perawatan saraf, nyatanya perawatan saluran akar gigi adalah adalah prosedur yang bertujuan untuk mengatasi kerusakan pada pulpa gigi, serta mengobati infeksi dan pembusukan pada daerah tersebut. Pada saat pulpa gigi beserta jaringan sarafnya rusak, kerusakan tersebut dapat dimanfaatkan oleh bakteri untuk berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Infeksi ini akan berlanjut dan akan menimbulkan abses yang dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi, pipi, leher, keluarnya nanah di area infeksi atau sekitar area infeksi, gangguan pada tulang pendukung di sekitar gigi yang terinfeksi, dan tentunya rasa sakit yang sangat mengganggu. Jadi, sesungguhnya perawatan saluran akar bukanlah perawatan saraf pada pulpa gigi, pada praktiknya, perawatan saluran akar dilakukan dengan membuang jaringan di dalam rongga pulpa dan sepanjang saluran akar, kemudian membersihkannya sehingga terbebas dari bakteri penyebab infeksi pada gigi. Setelah itu saluran akar gigi akan dipreparasi untuk diisi dengan bahan pengisi saluran akar, kemudian ditutup dengan semen gigi, dan dilanjutkan dengan penambalan gigi atau pembuatan mahkota gigi jika diperlukan.

Perawatan saluran akar dilakukan dalam 1 sampai 4 kali kunjungan ke dokter gigi, ini tergantung dari tingkat keparahan kasus pada gigi yang akan dirawat. Perawatan saluran akar gigi sendiri biasanya disertai dengan penambalan dan atau pembuatan mahkota gigi. Durasi perawatan dapat bervariasi tergantung tingkat kesulitan pada gigi yang dirawat, biasanya untuk perawatan saluran akar dan penambalan gigi durasinya 3 sampai 7 hari. Sedangkan perawatan saluran akar dan pembuatan mahkota gigi durasinya 3 sampai 10 hari. Setelah perawatan selesai dilakukan, pasien mungkin akan mengeluhkan rasa sakit pada gigi yang dirawat, hal ini adalah hal yang normal, dokter gigi biasanya akan menyarankan anda untuk meminum obat pereda nyeri (analgesik). Setelah perawatan tuntas, pasien disarankan untuk menggunakan gigi yang dirawat untuk mengunyah dengan pelan, dan 3 bulan setelahnya, pasien disarankan untuk melakukan kontrol rutin dengan membawa hasil rontgen untuk melihat kondisi saluran akar gigi. 3 - 6 bulan setelah perawatan saluran akar dan penambalan gigi atau pembuatan mahkota gigi, pasien disarankan untuk melakukan kontrol rutin untuk melihat kondisi klinis dari gigi yang dirawat.

Lakukanlah pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, jika ada masalah gigi dan mulut, selalu konsultasikan dengan dokter gigi terbaik kepercayaan anda dan keluarga. BIA (Bali Implant Aesthetic) hadir dengan fasilitas lengkap, termasuk rontgen gigi untuk membantu dokter gigi dalam menegakkan diagnosis dan menentukan rencana perawatan terbaik untuk anda. Dokter gigi - dokter gigi terpercaya di BIA (Bali Implant Aesthetic) siap memberikan pelayanan terbaik di bidangnya masing-masing seperti, dental implant, endodontik, periodontik, ortodontik, bedah mulut, dan perawatan dental lainnya. Dengan melakukan konsultasi dengan dokter gigi sebelum perawatan dental, anda dapat menentukan perawatan dental terbaik untuk anda tanpa perlu merasa cemas. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center merupakan klinik gigi terpercaya di dekat Kuta dan tidak jauh dari bandara. Jangan sampai masalah gigi merusak liburan anda di Bali, jika anda sedang menikmati pemandangan Ubud yang asri dan tanpa diduga memerlukan dokter gigi, jarak dari Ubud menuju BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center kurang lebih 35 km. Percayakan perawatan gigi anda pada dokter gigi di klinik gigi terbaik di Bali pilihan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161

REFERENSI:

American Association of Endodontists (2017). Treatments and Procedures. Root Canals Explained.

NHS Choices UK (2016). Root Canal Treatment.

WebMD (2017). Oral Care. Dental Health and Root Canals.

Leaflet of BIA Dental Center (2022).Root Canal Treatment.