Merapikan Gigi Tanpa Ganggu Penampilan dengan Clear Aligner

Article | 2022-05-24 04:48:12

Home » Articles » Merapikan Gigi Tanpa Ganggu Penampilan dengan Clear Aligner

Merapikan Gigi Tanpa Ganggu Penampilan

dengan Clear Aligner





Memiliki senyuman yang indah dengan gigi yang rapi dan sehat menjadi dambaan setiap orang karena dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat orang semakin menarik. Sayangnya, tidak semua orang terlahir dengan susunan gigi yang rapi, kebanyakan pasti memiliki setidaknya 1 atau 2 gigi yang posisinya kurang rapi. Susunan gigi yang kurang rapi, baik kasus gigi berjejal berat, sedang, ataupun ringan, dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Perawatan dental yang dapat dilakukan untuk merapikan posisi gigi adalah perawatan ortodontik, misalnya behel. Namun kenyataannya, beberapa orang tidak mau menggunakan behel karena beberapa alasan seperti, peraturan perusahaan tempat bekerja, rasa tidak nyaman menggunakan behel, atau tampilan senyum yang terganggu karena behel. Clear Aligner mungkin jadi pilihan terbaik bagi anda yang ingin merapikan gigi tanpa behel. Apa itu clear aligner? Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai clear aligner.

Penggunaan behel konvensional bagi sebagian orang di Asia mungkin terkesan lebih keren dan membuat penampilan atau senyuman terlihat lebih menarik. Sayangnya, sebagian orang juga menganggap penggunaan behel konvensional kurang praktis karena harus rutin melakukan kontrol untuk ganti karet, ganti kawat, dan lain sebagainya sebulan sekali. Selain itu behel konvensional sering dikeluhkan karena menimbulkan rasa yang kurang nyaman dan kerap menimbulkan gesekan dengan jaringan lunak dalam mulut sehingga sering timbul sariawan (stomatitis). Selain alasan-alasan tersebut, alasan yang mungkin membuat sebagian orang enggan memilih perawatan ortodontik dengan behel konvensional karena aturan di institusi tempat mereka bekerja. Lalu, apa solusi terbaik yang dapat dipilih untuk merapikan gigi selain behel konvensional? Clear aligner bisa jadi pilihan terbaik untuk itu.

Clear aligner adalah perangkat ortodontik berupa plastik transparan yang dipasangkan ke gigi atas dan bawah untuk merapikan posisi gigi ke lengkung ideal rahang atas dan bawah. Clear aligner termasuk salah satu metode merapikan gigi yang paling low maintenance alias mudah dilakukan, sehingga banyak diminati oleh anak muda yang lebih menyukai hal yang praktis. Clear aligner terbuat dari plastik transparan medical-grade dan BPA (Bisphenol A)-free, sehingga mudah dilepas pasang dan dapat dibersihkan hanya menggunakan air. Jika membandingkan mana yang lebih baik, tentunya behel dan aligner tidak bisa dibandingkan karena indikasi penggunaannya sedikit berbeda. Behel ditujukan untuk merapikan gigi-gigi yang berjejal dengan kasus ringan sampai berat, sedangkan aligner ditujukan hanya sebatas untuk merapikan gigi-gigi berjejal atau berjarak dengan kasus ringan. Behel memerlukan kontrol yang rutin dengan mengganti karet ataupun kawat setiap bulan, namun aligner memerlukan ketelatenan dan kedisiplinan penggunanya untuk memakai aligner dalam jangka waktu tertentu dan mengganti aligner ke aligner berikutnya dalam waktu rata-rata 2 minggu.

Diskusikan perawatan ortodontik dengan dokter gigi kepercayaan anda, pemeriksaan awal sebelum menentukan jenis perawatan ortodontik sangat disarankan agar mendapatkan perawatan ortodontik terbaik sesuai kebutuhan anda. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap dan dokter gigi - dokter gigi terpercaya di bidangnya, termasuk ortodontis. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center merupakan klinik gigi terpercaya di dekat Kuta dan tidak jauh dari bandara. Jangan sampai masalah gigi merusak liburan anda di Bali, jika anda sedang menikmati pemandangan Ubud yang asri dan tanpa diduga memerlukan dokter gigi, jarak dari Ubud menuju BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center kurang lebih 35 km. Percayakan perawatan gigi anda pada dokter gigi di klinik gigi terbaik di Bali pilihan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161


REFERENSI:

https://mediaindonesia.com/humaniora/423895/metode-clear-aligner-dapat-ratakan-gigi-dengan-perawatan-mudah-di-rumah

Oral Health Foundation. 2020. Different Types Of Braces. <https://www.dentalhealth.org/safebrace-different-types-of-braces> (diakses: 7 Mei 2022).

Rosini, et al. (2014). Periodontal health during clear aligners treatment: a systematic review. European Journal of Orthodontics, 37 (5), 539–543.