Dental Mikroskop untuk Perawatan Dental, Pentingkah?

Article | 2022-05-24 04:49:17

Home » Articles » Dental Mikroskop untuk Perawatan Dental, Pentingkah?

Dental Mikroskop untuk Perawatan Dental, Pentingkah?




Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu pesat di era digital ini, tidak terkecuali di bidang kedokteran gigi. Teknologi di bidang ini berkembang menjadi lebih baik dari tahun ke tahun untuk menghasilkan perawatan dental terbaik bagi banyak orang. Salah satunya Mikroskop Dental. Ya, anda tidak salah baca; Mikroskop Dental. Salah satu alat yang kini semakin banyak digunakan oleh dokter gigi terkemuka di banyak negara, termasuk Indonesia. Pertanyaannya, seberapa penting penggunaan mikroskop dental ini dalam kedokteran gigi? Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai manfaat penggunaan mikroskop dental dalam perawatan dental oleh dokter gigi.

Mikroskop dental adalah instrumen penting yang digunakan dalam prosedur perawatan dan pembedahan gigi, yang memungkinkan proses screening, pengobatan, dan pemeliharaan struktur gigi dan jaringan mulut lebih optimal, serta prosedur invasif minimal. Mikroskop dental disebut juga dengan mikroskop operasi gigi atau dental operating microscopes (DOM). Dalam sebuah artikel ilmiah yang ditulis oleh Bud dkk, dijelaskan bahwa dokter gigi sudah mulai mempertimbangkan untuk menggunakan pembesaran sejak tahun 1970-an. Saat ini penggunaan mikroskop gigi untuk mendukung perawatan gigi di klinik gigi sudah mulai meningkat karena memberikan banyak keuntungan dan tentunya hasil perawatan gigi yang lebih optimal serta lebih baik dibandingkan tidak menggunakan mikroskop gigi.

Pemanfaatan mikroskop dental di klinik gigi untuk beberapa perawatan dental yang paling umum antara lain, perawatan saluran akar (endodontik) dan  penambalan gigi (restorasi gigi). Penggunaan mikroskop di kedokteran gigi mulai banyak diminati oleh dokter gigi karena memiliki beberapa keunggulan antara lain dalam hal pembesaran yang optimal, pencahayaan (iluminasi), dan dokumentasi. Saat ini kebanyakan mikroskop dental sudah dilengkapi dengan piranti tambahan seperti kamera yang dapat digunakan sebagai dokumentasi selama prosedur perawatan dental berlangsung baik berupa foto maupun video. Dokumentasi ini akan meningkatkan pemahaman pasien mengenai perawatan gigi yang dilakukan, sehingga manfaat penggunaan mikroskop dental akan dirasa semakin optimal. Selain itu, manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh dokter gigi adalah posisi kerja dokter gigi yang ergonomis. Keluhan utama sebagian besar dokter gigi adalah nyeri muskuloskeletal, contohnya low back pain. Sebagian besar para dokter gigi yang menggunakan mikroskop mengakui adanya penurunan kelelahan mata, psikologis, dan nyeri muskuloskeletal (MSD) secara drastis. Hal ini dikarenakan semakin membesarnya citra bidang operasi, peningkatan intensitas pencahayaan, posisi ergonomis selama bekerja, dan kepastian pengendalian prosedur yang dilakukan. Semua ini sangat bermanfaat bagi kualitas hidup dokter gigi.

Periksakan kesehatan gigi dan mulut anda setidaknya setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi terbaik kepercayaan anda. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap dan dokter gigi terpercaya di bidangnya, termasuk bidang endodontik. Fasilitas pendukung yang cukup lengkap dan terkini termasuk mikroskop dental yang tentunya akan menjamin hasil perawatan yang optimal untuk anda. Penggunaan mikroskop dental dalam perawatan kedokteran gigi terbukti mampu meningkatkan kualitas hasil perawatan gigi dan meningkatkan kenyamanan dokter gigi selama prosedur perawatan gigi berlangsung. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center merupakan klinik gigi terpercaya di dekat Kuta dan tidak jauh dari bandara. Jangan sampai masalah gigi merusak liburan anda di Bali, jika anda sedang menikmati pemandangan Ubud yang asri dan tanpa diduga memerlukan dokter gigi, jarak dari Ubud menuju BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center kurang lebih 35 km. Percayakan perawatan gigi anda pada dokter gigi di klinik gigi terbaik di Bali pilihan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161

American Association of Endodontists. https://www.aae.org/specialty/clinical-resources/microscopes-in-endodontics/. [Diakses pada 13 Mei 2022].

PubMed. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7880065/. [Diakses pada 15 Mei 2022].

PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26538885/. [Diakses pada 15 Mei 2022].

PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15038640/. [Diakses pada 15 Mei 2022].

Semantics Scholar. https://www.semanticscholar.org/paper/A-study-on-the-ergonomicAl-working-modAlities-using-Didilescu-Comes/e78a4adbc27d2432971629ab4e1175d44ce81254. [Diakses pada 19 Mei 2022].