Seberapa Pentingkah Obat-obatan Pasca Operasi Gigi?

Article | 2022-06-02 07:14:15

Home » Articles » Seberapa Pentingkah Obat-obatan Pasca Operasi Gigi?

Seberapa Pentingkah Obat-obatan

Pasca Operasi Gigi?




Gigi bungsu kerap menimbulkan masalah bagi sebagian besar orang, dari mukosa pipi tergigit, menimbulkan rasa sakit, hingga meningkatkan potensi terjadinya gigi berlubang. Karena sering menimbulkan masalah, gigi bungsu yang erupsi dalam posisi yang kurang baik biasanya disarankan untuk segera dicabut melalui proses operasi gigi bungsu. Operasi gigi bungsu dalam kedokteran gigi disebut Odontektomi, operasi ini bertujuan mencabut gigi bungsu yang miring, dalam posisi tidak normal, atau mengalami masalah erupsi (bisa erupsi sebagian atau tidak erupsi sama sekali) agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius di masa depan. Dokter gigi akan meresepkan beberapa obat setelah prosedur odontektomi dilakukan untuk pemulihan pasca operasi gigi. Seberapa pentingkah pemberian obat-obatan pasca operasi gigi? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pentingnya obat-obatan yang diberikan dokter gigi pasca operasi gigi dilakukan selama proses penyembuhan.

Odontektomi merupakan prosedur pencabutan gigi yang mengalami impaksi. Prosedur Odontektomi berbeda dengan pencabutan gigi biasa. Umumnya odontektomi dilakukan dengan membuat sayatan (flap) untuk akses pencabutan gigi, terkadang prosedur odontektomi juga disertai dengan pengurangan tulang untuk memudahkan proses pencabutan gigi bungsu yang terpendam. Proses operasi gigi ini diakhiri dengan menjahit area operasi agar dapat pulih dan menutup dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pasca operasi gigi dilakukan untuk proses penyembuhan yang baik antara lain;

- Hindari menyikat gigi pada bagian gigi yang baru saja dioperasi.

  • - Hindari berkumur terlalu keras dalam kurun waktu 24 jam.

  • - Hindari meludah terlalu kencang.

  • - Hindari mencolek/meraba area bekas cabut gigi dengan lidah atau tangan.

  • - Hindari minum minuman panas dan beralkohol.

  • - Hindari makan makanan yang keras, panas, dan pedas.

  • - Hindari makanan yang keras untuk dikunyah, panas, dan pedas.

  • - Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat selama 3-4 hari setelah cabut gigi. - - Aktivitas fisik yang terlalu berat dapat meningkatkan perdarahan, pembengkakan, dan rasa tidak nyaman di mulut.

  • - Jika Anda merokok, sebaiknya tidak merokok dulu dalam 72 jam setelah operasi atau selama mungkin sampai sembuh. Rokok dapat menghambat proses penyembuhan.

  • - Minumlah obat yang diresepkan dokter sesuai instruksi untuk mempercepat pemulihan pasca operasi gigi bungsu.


Medikasi merupakan salah satu hal terpenting pasca operasi gigi untuk menghindari komplikasi yang mungkin terjadi pasca operasi. Obat-obatan pasca operasi gigi bungsu yang biasa diberikan antara lain, antibiotik, anti-inflamasi, dan analgesik. Antibiotik merupakan obat antibakteri yang diberikan dengan tujuan menghindari infeksi bakteri. Perlukaan pada area operasi akan membuka jalan bagi bakteri dalam mulut untuk masuk ke area luka, pemberian antibiotik sangatlah penting untuk mengurangi risiko infeksi pasca operasi gigi bungsu. Antibiotik diminum sesuai instruksi dokter gigi atau apoteker (jika obat ditebus di apotek), konsumsi antibiotik secara rasional dapat menghindarkan anda dari resistensi bakteri terhadap antibiotik. Analgesik dapat diminum jika perlu, artinya, saat nyeri mulai dirasakan, anda dapat meminum analgesik sebagai pereda nyeri. Analgesik dapat diminum sesaat setelah operasi selesai dilakukan untuk menghindari nyeri muncul saat pengaruh anesthesia menurun. Jika nyeri yang tidak tertahankan muncul dan tidak mereda dengan analgesik yang diberikan, segera hubungi dokter gigi. Anti-inflamasi diberikan setelah operasi untuk meredakan bengkak yang dapat terjadi pasca operasi. Selain itu, pemberian vitamin dan suplemen terkadang dilakukan untuk membantu pemulihan pasca operasi, vitamin yang biasanya diberikan adalah vitamin B12 untuk pemulihan dan regenerasi jaringan, dan atau vitamin C untuk daya tahan tubuh.

Obat-obatan pasca operasi gigi bungsu ataupun pasca pencabutan gigi berperan penting dalam pemulihan dan penyembuhan luka pasca operasi. Konsumsi obat sesuai anjuran dokter gigi secara rasional dapat menghindarkan anda dari risiko komplikasi yang dapat muncul pasca operasi gigi. Periksakan kesehatan gigi dan mulut anda setidaknya setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi terbaik kepercayaan anda. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap dan dokter gigi terpercaya di bidangnya, termasuk bedah mulut. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center merupakan klinik gigi terpercaya di dekat Kuta dan tidak jauh dari bandara. Jangan sampai masalah gigi merusak liburan anda di Bali, jika anda sedang menikmati pemandangan Ubud yang asri dan tanpa diduga memerlukan dokter gigi, jarak dari Ubud menuju BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center kurang lebih 35 km. Percayakan perawatan gigi anda pada dokter gigi di klinik gigi terbaik di Bali pilihan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161


REFERENSI:

American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons. Wisdom teeth. Diunduh dari: Anonymous. What Are Impacted Wisdom Teeth: Types of Impactions. Animated-teeth.com. Diunduh dari http://www.animated_teeth.com/wisdom _teeth. (20 Mei 2022)

Salamon, M. (2017). Impacted Wisdom Teeth: Oral Surgery and Extraction. livescience.com. (21 Mei 2022)

Recovery Wisdom Teeth Removal. https://www.nhs.uk/conditions/wisdom-tooth-removal/recovery/ (23 Mei 2022)

Hupp, J.R.. Postoperative Management of Impacted Teeth: Dalam Contemporary Oral and Maxillofacial Surgery 5th eds. Peterson LJ, Ellis E, Hupp JR, Tucker MR. Mosby, India, 2008.