Endodontis - Si Penyelamat Gigi

Article | 2022-07-01 03:04:54

Home » Articles » Endodontis - Si Penyelamat Gigi

Endodontis

‘Si Penyelamat Gigi’




Hingga kini sebagian orang masih belum mengetahui spesialisasi di kedokteran gigi. Umumnya orang-orang cukup akrab dengan spesialis bedah mulut, ortodontis, atau dokter gigi spesialis anak. Bagaimana dengan endodontis? Perawatan apa saja yang dapat dilakukan oleh seorang endodontis? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai endodontis dan perawatan dental apa saja yang dapat ditanganinya.

Dokter spesialis konservasi gigi atau yang lebih sering disebut endodontis adalah dokter gigi spesialis yang berfokus pada perawatan gigi semaksimal mungkin sehingga gigi tidak perlu dicabut. Berdasarkan pengertiannya, konservasi gigi adalah cabang kedokteran gigi yang berfokus menjaga dan mempertahankan fungsi sekaligus estetika gigi. Untuk menjadi seorang endodontis, dokter gigi harus menempuh pendidikan dokter gigi spesialis konservasi gigi selama kurang lebih 2 - 2.5 tahun atau lebih. Secara garis besar, endodontis bertanggung jawab dalam perawatan saluran akar gigi, atau yang lebih sering dikenal ‘perawatan saraf gigi’ oleh masyarakat umum. Sebenarnya istilah ini sedikit keliru, karena pada perawatan saluran akar gigi yang dirawat adalah saluran akarnya, bukan sarafnya. Perawatan saluran akar sendiri biasanya dilakukan pada gigi yang sudah mati (non-vital), gigi dengan pulsa yang terekspos, gigi yang mengalami pulpitis irreversible, atau gigi dengan kondisi saraf non-vital sebagian.

Selain perawatan saluran akar beberapa perawatan dental khusus yang ditangani oleh endodontis antara lain, bedah endodontik, restorasi gigi direct dan indirect, mahkota jaket, veneer, dan dental whitening. Beberapa endodontis didukung dengan mikroskop dental saat melakukan perawatan untuk menghasilkan hasil perawatan yang optimal. Penggunaan mikroskop dental sangat membantu seorang endodontis terutama pada perawatan saluran akar. Mikroskop dental akan menghasilkan perbesaran yang optimal pada saluran akar yang ukurannya sangat kecil, sehingga kesalahan selama prosedur berlangsung dapat terminimalisir. Hasil yang optimal dan pengisian saluran akar yang hermetis dapat tercapai dengan bantuan mikroskop dental. Selain perawatan saluran akar, mikroskop dental juga digunakan untuk beberapa perawatan dental lainnya seperti restorasi. Mikroskop dental juga dapat digunakan untuk dokumentasi selama prosedur berlangsung, hal ini akan memudahkan dokter gigi mengevaluasi perawatan yang dilakukan, serta dapat meningkatkan pemahaman pasien mengenai perawatan dental yang dilakukan.

Endodontis merupakan spesialisasi dalam kedokteran gigi yang berfokus pada perawatan gigi sehingga gigi tidak perlu dicabut. Peran endodontis yang mempertahankan gigi ini membuatnya disebut sebagai ‘Si Penyelamat Gigi’ oleh sebagian orang. Endodontis akan memberikan rencana perawatan terbaik untuk mempertahankan keberadaan gigi dan mengembalikan fungsi serta estetik gigi. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap termasuk mikroskop dental, dengan dokter gigi terpercaya di bidangnya, termasuk endodontis. Dengan melakukan konsultasi dengan dokter gigi sebelum perawatan dental, anda dapat menentukan perawatan dental terbaik untuk anda tanpa perlu merasa cemas. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center merupakan klinik gigi terpercaya di dekat Kuta dan tidak jauh dari bandara. Jangan sampai masalah gigi merusak liburan anda di Bali, jika anda sedang menikmati pemandangan Ubud yang asri dan tanpa diduga memerlukan dokter gigi, jarak dari Ubud menuju BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center kurang lebih 35 km. Percayakan perawatan gigi anda pada dokter gigi di klinik gigi terbaik di Bali pilihan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161

REFERENSI:

FKG UGM

http://fkg.ugm.ac.id/study-program/department-of-conservative-dentistry.html

Webmd

https://www.webmd.com/oral-health/guide/dental-root-canals#1-1

Why See An Endodontist – American Association of Endodontists. (2021). https://www.aae.org/patients/why-see-an-endodontist/

What’s the difference between a dentist and an endodontist? – American Association of Endodontists. (2021). https://www.aae.org/patients/why-see-an-endodontist/whats-difference-dentist-endodontist/