Root Canal atau Dental Filling?

Article | 2020-01-23 11:40:42

Home » Articles » Root Canal atau Dental Filling?

Pada dasarnya, baik saluran akar dan tambalan digunakan untuk merawat gigi yang memiliki beberapa jenis kerusakan gigi atau rongga. Keduanya diperlukan jika Anda melihat salah satu dari gejala berikut ini, seperti:

• Nyeri konstan, berdenyut saat mengunyah atau menggigit
  • Sensitivitas terhadap makanan panas, dingin, dan bergula
  • Gigi Terkelupas Atau Retak
  • Perubahan Warna Gelap Pada Gigi

Perbedaan

Perbedaan antara saluran akar dan tambalan gigi terletak sepenuhnya pada seberapa jauh sebenarnya penyebaran kerusakan gigi. Rongga yang terbentuk oleh plak yang mengikis gigi kita biasanya dapat diperbaiki hanya dengan tambalan. Dalam kasus ini, saraf dan pembuluh darah di sekitar gigi tidak perlu lagi diperhatikan.

Namun, dalam beberapa kasus, kerusakan gigi dapat menyebar ke darah dan pasokan saraf gigi, melemahkannya ke titik di mana ia mungkin berisiko mati. Dalam kasus ini, saluran akar diperlukan dan sinar-X akan diambil untuk menentukan tingkat infeksi dan bentuk saluran akar pada gigi yang terinfeksi.

Selama pengisian, dokter gigi Anda akan membasmi bakteri di sekitar abses dan menggantinya dengan bahan komposit atau amalgam. Ini biasanya dapat dilakukan dalam satu pemeriksaan, tidak memerlukan perawatan lebih lanjut.

Saluran akar sedikit lebih intensif dan biasanya membutuhkan dua pemeriksaan untuk menyelesaikannya. Dokter gigi Anda akan mulai dengan membersihkan bakteri yang    membusuk di pulpa gigi Anda dan akan menggunakan pengisian sementara untuk memungkinkan gigi Anda mengendap. Setelah ini, gigi akan diperiksa selama kunjungan dan akan diberikan pengisian yang tepat. Kedua prosedur akan menyebabkan gigi terbebas dari bakteri.

Root Canal atau Dental Filling?

Tambalan gigi digunakan untuk gigi berlubang yang lebih kecil sedangkan terapi saluran akar mungkin diperlukan untuk gigi yang memiliki kerusakan lebih luas. Rongga yang tidak dirawat akan berkembang untuk menginfeksi pulpa, menciptakan kebutuhan untuk perawatan saluran akar untuk menyelamatkan gigi.

Sebenarnya, tidak ada pertanyaan tentang itu. Gigi yang sakit adalah masalah yang tidak bisa diabaikan. Jika satu atau lebih gigi terasa sakit dalam jangka waktu lama, Anda akan membutuhkan dokter gigi untuk menemukan solusinya.

Jangan ragu untuk menghubungi kami di BIA Dental Center jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang Root Canal.

Jln. Sunset Road NO. 86A Seminyak, Kuta, Badung, Bali, Indonesia 80361