Dental Implant + Gigi Tiruan, Kenapa Tidak?

Article | 2022-07-24 01:44:10

Home » Articles » Dental Implant + Gigi Tiruan, Kenapa Tidak?

Dental Implant + Gigi Tiruan, Kenapa Tidak?




           Kehilangan gigi baik karena gigi sudah dicabut atau karena kecelakaan dan beberapa sebab lain dapat mengganggu seseorang. Selain fungsi pengunyahan yang terganggu, beberapa gangguan lain bisa terjadi, seperti wajah tidak simetris, gangguan sendi rahang, relasi gigi atas dan gigi bawah yang tidak harmonis, sampai pada susunan gigi sekitar area yang kehilangan gigi bergeser. Beberapa perawatan prostetik bisa dilakukan seperti pembuatan gigi tiruan sebagian lepasan, pembuatan gigi tiruan cekat mahkota jembatan, sampai perawatan dental implant. Khusus perawatan dental implant dalam praktiknya dilakukan dengan menerapkan beberapa disiplin ilmu kedokteran gigi karena melibatkan tindakan pembedahan, jaringan pendukung gigi, serta prostetik, sehingga tindakan pemasangan dental implant hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut, periodontist, prosthodontist, dan dokter gigi tersertifikasi untuk dental implant.

Sayangnya, masih banyak orang yang salah kaprah mengenai dental implant, di mana kebanyakan orang berpikir bahwa dental implant ditujukan hanya untuk mengganti satu gigi yang hilang. Kenyataannya, dental implant selain bisa merawat kehilangan gigi tunggal, juga bisa untuk menggantikan beberapa gigi yang hilang, bahkan sekalipun pada kasus di mana pasien kehilangan semua giginya. Lho, kok bisa? Yuk, kita simak artikel ini untuk tahu peran dental implant dalam menggantikan gigi-gigi yang hilang.

          Dental implant merupakan prosedur penanaman akar gigi buatan ke dalam tulang rahang yang ditujukan untuk mengganti gigi yang telah hilang. Dental Implant akan menyatu dalam tulang rahang, akan berfungsi menggantikan akar gigi. Dental Implant dapat menstabilkan baik gigi tiruan lepasan maupun gigi tiruan cekat. Artinya, dental implant pada beberapa kasus tertentu tidak berdiri sendiri, tapi dapat dikombinasikan dengan gigi tiruan sebagai solusi untuk kasus kehilangan lebih dari satu gigi. Gigi tiruan cekat dukungan implan ada yang berupa restorasi implan gigi tunggal, fixed cemented prosthesis, fixed-detachable prosthesis, hybrid bridge fixed-detachable prosthesis.

    Gigi tiruan lepasan dukungan implan atau yang lebih dikenal dengan istilah overdenture merupakan jenis gigi tiruan yang banyak digunakan pada sistem dukungan implan. Berdasarkan dukungannya, overdenture dibedakan menjadi dua jenis, yaitu yang didukung oleh jaringan lunak dan implan atau gigi, dan yang murni didukung oleh implan. Overdenture adalah suatu gigi tiruan penuh atau sebagian lepasan yang menutupi dan bersandar pada satu atau lebih gigi alami, akar gigi dan atau dental implant. Gigi tiruan overdenture ini memiliki keunggulan tersendiri karena diketahui mampu menghambat proses resorpsi berlanjut, sehingga diperoleh retensi dan stabilisasi yang maksimal. Dengan keunggulan tersebut, gigi tiruan lepasan dukungan implan akan membuat penggunanya merasa lebih nyaman saat berbicara ataupun mengunyah makanan. Selain itu, ada pula jenis gigi tiruan lepasan dukungan dental implan yang menggunakan magnet untuk memperkuat retensinya. Di mana magnet ada di permukaan anatomis basis gigi tiruan.

    BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas lengkap dan dokter gigi terpercaya di bidangnya, khususnya dental implant. Dental implant menjadi hal yang paling diunggulkan di BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center. Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut anda pada dokter gigi di klinik gigi kepercayaan anda.


BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center
Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.
+6282139396161

REFERENSI:

Geering AH. Complete Denture and Overdenture Prosthetics; 1993.p. 136-49.

Hobkirk JA. Introducing Dental Implants; 2003.p. 29-65.

McCord JF. Missing Teeth: A Guide To Treatment Options.; 2003.p. 52-3.

WebMD. Dental Implant Surgery.2020.