Waspadai Kegoyahan Gigi yang Tidak Disadari

Article | 2022-10-30 10:13:15

Home » Articles » Waspadai Kegoyahan Gigi yang Tidak Disadari

WaspadaiKegoyahan Gigi yang Tidak Disadari



 

Gigi goyang merupakan masalah yang sering terjadi pada gigiyang disebabkan karena penyakit ataupun cedera pada gusi atau tulang yangmendukung gigi. Kegoyangan gigi dapat terjadi akibat berkurangnya tinggi tulangpenyangga gigi atau pelebaran perlekatan akar gigi. Kehilangan perlekatan danbertambahnya kerusakan tulang serta meningkatnya kegoyangan gigi dapatdiperberat oleh karena beban gigitan yang berlebih. Faktor penyebab yang palingsering terlibat akibat terjadinya gigi goyang yaitu adanya akumulasi plak yangmenumpuk. Kegoyangan gigi merupakan salah satu penyakit jaringan pendukung gigiyang disebabkan adanya kerusakan tulang yang mendukung gigi, beban gigit yangberlebih, dan adanya perluasan peradangan dari gusi ke jaringan pendukung gigiyang lebih dalam.

 

Kegoyahan gigi memiliki derajat keparahan yaitu:

 

·       DerajatI apabila kegoyangan gigi sampai 1 mm pada arah horizontal.

·       DerajatII apabila kegoyangan antara 1-2 mm pada arah horizontal.

·       DerajatIII apabila kegoyangan gigi lebih dari 2 mm dan dapat disertai dengankegoyangan arah vertikal.

 

Kegoyangan gigi merupakan tanda dari penyakit jaringanpendukung gigi. Penyakit ini akibat interaksi dari bakteri plak gigi. Penyakitperiodontal secara sederhana dibagi atas peradangan gusi dan peradanganjaringan pendukung gigi. Pada peradangan gusi hanya terjadi pada jaringan gusi.Sedangkan pada peradangan jaringan pendukung gigi perubahan ini meluas sampaike jaringan yang lebih dalam pada tulang penyangga gigi. Penyakit pada jaringanpenyangga gigi dapat menjadi penyebab umum dari tanggalnya gigi pada lansia danmerupakan sumber infeksi rongga mulut yang potensial.

 

Faktor terpenting yang mempengaruhi keparahan kerusakan padajaringan pendukung gigi adalah kebersihan mulut yang buruk. Kebersihan muluttergantung dari jumlah debris dan karang gigi di dalam mulut. Debris adalahsisa makanan yang tertinggal di dalam mulut yang tidak dapat hilang hanyadengan berkumur. Plak jika lama dibiarkan lebih lama akan terjadi karang gigi(kalkulus), ini diakibatkan karena kalsium fosfat mengendap kedalamnya.

 

Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadinya kegoyahan gigi,lakukan pembersihan karang gigi secara rutin ke dokter gigi setiap 6 bulansekali.

 

Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut andapada dokter gigi dan klinik gigi terbaik di Bali pilihan Anda.

 

BIA Dental Center

Jl. Sunset Road No.86A, Seminyak, Badung, Bali Indonesia80361.

+6282139396161