Behel vs Aligner, Manakah yang Lebih Baik?

Article | 2023-11-22 10:27:04

Home » Articles » Behel vs Aligner, Manakah yang Lebih Baik?

Behel vs Aligner, Manakah yang Lebih Baik?




Pendahuluan

Tren di masyarakat selalu berubah, mulai dari fashion, gaya rambut, musik, hingga perawatan ortodontik. Ya, perawatan ortodontik. Seperti yang kita tahu, tren menggunakan behel pernah populer di kalangan remaja dan dewasa muda. Behel dianggap dapat meningkatkan tampilan senyum dan wajah. Selain alasan penampilan, beberapa orang menggunakan behel untuk meningkatkan gengsi. Semakin mahal behel, semakin spesial orang tersebut merasakannya.


Selain behel, istilah "Invisalign" juga sering terdengar belakangan ini. Apa sebenarnya Invisalign? Invisalign adalah merek terkenal yang mempopulerkan perawatan ortodontik dengan menggunakan clear aligner. Berbeda dengan behel, aligner memiliki tingkat estetika yang sangat baik karena terbuat dari lapisan transparan yang melapisi gigi. Banyak selebriti Hollywood dan Indonesia menggunakan aligner ini untuk memperbaiki susunan gigi tanpa mengganggu tampilan senyum mereka. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Invisalign cukup diminati di beberapa negara, termasuk Indonesia.


Jenis Behel

Berbicara tentang behel, ada beberapa jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Seperti tren umumnya, semakin mahal dan estetik, semakin tinggi status sosialnya, terutama jika jenis behelnya juga digunakan oleh selebriti terkenal. Jenis-jenis behel meliputi metal braces, ceramic braces, sapphire braces, self-ligating braces, dan lingual braces. Pemilihan jenis behel umumnya disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan pasien. Cara kerja behel hampir sama, yang membedakan adalah bahan bracket behel tersebut.


Perbandingan Behel dan Aligner

Jika membandingkan mana yang lebih baik antara behel dan aligner, sebenarnya tidak bisa dibandingkan secara langsung karena indikasi penggunaannya sedikit berbeda. Behel ditujukan untuk merapikan gigi yang berjejal dengan kasus ringan sampai berat, sedangkan aligner ditujukan hanya sebatas untuk merapikan gigi-gigi berjejal atau berjarak dengan kasus ringan. Behel memerlukan kontrol yang rutin dengan mengganti karet atau kawat setiap bulan, sedangkan aligner memerlukan ketelatenan dan kedisiplinan penggunanya untuk memakai aligner dalam jangka waktu tertentu dan mengganti aligner ke aligner berikutnya dalam waktu rata-rata 2 minggu.


Jadi, ketahui terlebih dahulu kondisi gigi Anda dengan berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis ortodontik. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas terbaik dan dokter gigi terpercaya di bidangnya, termasuk spesialis ortodontik. Dengan mengetahui kebutuhan perawatan ortodontik sesuai dengan kondisi gigi Anda, perawatan ortodontik dapat memberikan hasil yang optimal.


Referensi:

  • American Association of Orthodontists. 2020. How Braces Work | American Association Of Orthodontists. https://www.aaoinfo.org/blog/how-orthodontics-works-braces/ (diakses: 8 Juni 2021)

  • Oral Health Foundation. 2020. Different Types Of Braces. https://www.dentalhealth.org/safebrace-different-types-of-braces (diakses: 30 Mei 2021)

  • Rosini, et al. (2014). Periodontal health during clear aligners treatment: a systematic review. European Journal of Orthodontics, 37 (5), 539–543.


Informasi Kontak:

BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center

Jl. Sunset Road No.168, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161