Makanan Penyebab Karies (Kariogenik)

Article | 2023-11-26 10:38:23

Home » Articles » Makanan Penyebab Karies (Kariogenik)

Makanan Penyebab Karies (Kariogenik)






Pengertian Makanan Kariogenik

Makanan kariogenik adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang telah mengalami fermentasi. Fermentasi karbohidrat dapat menyebabkan penurunan tingkat keasaman (pH) di dalam rongga mulut dan pada akhirnya, menyebabkan terjadinya karies gigi.


Makanan kariogenik biasanya mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi dan memiliki konsistensi yang lengket. Hal ini membuat makanan tersebut mudah menempel pada gigi dan sulit dibersihkan tanpa menggunakan sikat gigi.


Frekuensi Mengonsumsi Makanan Kariogenik

Frekuensi mengonsumsi makanan kariogenik dapat menyebabkan karies gigi. Mengonsumsi makanan kariogenik 20 menit sebelum dan sesudah makan dapat meningkatkan perkembangbiakan bakteri dalam rongga mulut, mengakibatkan peningkatan tingkat keasaman atau penurunan pH dalam mulut. Risiko terjadinya karies gigi dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti frekuensi, interval atau durasi makan, jumlah konsumsi, konsentrasi zat kariogenik, dan bentuk makanannya.


Jenis Makanan Kariogenik

Makanan yang dapat menyebabkan karies gigi melibatkan karbohidrat dalam bentuk polisakarida, sukrosa, disakarida, dan monosakarida. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti es krim, gulali, permen, dan cokelat yang tinggi gula, dapat dengan mudah menyebabkan karies dalam rongga mulut.


Makanan kariogenik dapat berbentuk padat atau cair. Makanan kariogenik berbentuk padat, seperti biskuit dan permen, cenderung lebih melekat pada gigi. Jenis makanan kariogenik berbentuk cair, seperti es krim dan sirup, tidak mudah melekat pada permukaan gigi sehingga lebih mudah untuk dibersihkan daripada makanan berbentuk padat.


Hubungan Konsumsi Makanan Kariogenik dengan Karies

Kebiasaan mengonsumsi makanan kariogenik pada anak-anak sebaiknya dibatasi, karena kebiasaan ini merupakan faktor risiko utama yang dapat mempengaruhi karies gigi. Menurut World Health Organization (WHO), membatasi konsumsi makanan kariogenik merupakan langkah penting untuk mengurangi insiden karies gigi pada anak-anak. Konsumsi makanan kariogenik setiap hari selama seminggu termasuk dalam kategori tinggi, 4-6 kali dalam seminggu termasuk kategori sedang, dan 3 kali dalam seminggu termasuk kategori rendah.


Selalu konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut Anda kepada dokter gigi terpercaya dan klinik gigi terbaik di Bali.


Referensi:

  • American Dental Association. 2021. Diet and Oral Health.

  • World Health Organization (WHO). 2021. Oral Health.


Informasi Kontak:

BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center

Jl. Sunset Road No.168, Seminyak, Badung, Bali Indonesia 80361.

+6282139396161