Root Canal Treatment BIA Dental Center

Article | 2019-10-05 14:17:45

Home » Articles » Root Canal Treatment BIA Dental Center

Root Canal Treatment (juga dikenal sebagai perawatan endodontik, atau perawatan saluran akar) adalah perawatan pada pulpa yang terinfeksi dari bakteri untuk menghilangkan infeksi tersebut dan melindungi gigi dari mikroba/ bakteri di masa yang akan datang.

Struktur gigi

Gigi terdiri dari 2 bagian. Mahkota adalah bagian atas gigi yang terlihat di mulut. Akar meluas ke tulang rahang, menahan gigi pada posisinya. Gigi juga terdiri dari:
  • Enamel — lapisan luar yang keras

• Dentin — bahan yang lebih lembut yang mendukung enamel dan membentuk sebagian besar gigi

• Sementum — bahan keras yang melapisi permukaan akar

• Pulpa gigi — jaringan lunak di tengah gigi

Root canal treatment terdiri atas pulpa gigi dan memanjang dari mahkota gigi ke ujung akar. Gigi bagian depan memiliki 1 saluran akar, sedangkan gigi bagian belakang memiliki lebih dari 1 saluran akar.

Mengapa Perawatan Saluran Akar dibutuhkan?

Infeksi pada pusat gigi (saluran akar) disebabkan oleh bakteri yang hidup di mulut dan menyerang gigi. Ini dapat terjadi karena kerusakan gigi, tambalan bocor atau kerusakan gigi akibat trauma, seperti jatuh. Root Canal Treatment bertujuan untuk mengatasi infeksi pada pusat gigi.

Kapankah Root Canal Treatment dibutuhkan?

Root canal treatment hanya diperlukan ketika hasil rontgen gigi menunjukkan bahwa pulpa telah rusak oleh infeksi bakteri. Pulpa akan mulai mati jika terinfeksi oleh bakteri, sehingga bakteri tersebut terus berkembang biak dan menyebar. Gejala-gejala infeksi pulpa meliputi:
  • rasa sakit saat makan atau minum yang panas atau dingin

• rasa sakit saat menggigit atau mengunyah

• gigi yang longgar

• Ketika infeksi berlanjut, gejala-gejala ini akan menghilang ketika pulpa mati.

Gigi Anda kemudian tampak telah sembuh, tetapi infeksi tersebut sebenarnya telah menyebar melalui sistem saluran akar. Anda akhirnya mendapatkan gejala lebih lanjut seperti:
  • rasa sakit saat menggigit atau mengunyah kembali

• pembengkakan gusi di dekat gigi yang sakit

• nanah mengalir dari gigi yang sakit

• pembengkakan wajah

• warna gigi menjadi lebih gelap

Penting untuk menemui dokter gigi jika Anda menderita sakit gigi. Jika gigi Anda terinfeksi, pulpa tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Membiarkan gigi yang terinfeksi di mulut Anda dapat memperburuk keadaannya. Antibiotik, obat untuk mengobati infeksi bakteri, tidak efektif dalam mengobati infeksi saluran akar, kika infeksi saluran akar tersebut tidak dihilangkan dan dirawat.

BIA Dental Center Root Canal Treatment

Root Canal (Anterior tooth) Adalah treatment terapi saluran akar gigi pada bagian depan, gigi bagian depan biasanya memiliki 1 saluran akar.

Root Canal (Premolar Tooth)Perawatan saluran akar gigi premolar memiliki variasi dalam jumlah akar, jumlah saluran, perbedaan dalam konfigurasi rongga pulpa. Jumlah saluran akar pada gigi premolar biasanya memiliki 2 canal.

Root Canal (Molar Tooth)Perawatan akar gigi geraham atau molar adalah perawatan gigi besar yang berada di bagian belakang mulut. Jumlah saluran akar gigi pada gigi geraham 3–4 canal.

Post/ Core Built Up/ Pasak gigi Adalah jenis restorasi gigi yang diperlukan di mana ada jumlah yang tidak memadai dari jaringan gigi yang tersisa untuk mempertahankan mahkota konvensional. Pasak disemen ke dalam saluran akar yang telah dibersihkan, bertujuan mempertahankan restorasi inti dan mahkota akhir.

Proses Perawatan Saluran Akar

Kunjungan Pertama

• Sebelum melakukan tindakan, dokter gigi akan melakukan pengambilan xray/ rontgen terlebih dahulu untuk mengetahui, infeksi, posisi dan jumlah akar.

• Gigi yang terinfeksi akan dibuka menggunakan bur. (Anestesi diperlukan untuk memberi kenyamanan pada pasien dan agar proses perawatan berjalan dengan lancar)

• Setelah gigi terbuka hingga pulpa, dokter akan membersihkan syaraf pada seluruh saluran akar dengan menggunakan file.

• Setelah dibersihkan, saluran akar akan diisi dengan bahan material gutta perca sebagai pengganti syaraf yang sudah terinfeksi sebelumnya). Biasa disebut dengan obturasi, obturasi dapat dilakukan dikunjungan pertama atau kedua. Tergantung dengan kondisi gigi pasien.

Kunjungan Kedua
  • Setelah dilakukan obturasi/ pengisian saluran akar dapat langsung dilakukan penambalan pada gigi tersebut. Tetapi jika gigi tersisa sangat sedikit maka diperlukan pasak gigi dan mahkota gigi/ crown. Agar gigi setelah perawatan kedepannya mejadi lebih tahan lama di dalam rongga mulut.

Team Dokter Gigi BIA Dental Center

Tim dokter gigi yang sangat mahir yang merupakan lulusan dari Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan sertifikasi Implant dari Universitas Harvard, sertifikasi Aesthetic dari universitas New York (NYU), serta program seminar lainnya di berbagai macam Negara. Hal tersebut bertujuan agar kami tim BIA Dental Center selalu memberikan pelayanan yang terbaik dengan memberikan perawatan gigi berkualitas tinggi untuk pasien dari pemeriksaan sederhana hingga prosedur spesialis yang kompleks.
Kunjungi klinik kami di Bali Implant Aesthetic (BIA) Dental Center — Jl. Sunset Road №86A, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361.