Yang harus Anda Ketahui Sebelum Anda Memasang Kawat Gigi atau Braces

Article | 2019-10-05 14:17:46

Home » Articles » Yang harus Anda Ketahui Sebelum Anda Memasang Kawat Gigi atau Braces

Braces (juga dikenal sebagai kawat gigi) adalah perangkat yang digunakan dalam ortodontik untuk meluruskan gigi dan membantu memposisikannya di lengkungkan gigi yang benar, tergantung dengan gigitan seseorang karena tiap pasien memiliki kasus yang berbeda. Selain itu perawatan ortodontik juga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan gigi. Kawat gigi juga dapat memperbaiki gigi yg mempunyai celah/ renggang/ diastema serta memperbaiki gigitan bawah, maloklusi, gigitan atas, gigitan terbuka, gigitan dalam, gigitan silang, gigi bengkok, dan berbagai kelemahan lain pada gigi dan rahang. Kawat gigi dapat berupa kosmetik atau struktural dan sering digunakan bersamaan dengan peralatan ortodontik lainnya untuk membantu ekpansi/ memperluas langit-langit mulut atau rahang dan membentuk rahang gigi.

Bagaimana Kawat Gigi Bekerja?

Secara keseluruhan, kawat gigi bekerja dengan memberikan tekanan terus menerus selama periode waktu tertentu untuk secara perlahan menggerakkan gigi ke arah tertentu. Saat gigi bergerak, tulang berubah bentuk saat tekanan diberikan. Secara tradisional ada empat elemen dasar yang digunakan: brackets, bonding material, arch wire, dan ligature elastic (atau disebut sebagai “O-ring”).

Gigi bergerak ketika kawat lengkung menekan bracket dan gigi. Kawat gigi memiliki tekanan konstan yang seiring waktu menggerakkan gigi ke posisi yang diinginkan. Proses melonggarkan gigi setelah tulang baru tumbuh untuk mendukung gigi di posisi barunya. Ini disebut remodeling tulang. Remodeling tulang adalah proses biomekanik yang bertanggung jawab untuk membuat tulang lebih kuat sebagai respons terhadap aktivitas bantalan beban yang berkelanjutan dan lebih lemah jika tidak ada beban.

Berapa Lama Saya Harus Memakai Kawat Gigi?

Waktu yang diperlukan untuk menggunakan kawat gigi bervariasi dari orang ke orang, tergantung pada tingkat keparahan kasus pada gigi, umur pasien, jumlah gigi yang tersedia, jarak yang harus ditempuh gigi, kesehatan gigi, gusi, dan tulang penyangga, dan seberapa kooperatif pasien dalam mengikuti instruksi. Setelah perawatan kawat gigi selesai, gigi akan tetap di tempatnya selama satu hingga tiga tahun. Setelah kawat gigi dilepas, pasien perlu memakai retainer sepanjang waktu selama enam bulan pertama, kemudian hanya selama tidur selama bertahun-tahun.

Seberapa sering saya perlu menemui dokter gigi selama perawatan?

Kunjungi dokter gigi Anda setiap bulan atau lebih untuk memastikan kawat gigi memberikan tekanan yang stabil pada gigi. Untuk membuat lebih banyak tekanan dan tekanan pada gigi Anda, dokter gigi akan membuat penyesuaian pada kawat, pegas, atau karet gelang kawat gigi. Dalam beberapa kasus, kawat gigi saja tidak cukup untuk meluruskan gigi atau menggeser rahang. Dalam situasi ini, alat luar seperti tutup kepala perlu dikenakan di rumah pada malam hari.

Apakah kawat gigi akan menyakitkan?

Beberapa penyesuaian yang dilakukan oleh dokter gigi anda terhadap kawat gigi membuat mulut Anda terasa sakit atau tidak nyaman. Saat dibutuhkan, penghilang rasa sakit yang dijual bebas dapat membantu meringankan rasa sakit. Jika Anda selalu mengalami banyak rasa sakit setelah kawat gigi Anda disesuaikan, bicarakan dengan dokter gigi Anda tentang hal ini, untuk bisa membuat penyesuaian sedikit berbeda.

Apakah Usia Pasien Mempengaruhi Keberhasilan Kawat Gigi?

Proses mekanis yang digunakan untuk menggerakkan gigi dengan kawat gigi adalah sama pada semua usia. Jadi manfaat perawatan ortodontik tersedia untuk anak-anak dan orang dewasa yang ingin meningkatkan penampilan dan gigitan mereka. Perbedaan utama antara perawatan pada orang dewasa dan anak-anak adalah bahwa koreksi tertentu pada orang dewasa memerlukan waktu lebih lama daripada tulang anak-anak karena tulang dewasa tidak lagi tumbuh.

Produk Braces BIA Dental Center

Metal Braces Kawat gigi metal ini adalah salah satu behel gigi yang paling populer digunakan dengan braces metal anti karat dan karet warna-warni yang berfungsi mengikat kawat pada bracket.
Clear BracesClear Braces menggunakan bahan keramik dengan kawat yang bisa berwarna logam. Ini bekerja dengan cara yang sama seperti braces jenis logam yang kita semua kenal. Hanya berbeda di warna dan bahan.


InvisalignPelurus Invisalign merupakan perawatan orthodontic terbaru di era sekarang, dengan menggunakan alat yang nyaris tidak terlihat, dan bentuk dibuat khusus dengan gigi Anda. Mereka bekerja dalam serangkaian trays yang secara bertahap menggeser gigi Anda ke tempatnya. Setiap trays dibuat beberapa tahap sehingga tray tersebut membantu posisi gigi yang lebih lurus dan align dari trays sebelumnya. Gigi Anda biasanya akan bergerak hingga 0,25 mm per trays.


Bali Implant Aesthetic (BIA) Dental Center

Bali Implant Aesthetic (BIA) Dental Center menyediakan layanan gigi umum dan spesialis secara professional dilengkapi dengan peralatan serta fasilitas yang lengkap dan canggih. BIA Dental Center memiliki dekorasi yang bersih, cerah, dan lapang. Terletak di bagian kota yang nyaman dan mudah dijangkau.

Tim dokter gigi yang sangat mahir yang merupakan lulusan dari Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan sertifikasi Implant dari Universitas Harvard, sertifikasi Aesthetic dari universitas New York (NYU), serta program seminar lainnya di berbagai macam Negara. Hal tersebut bertujuan agar kami tim BIA Dental Center selalu memberikan pelayanan yang terbaik dengan memberikan perawatan gigi berkualitas tinggi untuk pasien dari pemeriksaan sederhana hingga prosedur spesialis yang kompleks.
Kunjungi klinik kami BIA Dental Center untuk memeriksakan kesehatan gigi anda Bali Implant Aesthetic (BIA) Dental Center — Jl. Sunset Road №86A, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361.