Panduan Jika Anda Positif atau Dicurigai Terpapar Coronavirus (Covid-19)

Article | 2020-03-20 01:51:57

Home » Articles » Panduan Jika Anda Positif atau Dicurigai Terpapar Coronavirus (Covid-19)

Panduan Jika Anda Positif atau Dicurigai Terpapar Coronavirus (Covid-19)



Jika Anda merasa tidak sehat dan terdiagnosis terpapar COVID-19 atau dicurigai terpapar virus tersebut karena pernah berinteraksi dengan orang yang positif Corona, maka lakukan langkah-langkah berikut untuk mencegah tersebarnya virus tersebut ke lingkungan sekitar Anda. 


Apa gejala COVID-19?

Gejala paling umum adalah deman, batuk dan sulit bernafas. Jika Anda pernah berkontak dengan orang lain yang secara pemeriksaan laboratoris dinyatakan positif terhadap COVID-19 dan memiliki pengalaman demam, batuk dan sesak napas, bisa jadi Anda juga terpapar oleh virus tersebut. Segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan apakah Anda perlu dilakukan pemeriksaan dan tes atau tidak. Jika Anda memiliki hasil tes yang positif COVID-19 atau dicurigai menderita COVID-19 tapi belum dites, Anda harus mengikuti instruksi berikut ini.


Tetap tinggal di rumah kecuali keluar untuk mendapatkan perawatan medis.

COVID-19 mampu menyebar dari manusia ke manusia. Seseorang yang sedang postif COVID-19 mampu menularkan ke orang lain. Anda harus membatasi melakukan aktifitas luar rumah, kecuali untuk tujuan mendapatkan perawatan medis. Tidak perlu pergi bekerja, sekolah atau ke tempat-tempat umum. Hindari penggunakan transportasi umum.


Menjauhlah dari orang lain dan binatang yang ada di rumah Anda

Untuk manusia: sebisa mungkin, Anda harus berada di ruang khusus dan jauh dari orang lain di rumah Anda. Gunakan kamar mandi terpisah, jika memungkinkan.

Untuk binatang peliharaan: hindari kontak langsung dengan peliharaan Anda selama Anda sakit. Jika memungkinkan, biarlah hewan peliharaan Anda dirawat oleh orang lain. Jika memang kamu benar-benar harus merawatnya, cuci tanganlah sebelum dan sesudah berinteraksi dengan peliharaan Anda dan jangan lupa selalu memakai masker.


Lakukan informasi via telepon sebelum mengunjungi dokter

Jika Anda memiliki jadwal janjian untuk melakukan pemeriksaan medis, hubungi dahulu penyedia layanan kesehatan tersebut dan katakan bahwa Anda sedang positif atau dicurigai menderita COVID-19. Hal ini akan membantu layanan kesehatan tersebut untuk melakukan prosedur-prosedur penganggulangan penyebaran penyakit.


Pakai masker

Anda harus mengenakan masker jika sedang berada di dekat orang lain (misalnya di satu ruangan untuk umum atau kendaraan umum) atau bersama hewan peliharaan dan sebelum Anda memasuki tempat layanan kesehatan. Jika Anda tidak memungkinkan menggunakan masker (misalnya ketika dalam kondisi kesulitan bernafas), maka orang yang tinggal bersama Anda sebaiknya tidak berada dalam satu ruangan dengan Anda, atau mereka yang harus mengenakan masker jika memasuki ruangan Anda.

Tutupi batuk dan bersin Anda

Tutupilah mulut dan hidung Anda dengan tisu ketika batuk dan bersin. Buang tisu tersebut di tempat sampah tertutup. Kemudian segeralah cuci tangan Anda menggunakan sabun dan air minimal selama 20 detik atau bersihkan tangan Anda menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol antara 60 hingga 95 persen ke ke seluruh permukaan tangan dan gosok keduanya hingga terasa kering. Sabun dan air lebih diutamakan jika tangan Anda tampak jelas kotornya.


Hindari penggunaan alat-alat pribadi secara bergantian

Anda sebaiknya menggunakan alat makan dan minum khusus dan tidak untuk bergantian. Termasuk alat mandi seperti handuk hingga tempat tidur. Setelah selesai memakai alat-alat ini, cucilah dengan air dan sabun.


Sering-seringlah mencuci tangan Anda

cuci tangan Anda menggunakan sabun dan air minimal selama 20 detik atau bersihkan tangan Anda menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol antara 60 hingga 95 persen ke ke seluruh permukaan tangan dan gosok keduanya hingga terasa kering. Sabun dan air lebih diutamakan jika tangan Anda tampak jelas kotornya. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan kondisi tangan yang belum dicuci.


Bersihkan semua permukaan yang sering tersentuh setiap hari

Permukaan ini meliputi seluruh perabot yang sangat sering atau hampir selalu tersentuh ketika menggunakannya, seperti tuas pintu atau perabot di kamar mandi. Bersihkan juga permukaan yang terkena darah, atau cairan tubuh yang lain. Gunakan semprotan atau lap pembersih perabotan sesuai dengan petunjuk pemakaiannya. Agar lebih efektif, perhatikan setiap label instruksi yang memuat tentang keamanan dan efektifitas pemakaian produk tersebut. Pastika ventilasi udara tersedia dengan baik selama aplikasi produk tersebut.


Monitoring gejala

Segera hubungi profesional medis jika gejala penyakit Anda makin memburuk (misalnya kesulitan bernafas). Sebelum berangkat ke pusat pelayanan kesehatan, pastikan Anda menghubungi tempat tersebut dan katakanlah anda positif COVID-19, dalam sedang dalam evaluasi. Jangan lupa pakai masker sebelum measuki rumah sakit. Langkah ini akan membantu tim layanan kesehatan untuk mempersiapkan penanggulangan penyebaran virus ke staf dan pasien yang lain.


Kapan bisa keluar rumah?

Jika Anda dinyatakan positif COVID-19, Anda harus tetap berada di bawah tindakan pencegahan isolasi di rumah selama 7 hari ATAU hingga 72 jam setelah demam hilang dan gejalanya membaik, salah satu yang mana yang lebih lama. Jika Anda demam dengan batuk atau sesak napas tetapi belum pernah terpapar pada seseorang dengan COVID-19 dan belum dites positif COVID-19, Anda harus tinggal jauh dari orang lain sampai 72 jam setelah demam hilang dan gejalanya membaik.


Sumber: 

https://www.cdc.gov/

https://www.doh.wa.gov/