Article | 2019-10-15 17:11:58

Home » Articles » Apa Yang Harus Anda Ketahui dan Lakukan Apabila Mengalami Nyeri Pada Gigi Geraham atau Gigi Molar

Struktur Gigi

Gigi terdiri dari 2 bagian. Mahkota adalah bagian atas gigi yang terlihat di mulut. Akar meluas ke tulang rahang, menahan gigi pada posisinya. Gigi juga terdiri dari:

Enamel — lapisan luar yang keras

Dentin — bahan yang lebih lembut yang mendukung enamel dan membentuk sebagian besar gigi

Sementum — bahan keras yang melapisi permukaan akar

Pulpa gigi — jaringan lunak di tengah gigi

Tentang Gigi Geraham

Anda memiliki gigi molar yang berbeda saat Anda tumbuh dewasa. Geraham yang Anda dapatkan sekitar usia 6 dan 12 dikenal sebagai geraham pertama dan kedua Anda. Gigi molar ketiga adalah gigi bungsu, yang akan Anda dapatkan antara usia 17 dan 30 tahun. Nyeri molar dapat berkisar dari tumpul hingga tajam. Anda dapat mengalami sakit molar di satu tempat atau di seluruh mulut. Terkadang, Anda perlu menemui dokter atau dokter gigi untuk mengobati penyebab rasa sakit ini. Anda dapat mencegah rasa sakit molar dengan mempraktikkan kebersihan gigi yang baik dan mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan.

Gejala Nyeri Molar

Nyeri molar dapat termasuk rasa sakit yang diisolasi untuk satu molar atau rasa sakit yang mengelilingi satu atau lebih dari molar Anda. Gejala nyeri molar tergantung pada penyebabnya tetapi dapat meliputi:
  • Sakit kepala

• Rasa sakit di dekat telinga Anda

• Rasa sakit saat mengunyah

• Sensitivitas terhadap makanan dan minuman dingin dan panas

• Rasa sakit yang tajam

• Tekanan sinus

• Pembengkakan atau pendarahan gusi

• Kelembutan dekat rahang Anda

• Berdenyut di rahangmu

• Otot rahang kencang

• Rasa sakit yang memburuk di malam hari

Penyebab Sakit Gigi Molar

Nyeri molar mungkin terkait dengan gigi Anda atau bisa disebabkan oleh kondisi yang tidak berhubungan dengan gigi anda. Beberapa penyebab ini saling terkait sementara yang lain lebih terisolasi. Sensitivitas terhadap dingin dan panas juga menjadi salah satu penyebab nyeri gigi molar. Itu terjadi ketika enamel gigi Anda aus dan lapisan gigi yang lebih dalam yang mengandung saraf menjadi terpapar makanan dan minuman. Jenis sensitivitas ini dapat disebabkan oleh kerusakan gigi, gigi patah, tambalan yang sudah tua, dan bahkan penyakit gusi.
Lubang gigi, juga dikenal sebagai kerusakan gigi, dapat terjadi pada gigi geraham Anda karena kebersihan gigi yang buruk. Beberapa orang juga lebih rentan terhadap gigi berlubang. Anda mungkin merasakan sakit yang tajam atau berdenyut-denyut di molar yang memiliki rongga. Pulpitis adalah hasil dari peradangan di dalam gigi Anda yang disebabkan oleh gigi berlubang. Peradangan ini dapat menyebabkan infeksi bakteri dan perlu diobati sebelum merusak gigi atau mulut Anda secara permanen.

Root Canal Treatment (Molar Tooth) Sebagai Solusi

Root canal treatment hanya diperlukan ketika hasil rontgen gigi menunjukkan bahwa pulpa telah rusak oleh infeksi bakteri. Pulpa akan mulai mati jika terinfeksi oleh bakteri, sehingga bakteri tersebut terus berkembang biak dan menyebar. Gejala-gejala infeksi pulpa meliputi:
  • Rasa sakit saat makan atau minum yang panas atau dingin
  • Rasa sakit saat menggigit atau mengunyah
  • Gigi yang longgar
  • Ketika infeksi berlanjut, gejala-gejala ini akan menghilang ketika pulpa mati.
Gigi Anda kemudian tampak telah sembuh, tetapi infeksi tersebut sebenarnya telah menyebar melalui sistem saluran akar. Anda akhirnya mendapatkan gejala lebih lanjut seperti:
  • Rasa sakit saat menggigit atau mengunyah kembali.
  • Pembengkakan gusi di dekat gigi yang sakit
  • Nanah mengalir dari gigi yang sakit

• Pembengkakan wajah

• Warna gigi menjadi lebih gelap

Penting untuk menemui dokter gigi jika Anda menderita sakit gigi. Jika gigi Anda terinfeksi, pulpa tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Membiarkan gigi yang terinfeksi di mulut Anda dapat memperburuk keadaannya. Antibiotik, obat untuk mengobati infeksi bakteri, tidak efektif dalam mengobati infeksi saluran akar, jika infeksi saluran akar tersebut tidak dihilangkan dan dirawat.

Layanan Root Canal Treatment (Molar) Bia Dental Center

Sebelum menjalani perawatan saluran akar (Root Canal Treatment), dokter gigi kami akan melakukan serangkaian rontgen gigi yang terkena. Pada gambar dibawah, rontgen gigi bagian kiri sebelum dilakukan perawatan saluran akar, rontgen gigi sebelah kanan sudah dilakukan perawatan saluran akar dan pengisian bahan obturasi pada saluran akar.

Rontgen berguna untuk membangun gambaran yang jelas dan detail pada saluran akar sehungga dapat menilai tingkat kerusakannya. Perawatan saluran akar biasanya dilakukan dengan anestesi lokal, obat penghilang rasa sakit sementara ketika ingin melakukan perawatan gigi yang terinfeksi dan gusi di sekitarnya. Dalam beberapa kasus di mana gigi telah mati dan tidak lagi sensitif, tidak perlu menggunakan anestesi lokal.

Membersihkan Pulpa Gigi Yang Mati

Ditemukannya 3 saluran akar pada gigi geraham

Dokter gigi Anda akan menempatkan lembaran karet (rubber dam) di sekitar gigi untuk memastikannya kering selama perawatan. Rubber dam juga mencegah Anda menelan atau menghirup bahan kimia apa pun yang digunakan dokter gigi. Dokter gigi Anda akan membuka gigi Anda melalui mahkota terlebih dahulu, bagian datar di bagian atas, untuk mengakses jaringan lunak di tengah gigi (pulpa). Mereka kemudian akan membersihkan pulpa terinfeksi yang tersisa.

Membersihkan dan mengisi saluran akar

Setelah pulpa dihilangkan, dokter gigi akan membersihkan dan memperbesar saluran akar. Saluran akar biasanya sangat sempit, yang membuatnya sulit untuk diisi. Dokter gigi Anda akan menggunakan serangkaian file kecil untuk memperbesar kanal dan membuatnya menjadi bentuk biasa sehingga dapat diisi. Jika Anda memiliki gejala dari infeksi, seperti suhu yang meningkat atau pembengkakan yang besar, Anda mungkin diberikan antibiotik untuk membantu mengelola dan mencegah infeksi lebih lanjut. Jika Anda memiliki abses gigi, yang merupakan pembengkakan berisi nanah, dokter gigi Anda akan dapat mengeringkannya pada saat yang sama.

Setelah saluran akar dibersihkan, lalu diisi dengan bahan material obsturasi

sebagai pengganti syaraf yang sebelumnya sudah diambil dan dibersihkan

Bagian dari perawatan ini memakan waktu beberapa jam, dan perlu dilakukan selama beberapa kunjungan. Gigi depan gigi seri Anda dan gigi taring biasanya memiliki satu akar yang mengandung 1 saluran akar. Gigi premolar dan molar belakang (kunyah) memiliki 2 atau 3 akar, masing-masing mengandung 2–4 saluran akar.
Semakin banyak akar gigi, semakin lama perawatan akan selesai. Jika perawatan perlu dilakukan selama beberapa sesi, dokter gigi Anda mungkin menempatkan sejumlah kecil obat di saluran yang sudah dibersihkan di antara kunjungan untuk membunuh bakteri yang tersisa. Gigi kemudian akan disegel menggunakan tambalan sementara.

Team Dokter Gigi BIA Yang Sangat Mahir dan Peralatan Modern

Tim dokter gigi yang sangat mahir yang merupakan lulusan dari Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan sertifikasi Implant dari Universitas Harvard, sertifikasi Aesthetic dari universitas New York (NYU), serta program seminar lainnya di berbagai macam Negara. Hal tersebut bertujuan agar kami tim BIA Dental Center selalu memberikan pelayanan yang terbaik dengan memberikan perawatan gigi berkualitas tinggi untuk pasien dari pemeriksaan sederhana hingga prosedur spesialis yang kompleks.

Kunjungi klinik kami di Bali Implant Aesthetic (BIA) Dental CenterJl. Sunset Road №86A, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361.